-->

Ketahui, Ini Rahasia Kenikmatan Aroma Dan Citarasa Kopi Luwak

Jika anda memang seorang peminum kopi sejati, tentu sudah sangat familiar dengan kopi luwak.
Atau bahkan mungkin kopi luwak sudah merupakan kegemaran sejati anda.
Sebab kopi luwak memang memiliki aroma dan cita rasa yang superior dengan kenikmatah khas yang begitu unik.

Tetapi tahukah anda, mengapa Kopi Luwak begitu nikmat aroma dan cita rasanya ?

Mau tahu ? Ini rahasianya.

Rahasia Kenikmatan Kopi Luwak

Pada awalnya, ketika program “Tanam Paksa “atau “ Cultuurstelsel “ diterapkan oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1830—1870, jenis tanaman kopi yang digunakan adalah bibit kopi Arabika dari Yaman. Namun dengan berjalannya waktu, beberapa jenis tanaman kopi lainnya yang sesuai dengan iklim Indonesia juga digunakan untuk memproduksi kopi luwak. Jenis Robusta misalnya.

Secara alami, pada lahan perkebunan yang ditanami dengan pohon kopi, biasanya juga hidup binatang luwak ( musang ). Luwak sangat menyukai berbagai jenis buah-buahan baik dan masak pohon untuk makanannya. Dan buah kopi adalah salah satunya.
Karena dikaruniai indera penciumannya yang sangat peka, seekor luwak mampu memilih buah kopi yang benar-benar matang ( masak pohon ) untuk dimakannya.

Buah pohon kopi sendiri ketika masih di pohon, dilindungi oleh lapisan kulit yang keras.
Dikarenakan luwak hanya memiliki sistem pencernaan yang sederhana, maka buah kopi yang dimakannya tidak bisa tercerna dengan sempurna. Hanya daging buah kopi saja yang dicernanya.
Sedangkan kulit ari dan biji kopi akhirnya terbuang bersama kotorannya.

Lihat juga :

Biji kopi yang tidak tercerna dan terbuang bersama dengan kotoran binatang luwak inilah yang pada akhirnya dikenal dengan nama kopi luwak.
Ketika berada dalam sistem pencernaan binatang luwak, biji kopi mengalami sebuah proses fermentasi alami. ( Yang sampai sejauh ini, belum diketahui dengan pasti, apa dan bagaimana proses fermentasi yang terjadi di dalam perut dan sistem pencernaan luwak ).

Karena mengalami proses fermentasi alami di dalam perut luwak inilah, ketika biji kopi tersebut diolah dan dijadikan kopi, ia akan memiliki aroma dan cita rasa yang khas dan luar biasa. Begitu spesial.

Jika anda menikmati – tidak hanya sekedar meminum – secangkir kopi luwak, anda tentu akan merasakan citarasa yang unik yang tidak ditemui dalam kopi jenis lainnya.

Kopi luwak mempunyai cita rasa yang seimbang antara rasa manis, pahit dan asam. Anda juga akan merasakan "fruty", dan "earthy" yang lebih lama.

Selain itu, adanya kandungan rendah protein pada kopi luwak juga akan menghasilkan citarasa yang superior.
Untuk diketahui, Protein yang terkandung dalam kopi akan menyebabkan rasa “bitter” saat dikenai proses roasting. Dan semakin rendah kadar protein dalam kopi semakin kurang "bitterness" kopi tersebut.

Itulah sebab dan rahasianya Mengapa Kopi Luwak Begitu Nikmat Rasa dan Aromanya.

Sehingga pantas saja menajdi salah satu jenis kopi yang paling mahal di dunia.

Karena memang unik dan langka proses pembuatannya.

You may like these posts