-->

Cara Mudah Membersihkan dan Merawat Kamar Mandi

Artikel singkat ini akan menjelaskan bagaimana cara mudah untuk membersihkan dan merawat kamar mandi anda.

Bersih-bersih kamar mandi mungkin bukan merupakan kegiatan membersihkan rumah yang disukai oleh anggota keluarga. Membayangkan usaha keras yang dibutuhkan untuk menghilangkan kerak kapur dari keran dan bak mandi sampai menggosok toilet hingga bersih terkadang membuat kita enggan mengerjakannya.

Tetapi kamar mandi adalah bagian dari rumah yang sering kita gunakan, terlebih jika Anda mempunyai anggota keluarga yang banyak.
Hal ini akan membuat ruangan ini terus menerus dalam keadaan lembab yang membuat jamur mudah terbentuk.

Lakukan Secara Rutin

Walaupun tips ini sering kita abaikan, membersihkan kamar mandi langsung setelah kita gunakan, walaupun dengan singkat, akan membantu menjaganya selalu bersih.
Tidak peduli seberapa keras Anda membersihkannya hingga mengkilap setiap bulan, kamar mandi yang kita pakai sehari-hari akan segera mengumpulkan jamur dan kerak sisa-sisa sabun jika lembab dan tidak kita bersihkan setiap hari.

Lalu bagaimana caranya kita membersihkannya secara singkat ?


• Setiap sehabis mandi, luangkan waktu untuk melap hingga kering dinding kamar mandi, bathtub, kaca dan cermin yang basah. Ini hanya butuh waktu semenit, tapi hasilnya akan sangat terlihat.
• Lihat lantai kamar mandi, mungkin Anda tidak sengaja menjatuhkan pasta gigi, segera bersihkan dengan air. Bersihkan juga bagian saringan air di wastafel atau lantai, mungkin ada helai rambut atau benda-benda lain tertinggal.
• Jika kamar mandi Anda terdapat jendela, buka jendela setiap habis digunakan agar ada pertukaran udara. • Buka pintu kamar mandi atau bilik shower untuk membiarkan udara keluar sehabis digunakan, terlebih jika Anda menggunakan air hangat saat mandi.
Bersihkan Secara Menyeluruh Tiap Bulan

Pemilihan cairan pembersih yang berkualitas baik merupakan hal yang penting untuk memastikan noda-noda hilang. Tapi tidak hanya itu saja, cairan pembersih juga harus ramah lingkungan dan aman bagi manusia.
Walaupun sudah banyak cairan pembersih yang aman, ada baiknya selalu gunakan sarung tangan dan alat keselamatan lainnya saat bersentuhan dengan cairan ini serta selalu ikuti petunjuk penggunaannya.

Anda dapat menggunakan cairan pembersih yang dapat dibeli di supermarket atau menggunakan pembersih alami yang mungkin sudah tersedia di rumah Anda seperti cuka dan baking soda.
Dapatkan informasi lebih banyak di Bersih bersih untuk menemukan saran menggunakan pembersih alami beserta tips membersihkan rumah yang dapat Anda manfaatkan.
Setelah Anda siap dengan alat dan cairan pembersih, lakukan pembersihan menyeluruh bagian-bagian kamar mandi dibawah ini paling tidak sebulan sekali.
Selalu ingat untuk mengacu pada instruksi penggunaan dan mencoba metode menghilangkan noda di bagian tersembunyi terlebih dahulu.

1. Keset dan karpet
Benda ini menjadi tempat berkumpulnya bakteri jika tidak sering dibersihkan.
Siapkan air hangat dan tambahkan 2 cangkir pemutih atau pembersih komersil lalu rendam karpet dan sikat hingga bersih.
Untuk keset, Anda bisa membersihkan dengan mengibaskannya untuk menjatuhkan kotoran yang ada di permukaannya lalu menyikat kotoran yang sudah terlanjur menempel.
Beberapa keset berbahan kain juga dapat dengan mudah dibersihkan di dalam mesin cuci.

2. Bak mandi dan bathtub
Untuk bak mandi, Anda perlu membuang sisa-sisa airnya yang tercampur dengan sabun. Jangan lupa untuk membersihkan sudut-sudut bagian yang menempel ke tembok atau lantai.
Biasanya bagian ini mudah sekali untuk kotor.

3. Toilet
Ini mungkin merupakan bagian yang paling kita hindari.
Bersihkan toilet secara menyeluruh, jangan lupa untuk mengangkat dudukan dan membersihkan bagian bawah dan sela-selanya.
Untuk bagian luar, Anda dapat menggunakan disinfektan atau tisu anti bakteri.
Gunakan 3 cangkir cuka putih ke dalam toilet untuk mencegah kerak kapur terbentuk.
Minuman cola bersoda juga ternyata efektif membunuh bakteri dan gelembung sodanya akan membantu membersihkan kerak kapur.

4. Lantai dan dinding
Daerah ini adalah yang pertama terlihat saat Anda masuk kamar mandi.
Gunakan cairan pembersih khusus lantai kamar mandi, jangan lupa kerjakan dengan ventilasi yang cukup. Untuk bagian-bagian yang terkena jamur, mungkin Anda harus melakukan pembersihan ekstra dengan menggunakan penghilang jamur khusus.
Bilas lantai kamar mandi Anda hingga cairan benar-benar hilang supaya aman digunakan dan lantai tidak menjadi licin.

5. Keran, shower dan aksesoris kamar mandi lainnya
Lanjutkan dengan membersihkan keran, shower serta aksesori lainnya seperti cermin, tirai shower, tempat sikat gigi dan sebagainya.
Untuk membersihkan bilik shower dan cermin, gunakan pembersih kaca.
Tirai shower dapat dicuci dengan merendamnya dalam air hangat dan sabun lembut.
Bagian yang berbahan aluminium harus dibersihkan dengan cairan pembersih khusus untuk membuatnya mengkilap kembali.
Bersihkan kepala shower dalam campuran cuka atau deterjen beberapa jam agar kotorannya terangkat.

Dengan langkah-langkah ini niscaya kamar mandi Anda akan selalu tampak bersih, wangi dan nyaman digunakan.

Simak juga :

You may like these posts