-->

6 Pekerjaan Sampingan Yang Paling Cocok Untuk Mahasiswa

Bagi para mahasiswa yang ingin nyambi bekerja selain kuliah, ada beberapa pekerjaan sampingan yang paling cocok dilakukan oleh mahasiswa, seperti di bawah ini.

Saat ini, yang namanya kuliah tidak harus melulu “manteng” pada kampus dan pelajaran. Dengan begitu terbukanya bidang lapangan kerja ( bagi yang jeli ) saat, sebuah pekerjaan bisa dilakukan kapan saja, bahkan ketika di rumah. Saat ini bahkan banyak bermunculan para enterpreneur muda dari kalangan mahasiswa dan sukses dengan bisnis yang digelutinya.

Ini tidak berlaku hanya bagi mahasiswa yang kebetulan orang tuanya mampu ( menyediakan modal ) tetapi bahkan bagi para mahasiswa yang kebetulan agak pas-pasan.
Sebab sebuah usaha tidak harus selalu dibutuhkan dan dibekali dengan modal yang besar. Selama jeli – dan tentu saja harus ditunjang kerja keras, kesempatan selalu ada.

Dan bagi yang kebetulan mau mengawali terjun di bidang usaha, sebagai permulaan, beberapa pekerjaan sampingan di bawah ini sepertinya paling cocok bagi anda, para Mahasiswa.
Dikatakan cocok untuk mahasiswa, sebab pekerjaan-pekerjaan ini dijamin tidak akan mengganggu aktivitas kuliah anda.
Apa saja ?

Ini dia Pekerjaan Sampingan Yang Paling Cocok Untuk Mahasiswa :

1. Pekerjaan sampingan sebagai Asisten Dosen

Bagi anda yang memilki otak encer dan memiliki prestasi yang cukup baik, tidak ada salahnya jika mengajukan diri untuk menjadi asisten salah satu dosen anda. Anda dapat memulai dari dosen yang dirasa paling dekat atau dosen yang paling disukai terlebih dahulu.
Dengan menjadi asisten dosen, disamping ilmu anda lebih berkembang anda juga akan mendapat bayaran yang dapat menunjang kehidupan anda.

2. Pekerjaan sampingan sebagai Asisten Laboratorium

Hampir mirip dengan asisten dosen, anda juga bisa mencoba menjadi asisten laboratorium di kampus anda. Sebagai asisten laboratorium maka anda bertugas untuk membimbing dan membantu mahasiswa dalam hal praktikum, menyiapkan alat-alat dan lain sebagainya.
Disamping lebih mahir dalam laboratorium., anda juga akan mendapat penghasilan.

3. Tutor atau les privat

Anda bisa mencoba melamar di tempat kursus atau di tempat bimbingan belajar ( BImbel ). Atau memberi les privat sehingga lebih longgar dalam mengatur waktu. Sembari mengulang dan melancarkan ilmu yang telah anda kuasai, anda juga akan mendapat bayaran.
Meski tidak harus, akan tetapi lebih pas, jika mengambil mata pelajaran sesuai jurusan anda.

4. Pekerjaan sebagai Penulis

Bagi anda yang hobi dan mempunyai bakat menulis, kini saatnya mengembangkan bakat dan memulai karir menulis anda. Dengan waktu luang yang cukup banyak setelah kuliah, mestinya anda bisa menjadi penulis yang produktif.

5. Pekerjaan sampingan sebagai Operator Warnet

Daripada hanya bengong ketika tidak ada kegiatan kuliah, mengapa tidak mencoba mencari lowongan kerja sebagai operator warnet ?
Memang kelihatannya sepele. Namun dengan cara ini anda dapat belajar secara gratis lewat internet, ataupun mengerjakan tugas dengan leluasa, tetapi sekalian dibayar.
Agar jam kerja tidak bentrok dengan jam kuliah, coba nego dengan pemiliknya.
Bahkan jika anda pria, mengambil shift sepertinya bukan masalah ( daripada hanya kelayapan malam ).

6. Pekerjaan sampingan sebagai Penyiar Radio

Tidakkah anda perhatikan jika para penyiar radio yang sukses dan terkenal kebanyakan anak muda ?
Selain bisa memperoleh pergaulan yang lebih luas, anda juga punya peluang untuk terkenal.
Dan enaknya lagi, jam kerjanya biasanya cukup singkat, sekitar 2 jam sampai 3 jam perharinya.

Jadi menapa tidak mulai mencoba ? Daripada hanya menggantungkan jatah dari orang tua, sepertinya akan jauh lebih enak jika punya penghasilan sendiri.
Simak juga :

You may like these posts