-->

Sifat Ajaib Air, Ternyata Air Bisa Meledak Sendiri

Air, merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi mahluk hidup. Dan sebagai zat yang menutupi hampir sebagian besar permukaan bumi, air sangat mudah ditemukan. Terlebih di Indonesia yang beriklim tropis. Sehingga karena begitu mudah ditemukan dan selalu digunakan dalam aktivitas manusia di setiap saat, sering kali orang-orang kurang memperhatikan air, bahkan ada beberapa yang cenderung mengabaikannya.

Padahal jika mau mencermati, ternyata air juga memiliki sifat-sifat yang cukup “ajaib” selain sifat air yang biasa dikenali selama ini.

Salah satu contohnya, air – ketika sudah berubah bentuk menjadi es – ternyata malah bisa digunakan untuk membuat api. Padahal selama ini, yang umum diketahui adalah bahwa air memiliki sifat yang berlawanan dengan api, sehingga air selalu digunakan untuk media pemadaman api yang efektif.
Bisa dilihat disini :

Kemudian sifat “ajaib” dari air yang lainnya adalah, ternyata air juga bisa meledak sendiri.

Orang umumnya pasti menyangka bahwa air yang bisa meledak karena adanya “sesuatu” tambahan bahan tertentu atau campuran bahan kimia lainnya.
Namun dalam hal ini ternyata bukan.
Bahkan tanpa bahan tambahan apapun air ternyata memang bisa meledak sendiri.
Ini adalah benar-benar murni air. Tanpa tambahan dan campuran apa-apa. Dan air ini bisa meledak !

Bagaimana air bisa meledak sendiri ?

Air yang bisa meledak adalah air yang telah mencapai “proses superheating”.

Penjelasannya sangat sederhana.
Semua orang , termasuk Anda setidaknya pasti pernah memasak ( baca : mendidihkan ) air.
Ketika dipanaskan secara terus menerus, maka air akan mencapai titik didihnya.
Yaitu kondisi dimana air “bersiap-siap” akan mulai membentuk uap.
Secara visual, dapat dilihat, pada kondisi air yang mendidih ditandai dengan timbulnya gelembung-gelembung yang naik ke atas permukaan.
Gelembung ini sebenarnya bisa disebabkan oleh adanya kandungan ( biasanya berupa mineral ) di dalam air atau juga karena permukaan wadah yang cacat.

Kembali kepada proses superheating. Apa itu superheating ?

Proses superheating secara sederhana dapat dijelaskan sebagai proses untuk membuat air berada dalam kondisi di atas titik didihnya, tetapi secara fisik tanpa terlihat mendidih ( tidak terlihat timbulnya gelembung, seperti ketika memasak air dengan pemanasan biasa ).
Kondisi air superheating ini dapat dicapai dengan cara menggunakan air distilasi, yaitu air yang benar-benar murni tanpa mineral ( atau aquadest ) , dan menempatkannya dalam suatu wadah yang benar-benar mulus tanpa cacat.

Setelah itu air dalam wadah dimasukkan ke dalam microwave, dan dipanaskan hingga di atas titik didihnya. Sehingga selama proses pendidihan, air dalam keadaan tenang, tidak timbul gelembung dan gejolak.
Nah, setelah kondisi seperti ini telah tercapai, cobalah masukkan sembarang benda ke dalamnya.
Apa yang akan terjadi ?
Maka anda akan mendapatkan sebuah ledakan di depan mata kepala anda.

Dan yang meledak adalah air yang berada pada kondisi superheating tadi. Air, benar-benar meledak !

Masih tidak percaya ?
Coba saja sendiri, namun hati-hati.

You may like these posts