-->

Memanfaatkan Ruangan Di Bawah Tangga Secara Kreatif

Terkadang dibutuhkan cara-cara yang kreatif untuk memanfaatkan ruangan yang berada di bawah tangga. Sehingga ruangan yang memang biasanya memang tidak terlalu luas tersebut dapat difungsikan secara maksimal dan efisien, bukannya tersia-sia dan menganggur.

Karena beberapa alasan, sebuah bangunan rumah terkadang (harus) dibuat bertingkat. Alasan yang paling umum adalah untuk efektivitas tata ruang, sebab ketersediaan lahan yang terbatas.

Dengan membuat bangunan bertingkat, maka pemilik bangunan rumah bisa memiliki ruang tambahan lebih meski dengan luasan lahan yang sama.

Namun ketika memutuskan untuk membuat bangunan bertingkat, mau tidak mau harus juga mempergunakan sebuah tangga, untuk menghubungkan lantai bawah dengan lantai diatasnya.

Sedangkan masalahnya ketika mempergunakan tangga adalah, pada umumnya akan selalu ada sebuah ruangan yang mati, atau ruangan yang menganggur, tidak berfungsi.
Yaitu ruangan yang tepat terletak di bawah barisan anak tangga. Dan semakin panjang anak tangga yang digunakan, makin banyak pula ruangan yang tidak dipergunakan.

Padahal , keputusan untuk membuat bangunan bertingkat adalah untuk mensiasati adanya keterbatasan lahan. Namun di satu sisi, dengan menggunakan tangga, selalu saja ada ruang yang “tersia-sia”.
Jadi hampir mirip sebagi sebuah dilema.
Bagaimana cara mengatasinya ?

Anda bisa mencoba menerapkan beberapa Cara Kreatif Memanfaatkan Ruangan Di Bawah Tangga. Apabila dilakukan desain dan penataan dengan baik, ruangan kosong di bawah anak tangga, sebenarnya bisa difungsikan agar tidak sia-sia belaka.

Anda tetap dapat menggunakan ruang di bawah tangga ( yang biasanya tidak difungsikan ) sesuai dengan kebutuhan rumah tangga anda.
Untuk Memanfaatkan Ruangan Di Bawah Tangga ada beberapa alternatif pemanfaatan ruangan yang dapat dipilih, diantaranya :

● Ruang bawah tangga untuk Lemari Penyimpanan

Bentuk ruangan yang sudah tersekat sangat cocok untuk tujuan pemanfaatan seperti ini.
Oleh sebab itu sudah banyak orang yang telah memanfaatkan area bawah tangga sebagai lemari penyimpanan. Baik untuk penyimpanan buku, pakaian atau barang-barang lainnya.
Untuk bisa memanfaatkannya, caranya cukup mudah.
- Buatlah laci-laci atau lemari built-in sesuai ukuran tangga. Kemudian pasangkan sesuai dengan bentuk dan tekstur ruangan di bawah tangga.
- Untuk mengantisipasi adanya hewan pengerat atau rayap, letakkan beberapa butir kamper di dalamnya.

● Ruang di bawah tangga untuk Kamar Tidur Darurat Tambahan

Misal disaat keluarga besar berkunjuing ke rumah, dan menginap maka pada saat seperti itu pasti dibutuhkan banyak area tidur. Karena tata letak ruangan di bawah tangga biasanya telah tersekat, maka sangat cocok untuk tujuan ini.
Caranya ?
- Bersihkan ruangan di bawah tangga,
- Pilih kasur busa atau kasur lantai yang sesuai dengan ukuran lantai di area bawah tangga.
- Letakkan kasur tersebut di ruangan bawah tangga
- Maka secara instant anda telah mempunyai kamar tidur darurat tambahan.

● Ruangan bawah tangga untuk Ruang Belajar atau Ruang Kerja

Ruangan bawah tangga juga idela untuk dimanfaatkan sebagai ruang belajar atau ruang kerja.
Karena letaknya akan memberi situasi yang cukup tenang dan terlindungi.
Untuk memanfaatkan ruang bawah tangga sebagai ruang belajar atau ruang kerja, anda hanya perlu menyediakan meja built -in yang ukurannya sesuai dengan lantai bawah tangga.

● Ruangan bawah tangga untuk Kamar Mandi

Rumah tangga anda butuh kamar mandi ekstra ?
Jangan bingung, ruangan di bawah tangga justru merupakan lokasi yang sangat ideal untuk dijadikan lokais kamar mandi ekstra.
Anda tidak perlu repot-repot membuat bak, cukup hanya dengan memasang pancuran atau shower saja seperlunya.
Simak juga :

● Ruangan bawah tangga untuk taman dalam rumah

Dengan penataan yang tepat ruangan di bawah tangga juga bisa disulap menjadi taman dalam ruangan yang apik dan asri.

You may like these posts