-->

Wisata Unik Saat Lebaran Dengan Kereta Api Bergerigi Ambarawa

Ambarawa, terletak di Propinsi Jawa Tengah, yang berjarak hanya beberapa jam perjalanan darat dari Semarang sebagai ibukota Propinsi. Tepatnya sekitar 35 kilometer dari Kota Semarang Jawa Tengah. Berbeda dengan Semarang yang terletak di wilayah pantai, Ambarawa terletak di daerah pegunungan. Sehingga daerah Ambarawa dan sekitarnya mempunyai hawa yang cukup sejuk.
Itulah yang menjadikan daerah Ambarawa dan sekitarnya sering menjadi tujuan wisata.

Disamping itu di sekitar daerah ini banyak terdapat situs peninggalan sejarah yang sangat langka. Kebanyakan candi-candi peninggalan jaman kerajaan Hindu.
Salah satu wisata yang cukup unik di ambarawa adalah wisata kereta api bergerigi.
Mengapa disebut unik ?

Sebab wisata kereta api ini menempuh jalur kereta api yang tidak seperti biasa.
Keunikannya adalah jalur kereta wisata Ambarawa ini menempuh lintasan menanjak ( naik ) ke arah pegunungan. Sehingga digunakan kereta bergerigi.
Dan kereta bergerigi ini – konon – satu-satunya yang ada di Jawa.

Kereta Api / KA wisata Ambarawa merupakan KA lok uap bergerigi yang beroperasi di lintas Ambarawa-Bedono.

Karena struktur geografisnya yang berada di daerah pegunungan maka lintasan Ambarawa Bedono ini disebut dengan nama Railway Mountain Tour.

Keunikan lainnya, selain lokomotif yang digunakan merupakan lokomotif yang sudah sangat tua, yaitu Lok B2503, KA Ambarawa ini menggunakan kereta kayu CR 56-1 DAN CR 63-1.

Namun meski begitu Kereta api ini masih mampu mengangkut hingga 100 penumpang.
Pada paket wisata KA Ambarawa ini, waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam untuk perjalanan pulang pergi ( PP ) Ambarawa-Bedono.

Selain keunikan dari kereta api yang digunakan itu sendiri, daya tarik lain dari wisata kareta api Ambarawa adalah keindahan panorama alamnya.
Terutama pemandangan lembah yang hijau antara Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu dapat disaksikan sepanjang perjalanan, sehingga akan menyejukkan mata.

Dan ternyata lokomotif tua peninggalan Belanda ini ternyata dapat disewa untuk melaksanakan wisata unik ini. Bahkan dari catatan, dalam setiap bulannya Railway Mountain Tour ini rata-rata disewa sebanyak 16 hingga 17 kali.

Dengan keunikan-keunikan tersebut, wisata kereta bergerigi Ambarawa dapat dijadikan salah satu pilihan untuk melakukan wisata saat lebaran.
Dan jika tertarik untuk mencoba melakukan wisata unik saat lebaran dengan rombongan, bisa menyewa kereta bergerigi ini.

Tarif Kereta Api Wisata Ambarawa yang menggunakan Lokomotif Uap ini dapat disewa dengan tarif dan kapasitasnya sebagai berikut :

Ambarawa – Tuntang/Jambu ( PP ) : 1 lok uap + 1 kereta = Rp. 10.000.000
Ambarawa – Tuntang/Jambu ( PP ) : 1 lok uap + 2 kereta = Rp. 12.500.000
Ambarawa – Tuntang/Jambu ( PP ) : 1 lok uap + 3 kereta = Rp. 15.000.000
Ambarawa – Tuntang/Jambu ( PP ) : 1 lok Diesel + 1 kereta = Rp. 5.000.000
Ambarawa – Tuntang/Jambu ( PP ) : 1 lok Diesel + 2 kereta = Rp. 7.500.000
Ambarawa – Tuntang/Jambu ( PP ) : 1 lok Diesel + 3 kereta = Rp. 10.000.000
Ambarawa – Bedono ( PP ) : 1 lok uap + 2 kereta = Rp. 15.000.000

Dan seandainya dalam lebaran nanti ingin mudik dengan cara yang mudah, murah dan aman, dapat melakukan pemesanan tiket kereta api secara online.
Caranya dapat dilihat pada halaman ini :

You may like these posts