Trik Menyembunyikan Kunci Rumah Di Luar Rumah

Trik Menyembunyikan Kunci Rumah Di Luar Rumah

Pada rumah-rumah saat ini kunci boleh dikatakan sebagai bentuk pertahanan yang paling mendasar pada sebuah rumah.
Bukan berarti jika sebuah tindak kejahatan tidak bisa terjadi jika tanpa kunci. Namun dengan sebuah kunci rumah, tindak kejahatan akan lebih mungkin terjadi dengan mudah.
Dengan sebuah kunci seseorang dapat dengan mudah dan leluasa masuk ke dalam rumah tanpa harus merusakkan bagian rumah lainnya.

Idealnya, sebuah kunci rumah memang harus dibawa dan atau ditempatkan dengan aman.

Namun karena beberapa sebab terkadang pemilik rumah “terpaksa” mengunci rumah dari luar, kemudian meletakkan kunci rumah di luar ruangan rumah.
Hal ini terkadang terjadi ketika terlalu banyak anggota keluarga yang semuanya beraktivitas di luar rumah, namun tidak bisa pulang secara berbarengan.
Rumah kontrakan atau rumah kost misalnya.

Cara seperti ini sebenarnya selalu sangat beresiko.Namun mau tidak mau, terkadang harus dilakukan juga ( mungkin termasuk anda ).
Cara yang paling mudah dan aman tentu saja akan lebih baik membuat kunci duplikat untuk masing-masing anggota keluarga. Namun sekali lagi, keadaan darurat selalu saja bisa terjadi.
Cara lainnya, bisa juga dengan menitipkan kunci rumah kepada saudara yang bertetangga dan atau tetangga yang memang sudah memiliki hubungan dengan baik.
Hanya saja, tetanggapun terkadang memiliki masalah yang sama.
Sehingga permasalahannya pun kembali seperti semula. Harus meletakkan dan menyembunyikan kunci di luar rumah.

Masalahnya adalah, sering didapati, anggota keluarga yang justru meletakkan dan menyembunyikan kunci yang dianggapnya aman tetapi sebenarnya sangat tidak aman, karena sangat cepat dan mudah terbaca. Misalnya menyembunyikan kunci rumah di bawag pot tanaman yang berada di teras, di dalam lubang angin-angin yang terletak di atas pintu atau jendela, di sela-sela rak sepatu yang ditauruh di luar atau malah di bawah keset kaki di depan pintu.

Ketika anda melakukan hal ini, pencuri atau orang yang bermaksud jahat, akan dapat dengan mudah menebaknya atau setidaknya akan lebih cepat dalam mencarinya.
Mereka umumnya mencari kunci pintu di tempat-tempat yang terdekat dengan pintu ( dan dianggap aman oleh pemiliknya ).

Meletakkan dan menyembunyikan kunci rumah di luar ruangan sebenarnya sangat tidak diasarankan. Namun ketika harus juga melakukan hal ini sebaiknya lakukanlah dengan cara yang lebih aman.

Cara yang relatif lebih aman untuk menyembunyikan kunci rumah di luar ruangan, dapat dilakukan sebagai berikut :

- Masukkan kunci rumah ke dalam kantong plastik.
Hal ini untuk menjaga agar kunci rumah tidak terkena udara lembab dan mudah menjadi karatan karena harus di luar ruangan.
- Carilah lokasi yang cukup jauh dari daun pintu.
Disarankan setidaknya berjarak sekitar 20 meter. Tetapi hal ini mungkin cukup sulit untuk rumah saat ini yang umumnya memiliki halaman yang tidak cukup luas. Namun usahakan setidaknya yang paling jauh.
- Kemudian gali tanah, tidak perlu terlalu dalam pada lokasi dimana anggota rumah sudah mengenalnya, misalnya di sebelah bak sampah, atau di bawah sebuah batang pohon.
- Kemudian kuburkan kunci yang sudah dimasukkan ke dalam kantong plastik ke dalamnya.
Tutup rapat tanah seperti sedia kala.
- Setelah itu berikan kamuflase di atasnya, misal dengan bebatuan, batu bata, atau bahkan tumpukan barang bekas, sehingga lokasi penyimpanan kunci tersebut menyatu dengan lingkungan sekitarnya dan tidak terduga.
- Informasikan hanya kepada anggota rumah, dimana anda menyembunyikan kunci rumah.
- Jika harus mengulangi hal seperti ini, lakukan dengan lokasi yang berpindah-pindah.

Dengan cara menyembunyikan kunci rumah seperti ini, akan relatif lebih aman. Sebab pencuri jarang yang menduga. Selain itu untuk mencarinya dibutuhkan waktu yang lebih lama.

Lihat juga :

Bila Artikel Ini Bermanfaat, Tolong Bagikan :

Related Posts:
Disqus Comments