Dilengkapi Alat Penembus Pandang, Pengemudi Toyota Prius Bisa Leluasa Lihat Arah Belakang

Dilengkapi Alat Penembus Pandang, Pengemudi Toyota Prius Bisa Leluasa Lihat Arah Belakang

Bagi para pengemudi mobil, salah satu kendala yang sering ditemui adalah ketika mereka harus berjalan mundur, “atret” ke belakang. Saat harus parkir misalnya.
Sebenarnya pada semua mobil sudah dilengkapi alat yang memungkinkan pengemudi untuk melihat ke arah belakang. Yang konvensional adalah kaca spion, sedangkan pada mobil keluaran terbaru umumnya sudah dilengkapi dengan sensor, sehingga alarm mobil akan berbunyi ketika posisi mobil memiliki jarak tertentu terhadap benda di belakangnya.
Namun bagaimanapun juga, fasilitas ini masih sangat terbatas.
Pengemudi masih tidak bisa mengetahui dan melihat dengan jelas, benda apa saja yang ada di belakang mobilnya ketika mereka menjalankan mobilnya ke arah belakang alias mundur. Sehingga seringkali ditemui mobil yang terpaksa harus “mencium” tembok, pagar, tiang atau benda-benda di belakangnya lainnya.

Karena itulah 2 orang ahli dari Keio University Jepang, Susumu Tachi dan Masahiko Inami berupaya menjawan masalah ini. Mereka berdua kemudian menemukan sebuah “alat penembus pandangan”. Dimana dengan alat tersebut jok dan bagian belakang mobil bisa berubah seolah-olah menjadi transparan dan tembus pandang sehingga pengemudi dapat melihat dengan jelas semua benda-benda yang berada di belakang mobilnya dengan sangat mudah, layaknya ketika mereka melihat pandangan di arah depan di jok kursi pengemudinya.

Seperti ini :
Alat penembus pandangan yang diciptkaan kedua ahli Jepang tersebut pada dasarnya berupa proyektor dan kamera dengan resolusi yang tinggi. Yang dalam pengaplikasiannya, digunakan satu proyektor dan enam lensa, sehingga pengemudi dapat melihat secara bebas.
Sebab dengan adanya proyektor dan 6 lensa tersebut, maka jok kursi bagian belakang seolah-olah menghilang dan menjadi transparan. Benda dan obyek apapun yang berada di belakang mobil akan dapat terlihat dengan sangat jelas.

Untuk misi ke depannya, pengembang alat penembus pandangan ini akan secara spesifik membuat proyektor tersebut untuk Toyota Prius, yang akan menjadikan kursi belakang mobil tersebut trasnparan secara virtual.

Yang ini tidak kalah menariknya :

Bila Artikel Ini Bermanfaat, Tolong Bagikan :

Related Posts:
Disqus Comments