-->

Cara Agar AC Rumah Selalu Dingin

Saat ini penggunaan AC (Air Condioner) atau pendingin ruangan hampir-hampir sudah menjadi kebutuhan wajib bagi masyarakat perkotaan, khususnya di kota-kota besar. Sebab disamping karena “bumi makin panas”, persaingan gengsi juga makin panas. Dan menggunakan perangakat AC pada rumah sedikit banyak akan menaikkan gengsi.

Karena alasan itu, terkadang ditemui para pemilik dan pengguna AC yang tidak mau tahu atau tidak mengetahui sama sekali tentang perangkat AC. Bahkan tidak sedikit pula yang membeli dan memasang AC pada rumah sekenanya.
Coba lihat pada :

Pada dasarnya, tujuan memasang dan menggunakan AC adalah agar dapat melakukan pengaturan suhu pada suatu ruangan secara lebih cepat dan optimal.
Dan agar AC dapat mencapai tujuan ini, syarat yang paling utama adalah kondisi AC yang selalu sehat.

Dan agar AC selalu dalam kondisi yang sehat maka kata kuncinya adalah perawatan yang baik dan benar.


● Hal yang paling berpengaruh pada dingin atau tidaknya AC adalah kelancaran sirkulasi udara.
Untuk itu sangat disarankan untuk membersihkan ( secara rutin ) komponen AC yang berkaitan erat dengan sirkulasi udara. Misalnya saringan udara indoor AC.

● Merokok, selain tidak baik bagi kesehatan, juga tidak baik bagi AC.
Merokok dalam ruangan ber AC menjadikan komponen AC cepat kotor dan suhu ruangan berpengaruh. Akibatnya AC dan atau ruangan ber AC menjadi tidak dingin.
Dalam hal ini termasuk semua aktivitas yang menimbulkan api dan asap di ruangan ber AC.

● Agar pendinginan maksimal, ruangan yang ber AC seharusnya tidak berventilasi.
Adanya ventilasi akan menyebabkan ruangan ber AC tidak akan bisa menjadi dingin. Untuk itu, tutup semua ventilasi udara. Dalam hal ini termasuk pintu dan jendela.

● Sandal ata sepatu ternyata juga akan berpengaruh pada sebuah ruangan ber AC.
Semakin banyak sandal atau sepatu yang keluar masuk ruangan ber AC maka akan semakin berpotensi AC menjadi kotor karena debu dan atau kotoran ringan yang terbawa oleh sepatu atau sandal. Oleh sebab itu sebaiknya taruh sepatu atau sandal diluar ruangan ber AC.

● Tidak seperti yang dikira, cara merawat dan membersihkan AC ternyata cukup mudah.
Bisa dilihat :

Tergantung pada kondisi dan lokasi perawatan AC bisa dilakukan setiap 3 sampai 4 bulan sekali. ( Di beberapa lokasi yang tingkat polusinya parah, mungkin butuh setiap bulan sekali )

● Berbeda dari dugaan kebanyakan orang, AC yang tidak bisa dingin tidak melulu disebabkan karena masalah freon.
Pada dasarnya Freon AC tidak akan berkurang kecuali terdapat kebocoran.
Tanda tanda AC kekurangan Freon adalah keluarnya Es pada pipa kecil yang terlihat di bagian outdoor. Namun yang perlu dipahami adalah, bahwa setiap melakukan servis AC tidak harus mengisi freon ( agar lebih dingin ). Freon baru diisi kembali jika terbukti memang berkurang atau habis.

● Jika pada pipa besar outdoor mengeluarkan bunga es, itu berarti ada masalah pada sirkulasi udara.
Artinya AC kotor berat. Untuk AC yang sehat, yang seharusnya terlihat adalah hanya berupa embunan air.

● Bila unit indoor menyala, kipas outdoor juga nyala, tetapi suhu ruangan tidak dingin, sedangkan AC dan komponennya baru saja dibersihkan maka kemungkinannya adalah terjadi gangguan / kerusakan pada Kapasitor.
Tindakannya : harus diganti. Dalam hal termasuk juga jika Over load putus. Tindakannya : harus diganti.

You may like these posts