-->

Ultrasound, Terapi Baru Untuk Pengobatan Kanker Prostat Yang Aman

Sampai saat ini penyakit kanker masih menjadi momok.
Apabila pada wanita, kanker payudara merupakan penyakit yang ditakuti, maka pada pria adalah kanker prostat.

Meski jumlah penderita dan korban jiwanya tidaklah sebanyak sebagaimana kanker payudara pada wanita, namun para pria yang menjadi korban kanker prostat ini tidak bisa diabaikan begitu saja.
Sebagai contoh, Di Inggris misalnya tercatat di setiap tahunnya kanker prostat telah merenggut korban sebanyak sekitar 10.000 orang pria.

Selama ini upaya pengobatan untuk kanker prostat ini umumnya dengan melakukan pembedahan dan radioterapi. Namun teknik ini biasanya juga mengakibatkan munculnya efek samping yang cukup parah. Pada banyak kasus, pasien menjadi tidak dapat menahan buang air, bahkan pada kasus lainnya bahkan dapat mengaibatkan terjadinya impotensi.

Beberapa waktu lalu, dalam sebuah tulisan di jurnal Lancet Oncology dikabarkan para ahli kedokteran telah menemukan sebuah teknik baru untuk pengobatan kanker prostat ini.

Oleh para ahli teknik baru tersebut dilakukan dengan menggunakan Ultrasound
Pada beberapa ujicoba yang dilakukan, metode baru untuk terapi kanker prostat ini menunjukkan hasil yang lebih efektif.
Sebab efek samping yang bisa ditimbulkan jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan teknik perawatan yang umum dipakai dewasa ini.
Dr. Hashim Ahmed, ketua tim peneliti yang berasal dari Inggris mengatakan :
“ Kami berhasil membuktikan bahwa teknik baru ini meminimalkan efek samping. Sembilan dari 10 pria yang kami rawat tidak mengalami impotensi atau gangguan buang air,"
Sedangkan menurut salah satu pasien dari 41 pasien kanker prostat yang dirawat dengan metode Ultrasound ini mengatakan merasa senang bisa pulih setelah dirawat sejak dua tahun lalu.
Ia juga mengatakan jika efek samping yang ditimbulkan sangat minimal jika dibandingkan dengan teknik-teknik lainnya.

Namun Dr. Hashim Ahmed menyatakan meski hasilnya sangat positif, teknik yang ia kembangkan saat ini masih perlu dilakukan ujicoba pada lebih banyak pasien.
Sementara itu salah satu , ahli kanker di Inggris, Profesor Gillies McKenna, mengatakan bila teknik baru ini bisa dibuktikan dalam uji coba lanjutan yang lebih luas maka akan menjadi alternatif utama perawatan kanker prostat.
Sedangkan direktur Yayasan Kanker Prostat Inggris, Owen Sharp, menyambut baik dengan temuan teknik baru untuk pengobatan kanker prostat ini.
Namun ia menekankan masih diperlukan adanya penelitian lebih lanjut dengan skala lebih besar.
Disarankan menyimak juga yang di bawah ini :

You may like these posts