-->

Rumah Oval Berasal Dari 10. 000 Tahun Yang Lampau

Para ahli sejarah telah menemukan rumah purba yang dinamakan dengan "Rumah Oval".Hebatnya, Rumah Oval ini diduga kuat berasal dari 10.000 tahun yang lampau.

Menurut pelajaran yang diberikan di sekolah ( dulu ), sejarah manusia dimulai ketika ditemukan dian digunakan tulis menulis. Dimana pada masa itu, manusia telah dianggap hidup secara "lebih teratur" dan memiliki tempat tinggal ( rumah ) sendiri. Meski jangan dibayangkan dan disamakan “rumah” jaman dulu dengan rumah seperti pada jaman modern ini.

Dan menurut catatan pula, “sejarah” manusia dimulai “baru” dalam beberapa ribu tahun lalu. Dan masa-masa sebelum sejarah manusia tercatat, biasa disebut dengan masa pra sejarah.
Dimana pada masa ini, dipercaya manusia ( jika digolongkan sebagai Homo Sapiens ) masih hidup secara nomaden. Berpindah-pindah mengikuti pola bahan makanan.
Sehingga diduga kuat, manusia pada saat pra sejarah tersebut belum sempat dan belum mampu untuk membangun sebuah rumah tempat tinggal.
Sebab ketika manusia bersejarah butuh tempat berteduh dan bernaung, dipercaya mereka melakukannya di gua-gua atau pohon yang tinggi dan rindang.

Tetapi benarkah demikian ?
Analisis dan pendapat seperti ini sepertinya akan segera gugur.

Sebab di sebuah pinggiran Edinburgh, Skotlandia, telah diketemukan sebuah rumah purba. Dan rumah purba ini diperkirakan telah dibangun pada sekitar 10.252 tahun yang lampau !


( Catatan : sejarah manusia modern dipercaya, dimulai kurang dari 10.000 tahun yang lalu )

Para ahli sejarah telah menemukan sebuah bekas pondasi berbentuk yang oval, lubang bekas penyangga dinding dari kayu, serta sejumlah benda lainnya , seperti sisa-sisa tungku, dan bahkan arang kulit kemiri.
Rod McCullagh, arkeolog senior di lembaga Historic Scotland, menjelaskan :
"Ini penemuan penting karena benda-benda ini menjadi bukti salah satu rumah tertua di Skotlandia,"
Ia selanjutnya juga menambahkan bahwa mungkin penghuni rumah tersebut masuk ke pinggiran Edinburgh setelah era es mencair di zaman Mesolitikum.

Awalnya, rumah purba ini ditemukan oleh tiga petugas yang melakukan survei untuk membangun penyeberangan sungai di daerah Echline, di South Queensferry, yang letaknya tidak jauh dari Edinburgh.

Dari bentuk pondasi yang tersisa, para arkeolog memperkirakan bahwa bentuk rumah purba tersebut seperti tenda, dengan dinding dari tanah liat yang disangga dengan kayu. Sedangkan arang kulit kemiri menunjukkan jenis makanan yang dikonsumsi oleh penghuni rumah tersebut, kata para ahli.
Namun arkeolog juga menyatakan ada kemungkinan rumah purba ini tidak dihuni sepanjang tahun dan hanya ditempati di musim dingin.
Simak juga :

You may like these posts