-->

Ajaib, Pohon Setinggi 4 Meter Ini Bisa Digunakan Untuk Mengisi Baterai Ponsel dan Wifi

Biasanya, untuk dapat mengisi ulang atau mere-charge baterai ponsel dibutuhkan sebuah alat pencatu daya ( charger ). Dimana sumber dayanya bisa diambilkan dari listrik PLN ataupun dari sumber alam lainnya. Misalnya baterai charger ponsel bertenaga petir sebagaimana yang dikembangkan oleh Nokia.
Bisa dilihat di bawah ini :
Demikian pula ketika harus ber-wifi ria.
Harus ada sumbernya dan harus ada pula peralatan pemancarnya.

Namun apa yang ada di Inggris ini nantinya akan menjadi sebuah hal yang “ajaib”.

Sebab ternyata di Inggris akan ada sebuah pohon, dimana pohon tersebut bisa digunakan untuk mengisi ulang atau recharge baterai ponsel dan juga bisa untuk ber wifi ria secara gratis.

Pohon “ajaib” tersebut tingginya sekitar 4 meter, dan berada di pusat kota Bristol, Inggris.

Bagaimana bisa pohon ini bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel dan untuk berwifi ria ?
Sebagaimana dilansir dari laman BBC, dikabarkan di pusat kota Bristol, Inggris, akan dibangun sebuah "pohon berpanel surya" setinggi empat meter.
Pohon panel surya ini akan dibuat untuk menggantikan sebuah pohon asli yang sudah tua di Lapangan Millennium.

Pohon ini nantinya akan bisa digunakan untuk mencharger baterai ponsel dan berwifi ria, sebab pohon ini akan dibuat dari besi yang memiki 36 lempengan panel surya sebagai daunnya.

Dengan adanya lempengan panel surya inilah, pohon ini memiliki daya yang cukup untuk mengisi ulang baterai ponsel dan untuk wifi.
Karena itu nantinya juga akan dibangun bilik-bilik untuk mengisi baterai ponsel dan disediakan wi-fi gratis.
Pohon bertenaga surya ini akan ditanam di antara semak-semak sebagai bagian dari proyek Kota Hijau Bristol 2015. Dan rencananya akan segera dipasang pada bulan Maret tahun 2015 ini.

Menurut Dan Quiggin, dari Demand Energy Equality yang menginisiasi ide ini, mengatakan bahwa "obyek yang spektakuler" itu dibuat untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu energi.
"Ukuran dibuat seperti pohon taman besar, jadi memang cukup besar," kata Quiggin lebih lanjut .
"Orang bisa duduk di sekitar pohon dan mengisi baterai ponsel mereka dan bisa menikmati wi-fi gratis."

Pohon bertenaga surya ini dirancang oleh seorang artis pematung lokal bernama John Packer.
Dalam pernyataannya, Parker mengatakan : "Panel surya meniru proses daun untuk mengumpulkan dan mengubah energi matahari sepanjang hari,"
Di Bristol pula, sebelumnya telah dioperasikan sebuah sarana angkutan umum, berupa bus yang bahan bakarnya menggunakan kotoran manusia dan sampah sisa-sisa makanan.

You may like these posts