-->

Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan Di Bank Mandiri

Sebagaimana ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah, untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan dapat dilakukan oleh bank yang ditunjuk, yaitu : bank Mandiri, bank BRI dan bank BNI.


Peserta BPJS dibebaskan untuk memilih salah satu bank tersebut, baik untuk pelayanan ataupun pembayaran.

Dan untuk kemudahan peserta,pembayaran iuran BPJS Kesehatan ini dapat dilakukan dengan 2 metode, yaitu :

1. Pembayaran iuran BPJS Kesehatan langsung kepada teller bank
2. Pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui kartu ATM.

Bagi peserta yang baru saja mengikuti program BPJS Kesehatan ini, mungkin masih agak sedikit bingung dan timbul pertanyaan : bagaimana cara membayar iuaran BPJS Kesehatan melalui bank ?

Untuk itu pada posting ini akan dibagi tentang bagaimana tata cara melakukan pembayaran iuran BPJS kesehatan bagi peserta program ini.
Namun sebagai contoh, disini hanya diberikan untuk salah satu bank saja, yaitu melakukan pembayaran BPJS Kesehatan melalui bank Mandiri.
Tata caranya kurang lebih sebagai berikut :

1. Tata cara Pembayaran iuran BPJS Kesehatan langsung kepada teller bank Mandiri

- Ambil formulir aplikasi setoran / transfer
- Isikan kolom yang tersedia, antara lain : tanggal setoran; nama pengirim, alamat dan nomor telepon, penerima ( diisi dengan BPJS kesehatan) serta nama peserta dan nomor rekening yang diisi dengan nomor virtual account peserta BPJS.
- Untuk pengisian nomor virtual account harus menambahkan 5 digit angka sesuai bank tempat bertransaksi dan menghilangkan 2 digit angka didepannya pada kartu BPJS peserta.
- Ketentuan 5 digit angka untuk Bank BNI dan BRI adalah berupa angka 88888. Sedangkan untuk Bank Mandiri berupa angka 89888
- Baru setelah itu diikuti dengan nomer kartu BPJS Kesehatan perorangan yang telah dihilangkan angka awal yang tertera pada kartu BPJS kesehatan.
- Misal : (00) 01261766395 maka hanya akan menjadi 89888 01261766395.
- Setelah melakukan pembayaran sesuai besarnya iuran, maka akan mendapatkan print out bukti pembayaran atau validasi bank.

2. Pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui kartu ATM Bank Mandiri

- Kunjungi dan gunakan mesin ATM terdekat
- Masukan kartu ATM Bank Mandiri dan ketik nomor PIN seperti biasanya
- Pada menu utama pilih bayar/beli
- Pada menu bayar/beli, pilih “lainnya”
- Lalu pilih “BPJS”, kemudian pilih “BPJS kesehatan”
- Lalu pilih “individu”
- Maka akan muncul tampilan layar dimana anda harus memasukkan nomor virtual account BPJS kesehatan - Lalu ketikkan nomor peserta BPJS dengan menghilangkan 2 angka di depan ( lihat contoh pada pembayaran melalui teller ). Misalnya 89888 01261766395
- Lalu pilih “benar”
- Maka akan muncul tampilan masukan jumlah bulan dibayar,
- Ketikkan jumlah bulan yang diinginkan, lalu pilih “benar”
- Muncul tampilan pilih item pembayaran, lakukan pengecekan kembali, apakah sudah sesuai dengan tampilan nama BPJS peserta, nomor virtual accountnya, jumlah bulan yang dibayar dan total pembayarannya - Jika sudah benar, ketik “1” untuk pilihan nomor, lalu pilih “ya”
- Maka transaksi akan diproses
- Simpan struk ATM setoran tersebut sebagai bukti bahwa anda telah membayar BPJS kesehatan individu.

Catatan :
Perlu diingat nomor virtual account peserta BPJS kesehatan bukan dengan menuliskan sesuai dengan angka yang tercantum pada kartu BPJS kesehatan.

Lihat juga :

You may like these posts