-->

Uniknya Kucing Ini, Sarapan Paginya Makan Tanaman Hias

Apa yang unik dari perangai seekor kucing seperti yang ada pada gambar foto ini ?



Tidak ada.
Sepintas memang tidak ada.
Demikian halnya ketika pertama kali melihat tingkah polah kucing yang berwarna kuning tua ini. Tidak jauh beda dengan perangai kucing-kucing lainnya.

Saya yang pagi itu kebetulan duduk di bangku sebuah warung pada awalnya juga tidak memperhatikan tingkah polah kucing rumahan yang liar ini. Sebab tidak beda dengan kucing lainnya, kucing yang agak kurus tubuhnya ini mungkin baru "ngadem" di bawah gerumbulan rimbunan pohon di sebuah taman kecil yang ditanami dengan berbagai macam tanaman hias.
Sebab meski hari itu masih agak pagi – kira-kira jam 9 WIB – tetapi sinar matahari di musim kemarau ini memang cukup panas.

Tapi lama-lama tingkah polah kucing ini mencuri perhatian.
Sebab ternyata tidak ngadem seperti biasanya. Kucing itu beberapa kali mengais-ngais cakar kakinya pada pangkal sebuah tanaman hias yang termasuk keuarga rumput-rumputan, berdaun hijau agak panjang dengan garis berwarna putih di bagian tengah helai daunnya, entah apa namanya.
Tidak hanya itu, sekali kepala kucing ini digosok-gosokkan kepada daun tanaman hias tersebut, yang tentu saja tidak bisa karena daunnya sangat lembut, lunak dan bergoyang.

Rasa aneh tiba-tiba muncul ketika mellihat kucing kurus tersebut membuka mulutnya saat berada di depan helai daun tanamana hias keluarga rumput-rumputan tersebut.
Awalnya dikira hanya menguap belaka.
Namun ternyata beberapa kali terlihat mulut kucing tersebut maju ke depan lalu ke belakang – seperti posisi menarik sesuatu – dan kemudian beberapa kali menggerakkan rahang mulutnya.
Ternyata kucing tersebut sedang mengunyah.
Padahal di sekeliling kucing tersebut tidak ada makanan atau sisa makanan yang bisa dimakannya, entah itu sisa ikan, duri atau apapun yang menjadi makanannya.

Setelah diperhatikan lebih lanjut – selidik punya selidik – saat kepala kucing bergerak maju dan mundur ( tetapi bukan maju mundur cantik ) ternyata memang sedang menarik dan memotong sehelai daun tanaman hias. Yang kemudian dimasukkan di mulutnya, lalu – memang - dikunyahnya.
Dan hal ini ternyata memang dilakukannya berkali-kali.
Kucing ini, ternyata memang sedang makan tanaman hias.
Wah uniknya kucing ini, pagi-pagi begini sudah sarapan tanaman hias.

Namun pada akhirnya terfikir bisa jadi kucing ini sedang terkena serangan penyakit tertentu atau keracunan pada tubuhnya, dan secara naluri binatang ini tahu, jika ada beberapa jenis tanaman tertentu yang memang bisa dimakannya untuk mengobati penyakit yang sedang dideritanya.
Dan peri laku seperti ini memang sudah cukup jamak dan lazim ditemui di dunia binatang.

Tetapi memang baru kali ini melihat dengan mata kepala sendiri, ada kucing yang pagi-pagi sudah makan tanaman hias.
Atau mungkin anda memiliki pengalaman yang unik tentang binatang lainnya ?

Lihat juga yang tak kalah uniknya :

You may like these posts