-->

5 Langkah Sederhana Untuk Mempercepat Loading Blackberry

Salah satu permasalahan yang cukup sering digunakan oleh para pengguna BB – Blackberry adalah tiba-tiba perangkat menjadi lemot. Loadingnya lambat banget, reboot lama atau bahkan menjadi error. Permasalahan seperti ini sepertinya tidak hanya dialami oleh pengguna Blackberry, namun juga oleh pengguna perangkat ponsel cerdas / smartphone lainnya.

Memang ada banyak hal yang menyebabkan perangkat ponsel tiba-tiba menjadi lemot.
Misal karena hardware-nya yang memang mengalami gangguan, karena disebabkan oleh adanya virus atau malware, namun yang paling umum terjadi adalah disebabkan karena perangkat terlalu dijejali dengan aplikasi sehingga proses eksekusinya menjadi lambat.

Pada kondisi seperti ini, sebagai tahap awal anda dapat melakukan 5 Langkah Sederhana Untuk Mempercepat Loading Blackberry, sebelum menentukan “penyakit” yang lebih berat lainnya, misalnya hardware anda terkena gangguan atau tidak. Sebab langkah-langkah ini dapat anda lakukan sendiri, dan tentu saja tidak membutuhkan biaya.

5 Langkah Sederhana Untuk Mempercepat Loading Blackberry yang dapat dilakukan adalah :

1. Lepaskan Baterai

Cobalah setiap 2 sampai 3 hari sekali lepaskan baterai dari perangkat BB anda. Kemudian diamkan dan “istirahatkan” perangkat selama sekitar 5 menit.
Mengapa perlu melakukan hal ini ?
Sebab langkah ini bertujuan untuk “mengistirahatkan” mesin - hardware dan melakukan refresh pada sistem di ponsel.

2. Menghapus File yang tidak perlu

Sederhana, semakin banyak file yang tersimpan, maka akan menjadikan semakin lambat proses eksekusi, bahkan pada kondisi yang sedemikian rupa banyaknya file tersimpan akan menjadikan perangkat error. Dan semakin sedikit file, akan semakin cepat proses ekseskusi.
( Coba bandingkan dengan kondisi ketika baru beli. Dimana file yang tersimpan relative masih sedikit ). Karena itu hapus saja file-file yang sudah tidak diperlukan.
Atau jika file tersebut masih dibutuhkan tetapi jarang dan lama digunakan, bisa disimpan pada memori ekternal lainnya, flash disk misalnya.

3. Lakukan pembersihan log atau Clear Log

Coba lakukan pembersihkan log / clear log.
Caranya : tekan tombol ALT+LGLG. Akan muncul hasil log pada layar, tekan tombol BlackBerry. Pilih Clear Log atau bersihkan Log, Delete.

4. Lakukan Host Routing Trouble

Cobalah setiap 2-3 hari secara rutin lakukan Host Routing Trouble.
Caranya, pilih menu options, lalu advanced options, lalu host routing trouble.
Kemudian tekan tombol BlackBerry, pilih register now atau daftar sekarang.

5. Lakukan Diagnotic Test

Diagnostic Test dilakukan untuk mengetahui apakah perangkat BlackBerry terkoneksi dengan sistem dan jaringanya secara baik.
Caranya : pilih Options, pilih Mobile Network.
Kemudian tekan tombol BlackBerry, Diagnotic test dan tekan kembali tombol BlackBerry.

Lihat juga :

You may like these posts