-->

Inilah 9 Tujuan Wisata Religi Di Kota Kudus Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Sudah menjadi adat kebiasaan masyarakat Indonesia, ketika tiba hari raya – yang popular juga disebut dengan lebaran – mudik ke kampung halaman sudah menjadi aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan.
Apapun situasi dan kondisinya, diusahakan untuk bisa tetap mudik ke kampung halaman.
Terlebih jika mendapat “jatah” libur panjang. Acara mudik, disamping sebagai ajang berkumpul dengan keluarga yang ditinggal juga menjadi ajang silaturahmi pada sanak kerabat dan juga tetangga dekat.

Dan karena telah berkumpul, maka acara selanjutnya biasanya dilanjutkan acara bersama. Entah keluar kota, ataupun ke lokasi wisata terdekat. Pokoknya yang penting dapat berkumpul bersama dan meningkatkan keakraban keluarga.

Coba tengok saja, saat lebaran seperti ini, tempat-tempat wisata – dimana saja – pasti dipadati oleh pengunjung untuk berekreasi.
Nah, jika anda kebetulan bertempat tinggal di kota Kudus dan sekitarnya ataupun ingin berwisata di kota Kudus, karena kebetulan hari raya, maka wisata religi mungkin menjadi tujuan wisata yang paling pas dan cocok bagi anda.

Wisata religi menjadi urutan teratas di kota Kudus, sebab ketika wisatawan berkunjung ke kota Kretek ini, umumnya mereka ingin berziarah. Sebab di kota Kudus memang terdapat makam anggota Walisongo yang menjadi tonggak penyebaran agama Islam di tanah Jawa.

Tidak hanya satu, bahkan ada 2 orang wali di kota yang disebut juga sebagai “Jerusalem Of Java Coba lihat juga :

Ketika wisatawan melakukan wisata ziarah wali, maka kedua makam ini , yaitu makam sunan Kudus dan makan Sunan Muria selalu tidak pernah terlewatkan.

Namun selain 2 tujuan wisata religi di atas, ternyata masih ada wisata religi di kota kudus yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Mana saja 2 tujuan wisata religi di kota Kudus tersebut ?

Ini dia :

1. Makam Sunan Kudus
Makam Sunan Kudus tepatnya di Desa Kauman atau yang serin juga disebut dengan daerah Kudus Kulon. Makam sunan Kudus berada di Masjid Al qso dan menara Kudus nya yang sangat unik dan fenomenal.


2. Makam Sunan Muria
Sesuai namanya, Makam sunan Muria terletak di Gunung Muria, tepatnya di Desa Colo. Lokasinya kira-kira setengah jam perjalanan dari kota Kudus.

3. Makam Sunan Kedu
Sunan Kedu sebenarnya berasal dari daerah Kedu namun kemudian beliau menimba ilmu di kudus dan menjadi murid Sunan Kudus. Setelah wafat beliau di makamkan di di Desa Gribig, yang terletak ke arah barat Menara Kudus

4. Makam Syeh Syadzili
Makam Syeh Syadili terletak di desa Japan. Dimana didekat makamnya terdapat Air Tiga Rasa)

5. Makam Kyai Telingsing
Kyai Telingsing sebenarnya merupakan orang Tionghoa. Nama aslinya adalah The Ling Sing. Menurut catatan Kyai Telingsing inilah yang mula-mula menyebarkan agam Islam di kota yang dulunya bernama Tajug ini. Kyai Telingsing bahkan pernah menjadi guru dari Sunan Kudus. Sehingga beliau dianggap sebagai sesepuh dari Kota Kudus. Setelah meninggal beliau di makamkan di desa Sunggingan

6. Makam Keluarga Trah Tjondronegoro III dan Keluarga Besar R.A. Kartini

7. Makam Sosro Kartono & para Bupati, di Desa Kaliputu
RM Sosrokartono merupakan seorang Jenius pribumi masa lampau yang diakui sampai tingkat dunia. Pemakaman ini terletak di Desa Kaliputu.

8. Makam Sedo Mukti
Makam Sedo Mukti juga terletak di Desa Kaliputu

9. Makam Mbah Tanggulangin
Nama Tanggulangin dijadikan nama sebuah jembatan yang menjadi pintu masuk kota kudus dan menjadi penghubung dengan kota Demak. Makamnya terletak di Dukuh Plenyian Desa Demaan

Itulah 9 Tujuan Wisata Religi Di Kota Kudus Yang Menarik Untuk Dikunjungi

You may like these posts