-->

Inilah Para Pemudik Terbaik Se-Indonesia Versi ACP

Minggu ini arus mudik jelang lebaran 2015 sudah mengalami peningkatan yang cukup besar. Dan akan bertambah dalam beberapa hari lagi, dengan puncaknya diperkirakan sekitar 3 – 4 hari lagi.
Menurut catatan, dari tahun ke tahun arus mudik mengalami peningkatan.
Hal ini dikarenakan ketika para pemudik ini balik lagi ke kota, mereka pada umumnya membawa sanak saudara atau teman untuk ikut diajak mengais rejeki di kota.
Karena itu dari tahun ke tahun pemerintah mengeluarkan himbauan agar para pemudik ini membawa “teman” tambahan untuk di ajak bekerja di kota.

Meski pada umumnya memiliki tujuan yang sama ketika mudik, namun mengingat begitu banyaknya para pemudik ini tentu saja ada begitu banyak sikap,karakter dan perilaku para pemudik ini.
Ada yang sopan menyenangkan, namun ada juga yang ugal-ugalan tidak menyenangkan. Baik ketika sedang di jalanan ataupun ketika sudah sampai di kampung halaman.
Ada para pemudik terbaik, namun ada pula pemudik yang menyebalkan.

Lalu siapa saja para pemudik yang dianggap sebagai para pemudik terbaik ?
Inilah Para Pemudik Terbaik Se-Indonesia Versi ACP ( blog Aneka Cara Praktis ) :


img src : buletinjambi.com

● Para pemudik yang bisa memberikan keamanan dn kenyamanan bagi pemudik lainnya

Menempati urutan teratas sebab melakukan perjalanan mudik, ibaratnya sedang melakukan pertaruhan nyawa. Sudah tercatat ada begitu banyak korban jiwa “hanya” gara-gara mudik.
Para pemudik yang bisa memberikan keamanan dan kenyamanan, disamping menjaga jiwa sendiri dan keluarga, berarti juga menjaga jiwa orang lainnya.

● Para pemudik yang tahu dan taat aturan

Tidak hanya taat atura jalan raya, juga taat dalam menggunakan fasilitas kendara. Selain itu tahu dan taat terhadap budaya daerah yang dilaluinya.
Melakukan perjalanan mudik dengan berjejalan di atas kereta, tentu bukan merupakan seorang pemudik yang baik.
Demikian halnya mudik dengan sepeda motor berboncengan dengan seluruh anggota keluarga – tidak lupa pula dengan barang bawaannya. Ini cara buruk untuk mudik

● Para pemudik yang tidak memaksakan kehendaknya

Bukan hanya memaksakan kehendak terhadap orang lain – dengan suka nyelonong dan menyerobot jalan – tetapi juga tidak memaksakan terhadap dirinya sendiri.
Memaksakan diri untuk tetap melakukan perjalanan ketika mata mengantuk dan badan sudah terlalu lelah bukan merupakan cara mudik yang baik.

● Para pemudik yang memberi manfaat, tidak hanya kepada keluarga tetapi juga pada kampung halamannya Dari sekian juta orang yang mudik, tentu ada yang merupakan pemudik yang sukses di kota, tetapi ada pemudik yang kurang sukses ketika mengais rejeki di kota.

( Namun pada umumnya yang belum sukses akan menunda mudiknya karena merasa malu jika harus balik ke kampong halamannya, tanpa membawa “oleh-oleh” apa-apa ).
Namun dari sekian pemudik yang sukses belum tentu bisa memberi manfaat bagi kampong halamannya ( entah karena egois atau karena pelit ).
Pemudik terbaik mau dan rela hati merogoh koceknya ketika melihat kampung halamannya butuh uluran tangan demi perkembangan dan kemajuannya.
Dalam hal ini termasuk juga para TKI yang pulang kampung dengan membawa pemasukan bagi devisa Negara.

● Para pemudik yang bisa memberi contoh baik kepada orang udik

Itu artinya mereka tidak membawa dan menularkan budaya buruk kota – misal minum minuman keras secara bebas, mengkonsumsi obat terlarang – kepada orang udik di kampong halamannya.
Dalam hal ini tidak termasuk memberi contoh gaya hidup yang mewah, jor-joran dan boros.
Sebaliknya mereka menularkan etos kerja yang baik dan keuletan kerja seperti yang mereka lakukan di kota. Mereka juga tidak segan menularkan ilmu berguna yang mungkin belum dipunyai oleh orang di desanya.

● Dan yang terakhir adalah para pemudik yang tidak membawa calon pemudik lain di tahun depannya ketika mereka balik lagi ke kota.
Daripada mengompor-ngompori dan memanas-manasi agar orang desa ikut bekerja di kota, para pemudik terbaik adalah pemudik yang bisa memberikan pengertian bahwa kota bukanlah satu-satunya tempat untuk mencari pekerjaan dan bisa sukses. Kota-kota besar sudah terlalu padat.
Sebaliknya mereka malah memberikan pemahanan dan pengertian agar para pemuda dan orang desa justru lebih giat dalam membangun dan memajukan kampung halamannya.

Itulah Para Pemudik Terbaik Se-Indonesia Versi ACP.

Dan mungkin anda masih memiliki kriteria dan kategori lainnya.Jangan sungkan-sungkan untuk berbagi disini, demi masyarakat Indonesia lainnya.
Dan jika anda berniat dan sedang melakukan perjalanan mudik, informasi arus mudik yang dibawah ini mungkin bisa membantu anda :

You may like these posts