6 Hal Yang Harus Dipersiapkan Saat Akan Merenovasi Rumah

6 Hal Yang Harus Dipersiapkan Saat Akan Merenovasi Rumah

Karena beberapa alasan, dibutuhkan untuk merenovasi rumah.
Misal karena model rumah yang dianggap sudah terlalu tua, adanya kebutuhan yang bertambah atau memang karena beberpa bagian rumah sedah mengalami kerusakan.
Pada beberapa orang, tindakan merenovasi rumah sering kali tidak dipersiapkan secara matang. Padahal melakukan renovasi rumah sebenarnya sama beratnya dengan ketika membangun rumah baru.

Karena itu agar proses renovasi rumah nantinya dapat berjalan lancer, tidak terjadi pembengkakan biaya yang besar atau malah terhenti dii tengah jalan, sebaiknya ada 7 Hal Yang Harus Dipersiapkan Saat Akan Merenovasi Rumah

1. Persiapkan desain dan detil sebelum memulai pekerjaan renovasi

Pada umumnya orang akan membuat desain dan detil ketika akan membangun sebuah rumah baru. Tetapi hal ini jarang dilakukan ketika melakukan renovasi rumah.
Sering kali, hal ini dilakukan hanya dengan diangan-angan, dilihat secara visual atau sambil jalan saja. Akibatnya tidak jarang hasilnya sangat jauh dari yang diangankan. Belum lagi adanya pembengkakan biaya. Sepatutnya diingat bahwa rumah tersebut akan anda tempati dan bisa dikatakan sebagai investasi seumur hidup anda.
Anda tidak harus menggunakan jasa arsitek dalam hal ini. Namun setidaknya harus ada sebuah desain dan detil yang matang.

2. Segera mengambil keputusan

Ketika telah memiliki desain dan detil yang matang, maka segeralah ambil keputusan. Kapan pekerjaan akan dilakukan, siapa yang mengerjakan. Dalam hal ini putuskan juga bagaimana pekerjaan tersebut akan dilakukan, termasuk bahan dan material yang akan digunakan.
Menunda-nunda pekerjaan akan lebih banyak menyebabkan terjadinya pembengkakan biaya. Sebab biasanya harga bahan dan material bangunan cenderung naik dari waktu ke waktu.
Selain itu keputusan yang diambil “ sambil jalan” sering kali mengecewakan hasilnya dan seringnya biaya menjadi membengkak.

3. Hitung dan tentukan anggaran

Setelah itu, hitungdan tentukan anggaran yang diperlukan dan anggaran yang tersedia. Setiap orang tentu menginginkan yang sempurna, namun jangan terlalu memaksa, seandainya angaran yang tersedia memang tidak sepenuhnya memenuhi.
Dan jika hal ini terjadi, maka segera lakukan penyesuaian ulang dengan desain semula.

4. Cari informasi tentang material yang akan digunakan

Pada umumnya orang agak “malas” saat harus mencari material bangunan. Umumnya mereka lebih senang mengandalkan mendapatkan supply dari toko mataerila terdekat.
Padahal dari pengalaman, selalu saja ada celah untuk mendapatkan harga material yang lebih murah, seandainya mau sedikit usaha untuk mencari ke toko bangunan yang lainnya.
Patut untuk diketahui bahwa cara seperti ini merupakan cara yang paling efektif untuk menghemat biaya renovasi rumah.

5. Jangan tergoda

Banyak orang yang tergoda dan berubah pikiran, jutsru pekerjaan renovasi rumah sedang berada di tengah jalan. Berubah pikiran sebenarnya merupakan hal wajar. Namun jangan sampai hal ini menjadikan satu perubahan yang radikal dari rencana semula.
Patut diingat perubahan rencana itu artinya akan terjadi pembengkakan biaya.

6. Jangan sekali-kali remehkan proyek renovasi rumah

Sebagaimana disampaikan di awal, meremehkan proyek renovasi rumah bisa fatal akibatnya. Pekerjaan Me-renovasi rumah bukan cuma sekedar memoles ulang rumah anda.
Sebaiknya lihat juga :

Bila Artikel Ini Bermanfaat, Tolong Bagikan :

Related Posts:
Disqus Comments