-->

10 Pedoman Singkat Menata Interior Rumah Bergaya Minimalis

Rumah anda memiliki model dan bergaya minimalis ?

Bila rumah anda memang menggunakan tren desain rumah dengan konsep minimalis, alangkah baiknya jika anda juga menggunakan penataan desain interior bergaya minimalis pula. Sehingga bisa memberikan kesan senada dan selaras antara bagian eksterior dan interior.

Sebab rasanya kurang pas, jika pada bagian eksterior terlihat dengan gaya minimalis, sedangkan pada bagian interior di tata secara etnis, misalnya.

Sebenarnya ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan penataan interior rumah dengan gaya minimalis. Dan dari begitu banyak cara, berikut 10 Pedoman Singkat Menata Interior Rumah Bergaya Minimalis :


1. Gunakan cat warna minimalis
Perlu diingat, rumah bergaya minimalis pada dasarnya memiliki bentuk model yang simple.
Rumah minimalis bisa terlihat “main”, biasanya karena adanya “permainan” cat dinding yang digunakan. Sebagai panduan dasar untuk menentukan warna cat interior pada rumah minimalis adalah gunakan juga cat tembok yang berwarna cerah minimalis.
Apa itu cat tembok warna cerah minimalis ?
Sebenarnya cukup banyak. Beberapa contohnya : biru dan abu-abu untuk memberi kesan hangat.
Putih untuk memberi kesan luas, Namun agar tidak terkesan monoton dan “main” untuk dilihat lakukan perpaduan atau kombinasi diantaranya.
Lihat juga :

2. Jangan menjejali ruangan dengan berbagai macam perabotan dan hiasan
Ingat, konsep desain rumah anda adalah minimalis. Itu artinya simple dan fungsional.Karena itu batasi perabotan dan hiasan. Gunakan secara seperlunya saja.
Adanya berbagai macam perabotan dan hiasan justru akan menimbulkan kesan terlalu penuh dan sumpek atau malah seperti gudang.

3. Gunakan perlengkapan dan furniture yang minimalis.
Tentu tidak klop jika interior minimalis digunakan perlengkapan dan furniture yang besar-besar lagi rumit ornamennya.Akan lebih baik jika dipilih furniture, misalnya meja dan kursi dengan model yang simpel. Bisa digunakan furniture berwarna coklat gelap dan aksen warna hitam.
Sedangkan untuk menciptakan kesan yang ringan, bisa digunakan meja berbahan kaca.

4. Gunakan bentuk geometris
Cobalah gunakan beberapa ornamen interior yang bentuknya geometris, namun tetap tak berlebihan dan sederhana. Misalnya bentuk garis-garis vertikal dan horizontal pada titik sudut ruang.
Batu alam juga bisa diaplikasikan untuk mempercantik ruangan.

5. Perhatikan pemilihan sofa
Hati-hati dalam memilih sofa untuk interior minimalis.
Sebab sofa merupakan perabotan yang terbesar memakan ruang.Karena itu sebaiknya pilih sofa dengan ukuran yang tidak terlalu besar, berbentuk sederhana tanpa terlalu banyak aksen dan ornamen.
Sedangkan untuk memberikan kesan yang lebih luas, bisa digunakan warna putih atau warna yang senada.

6. Gunakan “permainan” pintu serta jendela
Untuk interior rumah miinimalis bisa digunakan kusen alumunium sehingga bisa terlihat “masuk” dengan warna cat dinding rumah. Jika menggunakan railing tangga dan teralis, sebaiknya dipilih yang bermotif sederhana tanpa ornament “berat” seperti motif bunga-bunga misalnya.
Gunakan juga ciri khas dari rumah dengan konsep desain minimalis, yaitu permainan dan memadukan garis-garis.
Lihat juga :

7. Masalah pencahayaan
Untuk mengatur pencahayaan, bisa digunakan penutup jendela dengan tipe roller, basic blind baik vertikal maupun horizontal. Sebab hal ini bisa “mengatur” cahaya, tidak terlalu panas namun tetap memberi penerangan pada ruangan sehingga tidak lembap.
Untuk lampu penerangan bisa digunakan dengan model down light, lampu tersembunyi di langit-langit. Bisa juga dengan lampu gantung berbentuk kotak, prisma, atau bulat.
Pemasangan standing lamp di sudut ruang juga bisa memberi nuansa manis pada interior rumah minimalis.
Lihat juga :

8. Penataan ruang tidur
Akan lebih cocok jika digunakan dipan lurus. Gunakan corak yang sederhana pada bed cover, sprei, ataupun sarung bantal. Jika ingin kombinasi sebaiknya gunakan maksimal 2 warna tanpa motif.
Jika menginginkan menggunakan karpet lantai, sebaiknya pilih karpet dengan warna solid tanpa motif.
Lihat juga :

9. Selalu jaga kebersihan
Ingat, rumah minimalis umumnya simple dan “mungil”. Karena itu selalu jaga kebersihan rumah.
Adanya barang-barang yang menumpuk dan berserak akan menjadikan ruangan miimalis anda terasa penuh dan sumpek.
Lihat juga :

10. Lengkapi pula dengan taman rumah, meskipun kecil
Sebuah taman rumah – meski kecil – bisa menjadikan tampilan rumah minimalis anda lebih hijau, sejuk dan asri. Permainan batu alam bisa digunakan disini.

Di atas “hanyalah “ 10 Pedoman Singkat Untuk Menata Interior Rumah Bergaya Minimalis. Penataan selanjutnya akan sangat tergantung pada anda.

Namun yang patut selalu diingat rumah dengan konsep minimalis menekankan pada kesimple-an dan fungsional. Karena itu apapun kreasi anda, coab selaraskan dengan dasar tersebut.
berkreasi.

Lihat juga :

You may like these posts