8 Hal Yang wajib Diketahui Untuk Kemanan dan Kenyamanan Dalam Pesawat Terbang

8 Hal Yang wajib Diketahui Untuk Kemanan dan Kenyamanan Dalam Pesawat Terbang

Apa saja yang harus diketahui oleh penumpang untuk kenyamanan, keamanan dan keselamatan ketika berpergian dengan pesawat terbang ?

Inilah 8 Hal Yang wajib Diketahui Untuk Kemanan dan Kenyamanan Dalam Pesawat Terbang :

1. Ponsel
Semua ponsel dan atau peralatan elektronik lainnya yang menggunakan pemancaran radio tidak diperbolehkan dihidupkan atau digunakan selama berada dalam pesawat. Sebab peralatan ini bisa mengganggu navigasi dan komunikasi pesawat dengan menara pengawas.

2. Peralatan elektronik
Untuk penggunaan laptop dan PDA masih boleh digunakan setelah tanda fasten seatbelt OFF, namun dengan menggunakan flight mode. Apabila kemudian fasten seatbelt ON ketika persiapan untukmendarat, maka penumpang diharuskan mematikan penggunaan laptop dan PDA

3. Barang-barang berbahaya dalam pesawat
Yang dimaksud barang-barang berbahaya antara lain : barang yang mudah terbakar, mudah meledak, material yang mengandung magnet, baterai, tabung gas, tidak diperbolehkan dibawa ke dalam pesawat.

4. Perjalanan dengan anak
Pada beberapa maskapai penerbangan telah disediakan fasilitas untuk bayi dan anak. Misalnya air panas untuk membuat susu. Makanan bayi dan popok biasanya tidak disediakan untuk rute penerbangan domestik.

5. Utamakan keselamatan
Sabuk pengaman harus selalu terpasang sewaktu pesawat take off dan landing . Bahkan sangat dianjurkan untuk memasang seat belt selama penerbangan. Barang-barang bawaan harus diletakkan pada jok bagasi di atas kepala dan atau di bawah kursi di depan penumpang.
Sebaiknya selalu membaca kartu instruksi keselamatan yang terdapat dalam kantung kursi. Dengan kartu instruksi juga akan diketahui dimana letak pintu darurat dan jaket pelampung diletakkan.
Perhatikan juga dengan seksama demo keselamatan dan instruksi yang diperagakan oleh cabin crew.

6. LAGs
Sesuai standard penerbangan, jumlah barang-barang liquid, aerosol, gel, parfum, hairspray, deodorant, pasta gigi dan sebagainya di dalam kabin snagat dibatasi.
Jumlah yang masih boleh dibawa untuk masing-masing item maksimal 100 ml dan total untuk keseluruhan item adalah maksimal 1 liter.
Barang-barang tersebut harus dimasukkan ke dalam kantong plastik transparan. Aturan ini berlaku untuk seluruh penerbangan rute interbasional, ke dan dari seluruh negara.

7. Bagasi
Barang atau benda tajam harus dipak dalam bagasi dan tidak diperkenankan untuk dibawa ke dalam bagasi kabin. Disarankan membawa benda berharga dalam tas yang dibawa sendiri ( tas tangan ).
Ketentuan untuk bagasi penumpang :
● Carry on baggage atau bagasi kabin tidak boleh lebih dari 7 kg.

● Bagasi untuk rute penerbangan domestik :

- Kelas ekonomi = 15 kg
- kelas Bisnis = 30 kg

● Bagasi untuk penerbangan Internasional

- kelas ekonomi = 15 kg
- Kelas Bisnis = 30 kg

8. Merokok
Peraturan Pemerintah melarang kegiatan merokok selama dalam penerbangan. Terdapat detektor asap di semua toilet dan akan dikenai sanksi bagi yang melanggar peraturan.

Simak juga :

Bila Artikel Ini Bermanfaat, Tolong Bagikan :

Related Posts:
Disqus Comments