-->

Inilah Nama Dan Julukan Kota Kudus Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Anda tinggal di Kota Kudus ?
Atau bahkan lahir dan besar di kota Kudus ?
Tetapi apakah anda sudah benar-benar mengenal nama dan julukan dimana anda tinggal saat ini ?
Apakah yakin ?
Semisal, ada orang dari luar kota yang kebetulan bertanya kepada anda di jalan : “ dimanakah letak kota keretek ?? Yakin, anda pasti bisa menunjukkannya.
Sebab julukan kota Keretek memang sudah melekat erat pada kota yang terletak di kaki gunung Muria ini.

Tetapi semisal lagi, jika ada orang yang bertanya : “ Dimanakah letak kota Kota Jambu Bol ?”
Bisakah anda menunjukkannya ?
Atau misal kebetulan ada turis mancanegara yang bertemu di jalan dan bertanya kepada anda : “ Dimanakah kota The Taste Of Java itu ?
Bisakah anda menunjukkannya ?

Jika anda belum yakin bisa menunjukkannya, maka ada baiknya anda membaca tuntas artikel ini.
Sebab kota Kudus selain dijuluki dengan Kota Keretek, ternyata masih punya banyak nama dan julukan lainnya.

Dan inilah Nama Dan Julukan Kota Kudus Yang Mungkin Belum Anda Ketahui


● Tajug

Nama Tajug sebenarnya merupakan nama Kota Kudus pada jaman dulu, sebelum Sunan Kudus bermukim di kota ini. Dinamakan sebagai ( kota ) Tajug sebab di wilayah ini dulunya memang terdapat Tajug.
Dan Tajug sendiri adalah sebuah bentuk atap dari arsitektur tradisional yang sangat kuno dan dipakai untuk tujuan keramat, yaitu tempat bersembahyang bagi umat Hindu, yang merupakan warga mayoritas di wilayah ini, dulu. Nama Tajug juga menunjukkan bahwa kota ini di anggap suci bagi warga yang beragama Hindu.

● Al Quds

Ketika tiba di Tajug, Sunan Kudus kemudian juga membuat struktur atas Menara Kudus yang berbentuk Tajug untuk mendekati warga kota ini. Dan setelah kedatangan Sunan Kudus, tajug kemudian dinamakan dengan bahasa Arab, yaitu "Al-Quds" yang artinya "Kudus". Namun lidah masyarakat local kemudian menyebutnya sebagai Kota Kudus saja. Sampai saat ini.

● Jerusalem van Java

Setelah bertempat tinggal di Al Quds, Sunan Kudus kemudian membangun Masjid Menara Kudus. Salah satu batu yang digunakan untuk membangun masjid tersebut merupakan batu yang dibawa oleh Sunan Kudus dari Yerusalem (Palestina) . Dan masjid menara yang dibangun oleh Sunan Kudus itupun diberi nama Masjid Al-Aqsa, seperti Masjid yang berada di Yerusalem.
Karena itu kota Kudus juga dijuluki sebagai Jerusalem van Java


● Kota Santri

Setelah Sunan Kudus bertempat tinggal di kota ini, beliau aktif menyebarkan agama Islam bersama Wali Songo lainnya. Kota ini kemudian menjadi salah satu basis dan pusat penyebaran agama Islam di tanah Jawa. Hal ini juga diperkuat dengan adanya 5 makam para penyebar agama Islam di kota ini, yaitu Kyai Telingsing, Sunan Kudus, Sunan Muria, Sunan Kedu, Syeh Syadzili.
Sehingga kemudian banyak santri yang menimba ilmu dan bermukim di kota ini. Karena itu pula kota Kudus kemudian dijuluki pula sebagai Kota Santri.

● Kota Kretek

Dulu r0k0k keretek umumnya masih dibuat pada skala kecil rumahan. Namun di kota ini pula, proses pembuatan r0k0k keretek secara modern atau industry muncul pertama kali. Yaitu dipelopori oleh Nitisemito, yang kemudian industriawan dan taipan handal dalam bidang ini.
Sejak itu, di kota ini bermunculan industry keretak lainnya, yang kemudian bertahan sampai saat ini.
Beberapa perusahaan r0k0k raksasa yang berbasis di kota Kudus dan masih ada hingga saat ini misalnya : Djarum, Sukun, Jambu Bol, Nojorono dan sebagainya. Belum lagi perusahaan r0k0k skala kecil menengah yang mencapai ratusan jumlahnya.

● Kota Jambu Bol

Bukan karena keberadaan pabrik r0kok Jambu Bol di kota ini, namun diberikannya julukan Kota Jambu Bol sebab, kota Kudus ini memang sangat terkenal dengan hasil pertaniannya yang terutama berupa Jambu bol. Jambu bol bahkan menjadi flora identitas resmi Kabupaten Kudus saat ini.


● Kota Semarak

Ketika dulu ada penggalakan program pemberian semboyan pada kota-kota di Indonesia, maka kota Kudus memilih semboyan "Semarak" di belakangnya. Kudus Kota SEMARAK.
Semboyan SEMARAK sendiri merupakan kependekan dari "Sehat, Elok, Maju, Aman, Rapi, Asri, dan Konstitusional".

● Taste of Java

Mengapa Kudus dijuluki juga sebagai Taste Of Java ?
Sebab untuk kepentingan pemasaran pariwisata, Mantan Bupati Kudus HM Tamzil mengambil slogan pariwisata Kudus, The Taste of Java (Rasanya Jawa) sebagai upaya pencitraan kota Kudus sebagai pusat oleh-oleh Jawa.

Itulah nama dan julukan Kota Kudus yang mungkin belum anda ketahui .Jadi kini anda akan yakin jika senadainya ada orang atau wisatawan asing yang bertanya kepada anda.

Lihat juga :

You may like these posts