-->

Keren…. 4 Teknologi Futuristik Yang Bisa Sangat Bermanfaat Bagi Dunia Medis


Tidak bisa dibayangkan betapa hebatnya lompatan kemajuan teknologi pada dasa warsa terakhir ini. 
Jika diperbandingkan dengan perkembangan teknologi pada satu abad lalu, yang ibaratnya naik gerobak, maka perkembangan teknolgi saat ini ibaratnya naik roket, dalam sekajap mata sudah sampai. Bisa dibayangkan sendiri perbandingannya. 

Meski pada awalnya upaya penemuan dan pengembangan teknologi baru lebih banyak ditujukan untuk kepentingan militer dan atau dominasi kekuasaan, namun pada akhirnya kemajuan teknologi bisa merambah hampir pada semua bidang kebutuhan umat manusia, termasuk pada dunia medis. 

Jika selama ini sudah pernah mendengar penemuan-penemuan teknologi di bidang medis yang “gila-gilaan”, ke depan teknologi untuk bidang medis akan lebih “gila” lagi. 
Contohnya 4 teknologi futuristik yang berikut ini. 
Berikut teknologi futuristik “yang lebih gila” yang bisa sangat bermanfaat bagi dunia medis

1. EKG Necklage 

ekg necklage
Apa itu EKG Necklage ? 
Mudahnya EKG Necklage adalah sebuah peralatan yang dapat dimanfaatkan untuk memantau dan memonitor kesehatan seseorang dari jarak jauh. 
Jadi dengan EKG Necklage orang yang sakit tidak perlu lagi bolak-balik ke rumah sakit atau berobat jalan untuk mendapatkan pemeriksaan dokter. 
Lewat alat canggih futuristic ini, pasien cukup duduk manis di rumah. Dokter bisa memantau dan ‘memriksanya’ dari jarak jauh, lengkap dengan instruksi dan resep yang akan diberikannya. 

2. Transitions Contacts 
 transition contact
Anda menggunakan lensa kontak ? Jika iya, bersiaplah menggunakan lensa kontak yang lebih ‘dahsyat’ lagi, transition contact. Sebab yang namanya Transitions Contacts ini merupakan lensa kontak yang secara otomatis bisa menyesuaikan diri. Ketika ada sinar UV yang menerpa mata, maka secara otomatis Transitions Contacts ini akan “mengatur’ cahaya tersebut, dan sehingga seolah mata pemakainya akan berubah warna, guna melindungi mata dari pancaran sinar uv. 

3. Terahertz Laser 

 terahetz lasers

Teknologi laser memang sudah cukup lama dikenal. Tetapi teknologi Terahertz Laser lebih dahsyat lagi. Dengan teknologi ini, sekali sorot maka orang akan terlihat dengan jelas semua “jeroannya’. Dismaping sangat bermanfaat untuk diaplikasikan di bandara-bandara, teknologi Terahertz Laser akan sangat mungkin bermanfaat bagi dunia medis, terutama untuk mendeteksi dan mendiagnosa adanya benda-benda asing – termasuk penyakit ? - di dalam tubuh manusia. 

4. Brain Implants 
brain implants
Dan teknologi futuristic yang terakhir ini lebih gila lagi. 
Betapa tidak, jika dengan Brain Implants ( atau implant otak ) ini,nantinya orang bisa mengetik tulisan di computer, hanya dengan membayangkannya saja. Teknologi Brain Implants ini konon terisnpirasi oleh film Matrix. 
Tim peneliti Intel di Pittsburgh menyatakan bahwa 10 tahun lagi mereka berencana untuk membuat sensor otak implant, Brain Implants, yang dapat digunakan untuk memerintah komputer atau peralatan elektronik lainnya, dengan kemampuan seperti di atas. 

Lihat juga : 

You may like these posts