-->

Fungsi Dan Cara Kerja CCTV Dalam Sistem Keamanan Rumah

Apakah menggunakan CCTV memang perlu ?

Lalu, Apa sebenarnya fungsi dan manfaat dari menggunakan CCTV ? Dan Bagaimana cara kerja CCTV ?

Tentang perlu atau tidak perlunya menggunakan CCTV sangat tergantung dari kebutuhan. Sebab pada dasarnya CCTV, “hanyalah” merupakan salah satu peralatan atau perlengkapan pada sebuah sistem keamanan.

Namun dengan menggunakan perangkat CCTV, dalam banyak kasus tindakan kejahatan dan atau dalam mengungkap kasus tindak kejahatan akan sangat membantu. Terutama jika yang harus diamankan mempunyai lingkup yang luas, cakupan waktu yang kontinyu dan lama, serta berhubungan dengan banyak orang.
Sehingga CCTV memang merupakan peralatan pelengkap keamanan yang sangat berguna untuk digunakan pada industri, bandara, pabrik, kantor, dan juga toko.
Bahkan CCTV juga bisa sangat berguna ketika dipasang di rumah atau perumahan.

Namun penggunaan CCTV ( konvensional) tidaklah berarti dapat mencegah tindak kejahatan secara langsung. Kecuali digunakan system CCTV secara online. Dimana pada sistem ini CCTV dapat berfungsi juga sebagai alarm.

Lihat juga :

Apakah CCTV itu ?

CCTV atau Closed Circuit Television atau Televisi sirkuit tertutup pada dasarnya adalah sebuah sistem untuk mengambil gambar ( dan sekaligus menyimpannya ) dengan menggunakan sinyal yang bersifat tertutup, jadi tidak seperti televisi biasa yang merupakan sinyal siaran.

Jadi CCTV pada dasarnya merupakan sebuah kamera pengawas atau surveillence camera system. Sehingga sesuai nama dan definisinya, sebuah sistem CCTV akan terdiri dari 2 buah peralatan utama : Kamera dan DVR (Digital Video Recorder).

Kamera CCTV
Kamera CCTV fungsi utamanya adalah sebagai alat pengambil gambar.

Pada saat ini ada 2 tipe kamera CCTV yang biasa digunakan. Yang membedakannya adalah berdasar segi kualitas, penggunaan dan fungsinya.

1. Kamera CCTV analog
Yaitu kamera yang menggunakan satu solid kable untuk setiap kamera. Artinya, setiap kamera harus terhubung ke DVR atau system secara langsung
2. Kamera CCTV Network
Sering juga disebut dengan IP Kamera. Yaitu kamera yang bisa menggunakan jejaring dan tidak membutuhkan satu kabel khusus untuk setiap kamera dalam pengaksesannya. Penggunaan kamera ini akan lebih hemat dari segi instalasi, sebab karena sifat network dapat dibuat paralel atau bercabang.

DVR

DVR (Digital Video Recorder) merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk merekam semua gambar yang diambil dan dikirim oleh kamera CCTV.

Dan gambar yang disimpan oleh DVR ini dapat dipilih dan diputar ulang sesuai keinginan. Itulah sebabnya rekaman DVR CCTV ini dapat membantu mengungkap tindak kejahatan dan atau dijadikan sebagai tanda bukti rekaman tindakan kejahatan.
Namun, jumlah dan kualitas dari rekaman sebuah DVR tergantung dari kualitas DVR itu sendiri.

Dengan membaca uraian di atas tentu sudah jelas apa manfaat dari menggunakan CCTV. Dan juga bagaimana cara kerja CCTV. Yang secara singkat dapat disimpulkan bahwa menggunakan CCTV akan sangat membantu dalam melakukan upaya pengamanan dan keamanan, termasuk dalam lingkup rumah tangga atau keluarga
Namun pada dasarnya, yang paling menentukan pada akhirya adalah manusia yang berada di belakangnya. Dan sesuai kata bang napi, sebuah kejahatan dapat terjadi, tidak hanya karena adanya niat. Tapi juga karena adanya kesempatan. Jadi waspadalah, waspadalah.

Simak juga :

You may like these posts