-->

Tata Cara Pengajuan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) Di PERTAMINA Untuk Mahasiswa

Tata cara pengajuan Praktek Kerja Lapangan (PKL) berikut ini, mungkin bisa bermanfaat bagi mahasiswa/mahasiswi yang berniat melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PERTAMINA.

Sebagai salah satu persyaratan untuk kelulusan, pada tingkat tertentu mahasiswa diharuskan untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ).
Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) ini biasanya dilaksanakan setelah mahasiswa mencapai jumlah SKS tertentu atau biasanya ketika menjelang semester-semester akhir. Dan umumnya dilaksanakan sebelum melakukan Kuliah Kerja Lapangan ( KKN ), meski di beberapa Universitas ada yang melakukan sebaliknya.

Pada prinsipnya tujuan tempat untuk PKL ini terserah dari masing-masing mahasiswa. Yang penting tempat tujuan PKL tersebut masih sesuai dengan program studi yang sedang dijalaninya. Oleh sebab itu memang begitu banyak perusahaan dan atau institusi yang bisa digunakan sebagai tempat PKL.

Salah satu tempat atau perusahaan yang menjadi favorit untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) adalah PERTAMINA.
Hal ini dikarenakan :

- Di PERTAMINA mempunyai bidang cakupan yang cukup kompleks dan luas untuk bisa dipelajari oleh mahasiswa dari berbagai program studi Termasuk bidang yang terkait dengan teknologi ( teknik ) maupun non teknik.
- Sebagai perusahaan yang sudah cukup usia, PERTAMINA mempunyai pengalaman yang matang dalam hal manajerial, sehingga akan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan mahasiswa PKL
- Merupakan salah satu perusahaan yang bonafid - PERTAMINA biasanya menyediakan beberapa fasilitas untuk mahasiswa PKL yang mungkin tidak bisa didapatkan di perusahaan lainnya
- Dan beberapa alasan lainnya.

Hanya saja bagi mahasiwa yang belum pernah melaksanakan PKL memang sering agak bingung, bagaimana prosedur atau tata cara jika ingin melakukan Kerja Praktek (PKL) di Pertamina?

Bagi mahasiswa yang ingin melaksanakan Kerja Praktek (PKL) di PERTAMINA ( PUSAT ) caranya cukup sederhana.
- Buat serta kirim Surat Permohonan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) secara resmi
- Cantumkan outline bidang yang akan diteliti. Outline bidang yang akan diteliti, biasanya tercakup di dalam Proposal pengajuan.
Untuk format Proposal tergantung dari masing-masing Universitas
- Harus disertai dengan surat keterangan dan atau surat pengantar dari Universitas.
- Semua berkas dikirimkan ke :

MANAJER PUSJARBANG
PIMPT PERTAMINA (PERSERO)
Jl. Sinabung II Terusan Simprug
Kebayoran - Jakarta Selatan 12220
Telp. 021-7262651

You may like these posts