-->

Benarkah Penggunaan Ponsel Bisa Mempengaruhi Kondisi Sperma Pria ?

Belakangan ini banyak pria dewasa yang merasa was-was, sebab tersiar kabar bahwa menggunakan ponsel ternyata bisa mempengaruhi kualitas sperma. Benarkah ?

Ketika awal-awal teknologi telekomunikasi mulai berkembang pesat, seorang pakar komunikasi di Inggris pernah memberi pernyataan, bahwa teknologi komunikasi elektronik nantinya akan mempengaruhi segala aspek lingkungan. Baik itu lingkungan yang tidak hidup maupun lingkungan yang hidup, termasuk manusia.

Sebagai yang terbaru tentang pengaruh teknologi elektronik terhadap lingkungan hidup telah dibuktikan oleh beberapa pelajar Indonesia yang berhasil melakukan penelitian dan menemukan bahwa pancaran wifi dapat mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman, dalam hal ini kacang hijau. Dan atas penelitian para pelajar ini bahkan berhasil mendapatkan penghargaan.

Sebelumnya, atas riset yang pernah dilakukan, para ahli juga telah menyatakan bahwa radiasi ponsel ternyata dapat berpengaruh dan memicu terjadinya kanker.

Dapat dilihat disini :

Baru-baru ini para ahli menyerukan agar penelitian tentang mengenai resiko penggunaan telepon genggam ( ponsel ) terhadap konsentrasi jumlah sperma pria lebih diintensifkan lagi.

Seruan tersebut menyusul adanya sebuah studi oleh Universitas Exeter, Inggris yang menunjukkan bahwa jumlah dan gerakan sperma dipengaruhi oleh telepon genggam atau ponsel yang disimpan dalam kantong celana.

Hasil studi yang dimuat di jurnal Environment International ini menyebutkan bahwa radiasi elektromagnetik ponsel yang menjadi biang keladinya. Tim Universitas Exeter juga menganalisis 10 studi yang terpisah mengenai kualitas sperma dan melibatkan 1.492 pria.
Studi mencakup tes laboratorium atas sperma yang terpapar radiasi ponsel, dan pengisian kuesioner oleh kaum pria di klinik-klinik fertilitas.

Namun beberapa ahli mengatakan bahwa bukti-buktinya masih kurang lengkap.

Sebagaimana dikutip dari laman BBC, Dr Fiona Mathews yang memimpin riset ini mengatakan bahwa hampir semua hasil studi menunjukkan ada kaitan antara paparan ponsel dan kualitas sperma yang buruk.

"Studi-studi ini membawa pesan yang konsisten bahwa motilitas sperma menurun dengan adanya paparan ponsel."FF
Namun Dr, Mathews juga menyarankan agar para pria tidak perlu menjadi panik.
"Saya rasa kebanyakan pria tidak perlu panik, namun, jika Anda sudah tahu berpotensi memiliki masalah kesuburan, mungkin perlu juga mempertimbangkan -seperti halnya mengubah makanan Anda- untuk menukar tempat menyimpan ponsel," tambahnya.

You may like these posts