-->

Terinspirasi Sel Sperma, Ilmuwan Ciptakan Mikro Robot Yang Bergerak Dengan Flagella

Perkembangan dunia robotik benar-benar sangat mencengangkan. Berbagai macam bentuk dan fungsi robot telah diciptakan manusia dengan berbagai tujuan, yang pada akhirnya untuk mempermudah kehidupan manusia. Terakhir dikabarkan tentang adanya sebuah robot baru yang bisa memasak dan melayani “majikannya” dalam menyajikan makanan.
Lihat :

Sebelumnya, juga telah diciptakan sebuah robot, tepatnya mikro robot yang bisa begerak dengan flagella, layaknya seekor bakteri.

Dan uniknya, mikro robot ini tercipta justru karena tersinpirasi oleh pergerakan sel sperma pria, ketika melakukan “long march” menuju ovarium atau sel telur.

Kredit picture : Ikhail S Mizra

Sebagaimana dilansir dari jurnal yang dipublikasikan di Jurnal Applied Physics Letters, dikabarkan para insinyur Robotik dari negeri Belanda telah berhasil menciptakan sebuah robot yang berbentuk sel sperma. Dimana untuk pergerakannya, robot mikro ini dikontrol dengan menggunakan medan magnet. Hebatnya para insinyur Robotik Belanda ini menggunakan sebuah medan magnet, yang tidak lebih kuat dari magnet kulkas.

Dan “hanya” dengan menggunakan medan magnet seperti itu, tim ahli di Belanda tersebut sudah mampu membuat robot mikro tersebut mampu "berenang" ke depan dan mengarahkan ke arah tujuan yang ditetapkan.

Desain dari mikro robot ini sebenarnya sangat sederhana.
Pada bagian kepala robot dibuat dengan berlapis logam yang dicat. Sedangkan pada bagian tubuhnya terbuat dari sebuah bahan polimer yang kuat tetapi fleksibel.
Dan dengan bahan seperti itu, mikro robot ini mampu bergerak secara fleksibel dengan daya tahan sekitar enam kali lebih lama dari sperma manusia.

Sebagaimana diketahui, untuk pergerakannya, sel Sperma, seperti layaknya sejumlah bakteri, menggunakan cambuk seperti "flagellum" untuk mendorong mereka bergerak.

Salah seorang insinyur robotik di University of Twente, Belanda, Dr Sarthak Misra yang menjadi bagian tim ini menyatakan : "Kami telah menciptakan mikro-robot yang terinspirasi bentuk dan pergerakan sel sperma, tetapi ini benar-benar kami buat di laboratorium,"

Para insinyur robotik Belanda ini juga menciptakan semacam kopling ekor magnetik yang berguna untuk mengarahkan pergerakan sel darah merah, atau untuk mengendalikan pergerakan sperma
Para insinyur ini berharap jika temuan mereka nantinya akan berguna dalam aplikasi medis dan manufaktur. Lihat juga :

You may like these posts