-->

4 Cara Membaca Tulisan Rahasia Tersembunyi Yang Ditulis Dengan Invisible Ink

Jika termasuk menyukai novel detektif – misteri macam Sherlock Holmes, anda pasti mengetahui atau pernah mendengar tentang apa itu “ invisible ink” atau “tinta rahasia”.
Disebut dengan tinta rahasia, sebab sebuah kertas yang ditulis dengan tinta jenis ini, maka tidak akan dapat dibaca oleh orang lain. Karena memang tidak kelihatan.

Orang baru bisa membaca tulisan yang ditulis dengan invisible ink ini, jika ia mengetahui cara rahasia untuk membacanya.

Atau contoh yang paling popular adalah seperti pada adegan film National Treasure yang dibintangi oleh Nicholas Cage.
Karena harus melacak dan menemukan sebuah harta karun dunia yang tidak ternilai harganya, Cage terpaksa harus terlebih dulu menelusuri satu persatu petunjuk rahasia yang tersembunyi.
Dan sialnya, untuk menemukan salah satu petunjuk yang dibutuhkan, Cage dipaksa harus mencuri dokumen asli Deklarasi Kemerdekaan Amerika yang tersimpan rapat di Gedung putih. Cage akhirnya nekat mencuri dokumen yang paling bersejarah bagi bangsa Amerika ini, dengan segala resikonya.
Sialnya lagi, setelah berhasil dokumen dicuri, ternyata dokumen Deklarasi Kemerdekaan Amerika ini tidak menunjukkan adanya tulisan ( petunjuk ) yang bisa dibaca.
Sebab petunjuk yang tersembunyi itu ditulis dengan invisible ink, sehingga tidak kelihatan dengan mata dan cara biasa.

Untunglah ada sang ayah, yang berhasil memecahkan teka-teka ini.
Sebab sang ayah ternyata mengetahui cara rahasia membaca tulisan yang tidak kelihatan karena ditulis dengan invisible ini atau tinta rahasia ini.
Itu kurang lebih penggalan ceritanya.

Lalu bagaimana seandainya anda mengahadapi keadaan yang serupa ?
Harus membaca sebuah dokumen yang teramat penting, namun tulisannya tidak terlihat atau terbaca karena ditulis dengan tinta rahasia.

Untuk memecahkan teka-teki seperti ini, anda bisa gunakan 4 Cara Rahasia Membaca Tulisan Yang Tidak Kelihatan Yang Ditulis Dengan Invisible Ink.


Hanya saja, yang perlu diketahui memang ada begitu banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat sebuah invisible ink atau tinta rahasia.
Jenis-jenis bahan dan tinta yang digunakan, diantaranya bisa dilihat dibawah ini :

Jadi untuk memecahkan teka-teki, yang perlu diketahui adalah mengetahui jenis tinta rahasia yang digunakan.

1. Jika kertas ditulisi dengan menggunakan tinta rahasia yang terbuat dari Ammonium Chlorida.

Sebuah kertas yang ditulisi dengan tinta ini, ketika didekatkan pada nyala api yang kecil atau dipanaskan dengan dipres menggunakan setrika, maka tulisan yang sebelumnya tidak kelihatan akan tampak.

2. Jika kertas ditulisi dengan menggunakan tinta rahasia yang terbuat dari Caustic, PP dan Aceton

Tulisan rahasia yang ditulis dengan tinta ini, baru akan kelihatan tulisannya jika ditiupkan atau didekatkan dengan uap ammonia.

3. Jika kertas ditulisi dengan menggunakan tinta rahasia yang terbuat dari Cobalt Chloride dan Mucilago of acacia

Untuk membaca tulisan yang tidak tampak yang ditulis dengan tinta rahasia ini, adalah dengan memanaskannya. Ketika dipanaskan maka akan tampak tulisannya yang berwarna biru, namun telah dingin akan menghilang kembali.

4. Jika kertas ditulisi dengan menggunakan tinta rahasia yang terbuat dari Cobalt chloride dan Gliserin

Tulisan rahasia yang dibuat dengan invisible ink ini ketika telah kering tulisannya akan hilang, namun akan kelihatan kembali ketika didekatkan diatas api.

Lihat juga :

You may like these posts