5 Langkah Mudah Untuk Pemeliharaan Sistem Keamanan Rumah

5 Langkah Mudah Untuk Pemeliharaan Sistem Keamanan Rumah

Sebuah pemeliharaan rutin sistem keamanan dibutuhkan untuk memastikan bahwa sistem tersebut dapat berfungsi secara optimal. Sehingga dalam ini juga melibatkan pemeriksaan komponen secara individu. Misalnya yang termudah adalah mengganti sebuah baterai apabila diperlukan, dan memastikan bahwa semua bagian dapat bekerja secara efektif dengan satu sama lain.

Untuk memastikan bahwa sistem keamanan rumah dapat berjalan efektif, setidaknya ada 5 Langkah Mudah Untuk Pemeliharaan Sistem Keamanan Rumah yang dapat dilakukan sendiri, diantaranya :

1. Melakukan Cek Perimeter secara mingguan
Pada setiap minggu anda dapat memeriksa kondisi kunci yang terpasang pada semua pintu dan jendela. Periksa juga bingkai di sekeliling setiap pintu dan jendela untuk memastikan tidak ada lapuk, bengkok atau kondisi lain yang membuat mempermudah terjadinya penyusupan orang asing. Periksa sensor pada setiap pintu dan jendela juga.
Salah satu hal yang perlu diperhatikan misalnya, apakah kondisi sendor masih merekat dengan baik pada tempatnya. Jika tidak , maka perlu dikencangkan kembali.
Sensor nirkabel yang bertenaga baterai, dan baterai juga memerlukan pengujian dan sesekali harus dilakukan perubahan atau penggantian.
2. Melakukan Uji pada Panel kontrol
Panel kontrol merupakan otak dari keseluruhan sistem keamanan rumah Anda. Sinyal setiap sensor melewati panel , dan menafsirkan sinyal tersebut untuk mengetahui kapan untuk mengaktifkan. Pada Panel kontrol biasanya ini memiliki "test" Modus untuk menjalankan diagnostik diri guna memastikan semua sistem berjalan dengan baik.Dan jika menggunakan layanan monitoring, beritahukan pusat layanan sebelum menjalankan test mode kecuali sistem spesifik tidak memerlukan tersebut.
Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah pusat layanan monitoring malah akan mengirim petugas pengamanan ketika anda mengaktifkan alarm untuk melakukan tes.
Cobalah lakukan juga pemeriksaan secara visual pada panel untuk mencari kabel longgar, lepas atau terjadi tanda-tanda kerusakan.
Kemudian segera beritahukan perusahaan alarm Anda segera jika panel menunjukkan tanda-tanda tidak berfungsi atau mulai rusak.

3. Periksa Sistem Penerangan Rumah
Sebaiknya lakukan pemeriksaan pada semua lampu eksterior rumah setiap bulan sekali untuk memastikan apakah semua lampu masih bekerja dengan baik dan memiliki fungsinya sebagai lampu penerangan. Terutama pada lampu keamanan.
Yang terkadang jarang disadari, Angin meski tidak terasa, kadang-kadang mampu menyebabkan lampu keamanan bergeser sedikit sehingga lampu tidak ditujukan pada fokus yang benar dan semestinya.

4. Periksa fungsi Semua Kamera
Jika pada sistem keamanan rumah anda juga dilengkapi dengan kamera, maka periksa dan pastikan bahwa semua perangkat tersebut dapat bekerja secara benar dan tidak dalam keadaan rusak.Cobalah periksa pada bagian monitoring dan perekam untuk memverifikasi setiap kamera.

5. Lakukan pula Pemeriksaan Keselamatan Tambahan
Misalnya bagaimana dengan alat pemadam kebakaran yang tersedia dalam rumah.
Bagaimana dengan prosedur keselamatan dengan anak-anak di dalam rumah serta bagaimana aturan yang diterapkan kepada orang asing.

Pada dasarnya Sistem keamanan rumah “hanyalah “ membantu mengotomatisasi proses untuk menjaga keamanan rumah Anda supaya tetap aman, namun hal ini tidak berarti bisa melakukan semua pekerjaan untuk Anda. Karena itu ketekunan Anda sendiri sangat penting dalam menjaga sistem kerja dan memastikan itu digunakan dengan benar.

Selain itu komunikasi dengan perusahaan penyedia sistem keamanan rumah juga sangat penting. Mengajukan pertanyaan sekarang ( seandainya memang belum sepenuhnya faham ) akan jauh menghemat waktu dibandingkan jika nanti terjadi keadaan darurat yang sebenarnya, misalnya.

Sebaiknya lihat juga :

Bila Artikel Ini Bermanfaat, Tolong Bagikan :

Related Posts:
Disqus Comments