-->

Trik Membuat Cairan Bisa Mengalir Ke Atas Melawan Gravitasi. Bisa Dicoba

Ada sebuah trik sederhana dimana kamu bisa membuat suatu cairan akan bisa mengalir ke atas dengan melawan arah gravitasi bumi.

Sesuai dengan hukum fisika yang diajarkan sedari kecil, semua benda di bumi akan terpengaruhi oleh hukum gravitasi ( gravity ). Meski besaran nilai gravitasi yang dialami akan berbeda-beda sesuai tempatnya. Namun yang pasti semuanya akan terikat dengan gravitasi.
( Kecuali pada beberapa peralatan khusus yang memang dirancang sebagai mode anti gravitasi. Perangkat pelatihan ruang hampa udara atau ruang angkasa, misalnya ).

Itu artinya, semua benda di bumi, apabila dijatuhkan maka benda tersebut akan selalu meluncur ke bawah, bukan ke atas. Dalam hal ini termasuk juga suatu cairan.

Bisa diperhatikan contohnya, air yang jatuh dari atas ( langit ) akan meluncur turun sebagai titik-titik hujan. Sedangkan jika diberikan media, maka cairan akan mengalir, namun tetap mengarah ke bawah, dari tempat yang tinggi menuju ke tempat yang rendah.
Namun ternyata cairan / air memang ajaib.

Jika anda termasuk salah seorang yang mengikuti blog ini, pasti sudah membaca bahwa “keajaiban air” yang bisa meledak sendiri.
Bagi yang belum melihat keajaiban air ini, bisa dilihat di bawah ini :

Dan keajaibannya ternyata tidak hanya itu saja.

Tahukah Anda Jika cairan Ternyata Bisa Mengalir Ke Atas Melawan Gravitasi ?

Artinya ?

Tidak selalu seperti yang diketahui selama ini, dimana sifat cairan yang selalu mengalir dari tempat yang tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah, cairan juga memiliki kemampuan ajaib untuk mengalir ke atas melawan gravitasi.

Penjelasannya ?
Sebagai Ilustrasi mudahnya, anda duduk di satu kursi, dan teman anda duduk di kursi lainnya.
Kemudian anda dan teman anda “bertukar tempat”, ganti kursi.
Fenomena “tukar tempat” ini juga bisa dilakkan oleh suatu cairan. Namun tukar tempat yang dilakukan cairan ini tidak secara horizontal ( kalau yang seperti ini sudah biasa ) tetapi secara vertikal, cairan mengalir ke atas.

Bagaimana pembuktiannya ?
● Siapkan 2 buah gelas.
Dengan ukuran dan bentuk yang sama ( terutama diameter lubangnya ).

● Isi satu gelas dengan whisky.
Satu gelas lainnya diisi dengan air biasa, dan ditutup dengan kartu remi. Kedua gelas harus benar-benar penuh, tetapi tidak tumpah.

● Angkat gelas yang berisi air dengan tetap menutupnya secara rapat dengan kartu remi.


Lalu dengan hati-hati balikkan gelas tersebut ( usahakan air tidak tumpah ) dan letakkan secara tepat di atas mulut gelas yang berisi whisky.

● Kemudian tarik secara perlahan kartu remi yang masih menutupi gelas air yang telah terbalik.

Apa yang terjadi ?
Air akan bercampur dengan whisky ?

Tidak sama sekali.
Alih-alih bercampur, antara air dan whisky malah bertukar tempat.
Whisky malah mengalir ke atas melawan gravitasi menggantikan tempat pada gelas di bagian atas.

Bagaimana keajaiban ini bisa terjadi ?

Hal ini bisa terjadi dikarenakan wiski memiliki kandungan alkohol sebesar 40% dan mempunyai kepadatan (densitas) yang lebih rendah daripada air biasa.
Ketika kartu yang memisahkan kedua gelas ditarik digeser maka menimbulkan sebuah celah kecil antara kedua mulut gelas.

Meski tidak terlihat oleh mata, pada saat ini air sebenarnya mulai merembes. Dan karena Wiski memiliki densitas yang lebih ringan maka whiski akan dipaksa "ditendang" keluar dari ke gelas di bagian bawah bertukar tempat menuju gelas yang di atasnya.

Untuk mempraktekkan keajaiban air yang satu ini memang butuh latihan dan kesabaran - terutama untuk membalikkan gelas air dan menempatkannya tepat di atas mulut gelas whisky.
Dan ketika anda telah berhasil setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk proses pertukaran tempat berlangsung sempurna..

You may like these posts