-->

Kacamata Cerdas NTT DoCoMo Mampu Menterjemahkan 4 Bahasa Secara Instant

Tidak lama lagi, orang mungkin tidak perlu khawatir atau mencemaskan lagi tentang adanya perbedaan bahasa ketika harus keluar negeri. Ke depan, meski seseorang hanya menguasai bahasa ibu saja, ia akan tetap bisa lebih leluasa menjalin komunikasi dengan orang asing lainnya – terutama yang berasal dari Negara Jepang, Inggris, Cina dan Korea – berkat adanya temuan teknologi baru yang canggih yang saat ini sedang dikembangkan oleh salah satu operator selular yang termasuk besar di Jepang, NTT DoCoMo.

Sebagaimana dilansir dari laman BBC, pada sebuah pameran barang-barang elektronik di Jepang, yang disebut dengan CEATEC, dipamerkan berbagai macam produk elektronik terbaru.
Salah satu produk terabru yang dipamerkan adalah sebuah kaca mata. Yang oleh pembuatnya, NTT DoCoMo, disebut sebagai kacamata pintar.

Disebut demikian sebab NTT DoCoMo mengklaim bahwa kacamata buatannya ini mampu menerjemahkan bahasa asing. Dan tidak tanggung-tanggung, ada 4 bahasa yang dapat diterjemahkan dengan menggunakan kacamata pintar ini, yaitu bahasa Jepang, Inggris, Cina dan Korea.



Terobosan yang dilakukan oleh NTT DoCoMo ini merupakan salah satu strategi bisnisnya untuk mampu bersaing dengan produsen elektronik lainnya yang semakin ketat. Sebab belakangan ini para pembuat barang elektronik sepertinya memang sedang berlomba untuk bisa menghasilkan produk-produk terbaru dengan mengaplikasikan teknologi canggih, untuk digunakan para konsumen, sebagai contoh Google mengeluarkan produk Google Glass. Sedangkan Samsung merilis jam tangan pintar .

Menurut keterangan NTT DoCoMo, kacamata cerdas buatannya ini mampu bekerja memproyeksikan gambar dari teks yang sebelumnya diterjemahkan dari kata atau karakter yang tidak familiar.
Pengguna Kacamata pintar ini juga dapat melihat dan memanipulasi gambar virtual. Selain itu, kacamata pintar ini juga menggunakan perangkat lunak pengenalan wajah untuk menampilkan informasi pribadi seseorang yang berada dalam pandangan, dimana data tersebut diambil dari pusat data yang digunakan telepon pintar.

Menurut NTT DoCoMo lebih lanjut, kacamata cerdas buatannya yang bisa menterjemahkan 4 bahasa secara instant ini, nantinya akan bisa menguntungkan bagi wisatawan.

"Teknologi pengenalan karakter memungkinkan terjemahan bahasa secara instan bagi pengguna yang bepergian ke luar negeri, membaca menu restoran dan dokumen lainnya," kata NTT DoCoMo.

Namun demikian pihak NTT DoCoMo, tetap menyatakan bahwa kacamata cerdas buatannya ini masih dalam tahap penelitian dan pengembangan.
Apa yang dikatakan oleh pihak NTT DoCoMo ini juga sejalan dengan pernyataan salah satu konsultan teknologi untuk konsumen dari IDC, yaitu Jonathan Gaw, yang mengatakan bahwa kacamata cerdas ini masih memiliki berbagai masalah terkait ukuran, berat dan panjang umur baterai.
Ia menyebut produk ini memiliki "potensi yang luar biasa tetapi banyak tantangan."

Lihat juga :

You may like these posts