-->

Pedoman Memilih Warna Cat Rumah Sesuai Fengshui

Dalam budaya Cina antara alam dan manusia saling mempengaruhi. Yang kemudian dijabarkan sebagai Fengshui.

Secara singkat, Feng Shui adalah salah satu cabang ilmu topografi (Tiongkok kuno) yang mempercayai tentang suatu hubungan antara Manusia, Langit (=astronomi), dan Bumi (=geografi) hidup dalam harmoni untuk membantu memperbaiki hidup dengan menerima Qi positif.


Dalam makna yang lebih luas, sebuah warna juga akan dapat memberi pengaruh atau harmoni pada manusia. Sebab dalam feng shui, sebuah warna juga merupakan suatu getaran, yang direspon baik dalam keadaan sadar ataupun di bawah sadar.
Karena itulah sebuah Warna juga bisa memengaruhi kenyamanan lingkungan dan mood manusia. Dan menurut ilmu Fengshui, jika diaplikasikan dalam pemilihan warna cat rumah, maka ia dapat memberikan energi dan kesejahteraan bagi pemilik rumah.

Karena itu ketika melakukan pemilihan warna untuk cat rumah, mungkin anda bisa mempertimbangkan karakter warna sesuai pandangan ilmu Fengsui. Dimana menurut Fengshui warna-warna memiliki karakter dan sifat sebagai berikut :

Merah ( Yang )
Warna Merah merupakan adalah warna yang dominan dan selalu memberikan stimulasi terhadap suasana sekitarnya. Warna merah bisa memberikan kesan memperbesar tampilan suatu objek, tetapi sebaliknya memperkecil ukuran suatu ruangan. Karena itu warna Merah sangat baik digunakan untuk memberi suatu aksen. Sebab Warna merah memiliki sifat hangat.
Contoh penggunaan warna merah pada rumah misalnya pada ruang makan, ruang tidur anak, dapur, tempat kerja atau kantor.
Postif: hangat dan kemakmuran
Negatif: kemarahan, rasa malu dan kebencian
Elemen: api

Pink (Yin)
Warna Pink merupakan asosiasi dari rasa ketidakbersalahan, bersifat polos, kemurnian dan suasana romantis.
Itulah sebabnya warna Pink sesui digunakan untuk ruang tidur, namun kurang sesuai untuk kamar mandi atau dapur.
Positif: romantis, kegembiraan, ceria
Negatif: tidak ada
Elemen: Api

Ungu (Yin)
Warna Ungu merupakan asosiasi dari inspirati, mistis dan spiritual. Warna Unggu cocok digunakan pada ruang tidur atau ruang meditasi. Dan kurang cocok untuk warna dapur atau kamar mandi.
Positif: gairah, energik dan memotivasi.
Negatif: kesedihan, menekan
Elemen: Api

Kuning (Yang)
Warna Kuning diasosiasikan dengan intelektualitas dan pencerahan. Warna Kuning juga membantu pencernaan dan menstimulasi otak atau pikiran. Karena warna Kuning cocok digunakan untuk pintu masuk, koridor dan dapur. Sebaliknya, warna Kuning sebaiknya tidak digunakan pada kamar mandi atau ruang meditasi.
Positif: optimisme, akal dan ketegasan
Negatif: kaku dan berlebihan
Elemen: Api

Oranye (Yang)
Warna Oranye adalah warna kegembiraan dan kuat dalam mendorong komunikasi. Warna Oranye dapat dipakai di ruang tidur, ruang makan dan koridor. Namun sebaiknya tidak digunakan pada ruangan kecil. Positif: intelek, konsentrasi
Negatif: pemberontakkan
Elemen: Tanah

Coklat (Yang)
Warna Coklat merupakan warna yang berhubungan dengan bobot, stabilitas dan elegan. Sehingga warna Coklat sesuai digunakan pada ruang belajar dan ruang kerja. Namun kurang sesuai untuk kamar tidur.
Positif: elegan, keamanan
Negatif: kotor, depresi dan tua
Elemen: tanah

Putih (Yang)
Warna Putih selalu menyimbolkan suatu permulaan baru, suci dan kemurnian. Warna Putih cocok digunakan pada kamar mandi dan dapur.Namun warna putih sebaiknya tidak digunakan pada ruang makan dan kamar tidur anak.
Positif: bersih dan segar
Negatif: dingin, hampa dan datar
Elemen: logam

Biru (Yin)
Warna Biru merupakan perlambang kedamaian dan kesejukkan. Warna Biru juga dikaitkan dengan spiritualitas, misteri, kesabaran, kedamaian dan kontemplasi. Karena itu Warna biru sangat sesuai digunakan pada ruang terapi, ruang tidur dan ruang meditasi. Namun kurang sesuai pada ruang makan atau ruang kerja. Positif: Kepercayaan, stabilitas
Negatif: Melankolis, kecurigaan
Elemen: Air

Hitam (Yin)
Warna Hitam merupakan warna yang bersifat independen dan misterius. Warna hitam bisa digunakan pada kamar anak remaja. Namun Warna hitam tidak seharusnya digunakan pada ruang kerja, kamar tidur anak-anak dan ruang keluarga.
Positif: intrik, kekuatan dan daya tarik
Negatif: kematian, kegelapan
Elemen: air

Hijau (Yin)
Warna Hijau adalah simbol dari pertumbuhan, kesuburan dan harmoni. Warna Hijau bersifat menyegarkan, menenangkan dan meneduhkan. Karena itu warna Hijau sangat cocok digunakan pada kamar mandi, ruang terapi dan conservatory. Namun kurang sesuai untuk ruang keluarga, ruang bermain atau ruang belajar. Positif: optimisme, kebebasan dan keseimbangan
Negatif: iri hati, permusuhan, curang
Elemen: kayu

Lihat juga :

You may like these posts