-->

6 Hal Ini Wajib Diketahui Saat Membeli Rumah

Salah satu moment yang membahagiakan bagi sebuah keluarga adalah ketika bisa membeli rumah tempat tinggal sendiri.
Hanya saja karena diliputi keinginan yang meluap dan kegembiraan sesaat, terkadang agak terlena, melupakan dan mengabaikan beberapa informasi tentang rumah yang akan dibeli, yang sebenarnya sangat penting.
Sebab, membeli sebuah rumah - bukan rumah baru atau perumahan - boleh dikatakan gampang-gampang susah.

Kadang kala satu rumah yang tampak begitu bagus, ternyata malah memiliki masalah yang serius.

Karena itu agar tidak timbul sesal di kemudian hari, setidaknya ada 6 Informasi yang wajib diketahui ketika membeli sebuah rumah.


1. Mengapa rumah tersebut dijual ?

Ini merupakan informasi yang paling penting untuk diketahui. Dari informasi ini dapat ditaksir dan diketahui berapa kisaran “harga yang pantas” untuk rumah tersebut sebanding dengan kondisi rumah yang sebenarnya. Ketika sebuah rumah dijual dalam keadaan sangat mendesak “segera dijual”, karena terlilit masalah keuangan misalnya, maka harganya umumnya akan sedikir “miring”.

2. Bagaimana status dari rumah yang dijual ?

Point pertama sangat penting dan menentukan. Namun jangan terlena. Terkadang pembeli mendapati harga sebuah rumah yang begitu murah. Namun setelah ditelusuri, rumah tersebut dijual karena dalam masalah atau sengketa.
Karena itu sebelum membeli, pastikan status dari rumah yang akan dibeli benar-benar aman.
Meskipun secara prinsip masalah tersebut masih bisa terselesaikan, namun tetap beresiko tinggi dan sering membuat pusing.

3. Persitiwa apa yang pernah terjadi pada rumah tersebut ?

Kadangkala didapati sebuah rumah yang kondisinya sangat layak – bahkan menggiurkan – tetapi dijual mendesak dan dengan harga murah. Banyak yang kepincut dengan hal ini. Namun sebaiknya hati-hati. Setelah ditelusuri ternyata seringkali terjadi peristiwa-peristiwa yang tidak menyenangkan dalam rumah tersebut.
Misalnya, pernah beberapa kali dijadikan tempat bunuh diri atau tempat pembunuhan, penghuni rumah sering mendapat gangguan dan sebagainya. Meski ada beberapa orang yang mengabaikan hal ini, namun sebaiknya menjadi bahan pertimbangan.

4. Apakah ada masalah dengan konstruksi bangunan rumah ?

Terkadang sebuah rumah tampak mulus dan memikat. Namun setelah ditelusuri ternyata bagian dasar pondasinya banyak yang berongga sehingga rawana ambrol. Karena itulah rumah ini dijual murah.
Oleh sebab itu jangan terpikat dengan yang kasat mata saja. Sebaiknya telusuri dan teliti setiap bgian rumah sebelum membeli, sampai ke jeroannya. Termasuk pada potensi-potensi yang membahayakan bangunan rumah.
Semisal bangunan rumah yang terletak di dekat jalan raya atau tanah yang labil, konstruksi pondasinya seharusnya berbeda dengan rumah yang terletak di tanah yang stabil, dan sebagainya.

5. Bagaimana dengan fasilitas infrastruktur yang tersedia di sekitar lokasi rumah ?

Bisa jadi menemukan sebuah rumah yang benar-benar sempurna. Baik dari segi harga, konstruksi sampai designnya. Namun rumah tersebut berada di lokasi “tempat jin buang anak” jauh dari mana-mana, tidak ada satupun fasilitas infrastruktur yang menunjang aktivitas harian.
Benar, harga rumah murah, namun pada akhirnya akan menjadi mahal. Karena harus mengeluarkan biaya lebih saat harus mendapat fasilitas infrastruktur atau layanan publik. Pertimbangkan juga hal ini.

6. Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan rumah ?

Terakhir, jangan lupa cari informasi tentang hal ini. Sebab ketika membeli rumah dengan biaya perawatan yang begitu tinggi, bisa-bisa menangis di kemudian hari.

Lihat juga :

You may like these posts