3 Dasar Cara Mengatur Ruang Tamu Sesuai Fengshui

3 Dasar Cara Mengatur Ruang Tamu Sesuai Fengshui

Bagi budaya Cina, Fengshui sudah merupakan “denyut nadi” mereka. Fengshui sudah menjadi dasar penting bagi keseluruhan aktivitas sehari-hari.
Termasuk juga, ketika membangun atau membuat rumah, lokasi, tata letak, pengaturan lahan dan ruangan sampai model, semuanya “harus” diselaraskan dengan prinsip Fengshui.
Dalam hal ini juga termasuk pada cara mengatur ruang tamu.

Sesuai prinsip Fengshui, ketika mengatur sebuah ruangan, dasar yang paling umum adalah menciptakan dan menyediakan sebuah ruangan yang bersih, bebas dari kotoran, dengan adanya aliran udara yang berkualitas serta pencahayaan yang memadai.

Ketika sebuah ruangan diatur sesuai dengan prinsip Feng Shui, dipercaya akan menjadikan penghuni rumah dan yang masuk ke dalamnya lebih “berenergi” dan betah ketika berada di dalam ruangan tersebut. Selain itu juga akan memberikan yang energi positif pada ruangan lainnya.

Berikut adalah 3 dasar cara mengatur ruang tamu sesuai Fengshui

1. Mengetahui Peta Energi dari rumah

Sebagaimana dijelaskan di atas, Fengshui selalu berkaitan dengan energi.
Karena itu langkah pertama yang mutlak dilakukan sebelum mengatur ruang tamu adalah dengan mengetahui peta energi rumah atau yang disebut juga sebagai Baqua.
Dengan mengetahui peta energi rumah, maka area fengshui di ruang tamu dapat ditentukan dan diatur dengan baik.
Anda akan mempunyai banyak pilihan yang akan digunakan pada ruang tamu, mulai dari warna, bentuk dan bahan yang cocok dan terbaik sesuai dengan elemen fengshui yang harus didukung. Sebab dipercaya, selain tata letak dan design, beberapa perabot yang ditempatkan dalam ruang tamu, nantinya akan dapat “memakan” energi keseluruhan.
Sebagai contoh, seandainya ruang tamu berada di area fengsui selatan, maka yang diminta untuk diperkuat adalah elemen api dan kayu. Sehingga warna-warna yang lebih cocok digunakan pada ruang tamu adalah warna-warna seperti merah, oranye, kuning, hijau atua coklat.

2. Melakukan pengaturan yang baik

Apa yang ditempatkan dalam ruang tamu, dapat “memakan” atau mempengaruhi energi.
Karena itu juga harus dilakukan “organisasi” atau pengaturan yang baik.
Selain jenis barang dan tata letak yang perlu diperhatikan, yang termudah adalah dengan menjaga agar ruang tamu selalu terjaga bersih dan teratur.

3. Menyempurnakan Elemen Fengshui

Yang dimaksud menyempurnakan elemen adalah idealnya pada ruang tamu anda memiliki 5 elemen Fengshui, dalam berbagai proporsi yang berbeda-beda.
Sebagai contoh misalnya, agar dipastikan adanya elemen Fengshui di bagian selatan.
Namun bila seandainya memang tidak cocok, maka bisa dibatasi hubungan antara satu elemen dengan elemen yang lainnya.

Disarankan untuk melihat juga :

Bila Artikel Ini Bermanfaat, Tolong Bagikan :

Related Posts:
Disqus Comments