-->

Pembagian Kelompok Ujian PRODI SBMPTN 2014

Bagi siswa sekolah menengah atas / SMA yang baru mengalami kelulusan dan berniat akan mendaftarkan dirinya pada penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri, mungkin masih agak bingung tentang bagaimana Pembagian Kelompok Ujian Program Studi SBMPTN 2014.

Pada umumnya Program Studi yang terdapat pada Perguruan Tinggi Negeri ( PTN ) dibagi menjadi dua kelompok. Yaitu :
1. Program Studi Kelompok Sains dan Teknologi atau Program Studi Kelompok Saintek
2. Program Studi Kelompok Sosial Hukum atau Program Studi Kelompok Soshum.

Jadi para siswa yang berniat mendaftarkan diri dapat memilih jurusan sesuai dengan kedua kelompok program studi di atas. Dan para peserta SBMPTN 2014 ini dapat melakukan pememilihan program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti.

Untuk lebih jelasnya, program studi sesuai kelompok ujian yang disediakan oleh Perguruan Tinggi Negeri adalah sebagai berikut :

1. Kelompok ujian Saintek
Pada kelompok ini peserta SBMPTN dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dari kelompok program studi Saintek
2. Kelompok ujian Soshum
Pada kelompok ini peserta SBMPTN dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) progarm studi dari kelompok program studi Soshum
3. Kelompok ujian Campuran
Pada kelompok ini peserta SBMPTN dapat memilih sebanyak-banyak 3 (tiga) program studi yang merupakan campuran dari program studi kelompok sainstek dan kelompok program studi kelompok soshum.

Satu hal yang perlu diketahui oleh siswa peserta SBMPTN, dalam pememilihan program studi, ketentuannya adalah : urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
Sebagai contoh :
Peserta ujian SBMPTN yang hanya memilih 1 (satu) program studi saja, dapat memilih program studi di Perguruan Tinggi Negeri manapun sesuai pilihannya.
Sedangkan untuk peserta ujian SBMPTN yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studinya harus mencakup Perguruan Tinggi Negeri yang lokasinya berada dalam satu wilayah tempat peserta mengikuti ujian.
Setelah itu pilihan program studi yang lainnya diperbolehkan pada Perguruan Tinggi Negeri yang berada di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.

Pada tahun-tahun sebelumnya, dalam pelaksanaan SNMPTN tertulis, pengelompokkan program studi juga seperti di atas, yang agak sedikit berbeda hanyalah istilahnya, yaitu :

a. Kelompok Ujian IPA
b. Kelompok Ujian IPS
c. Kelompok Ujian IPC

Dengan mengetahui Pembagian Kelompok Ujian PRODI SBMPTN 2014 di atas semoga para siswa peserta SBMPTN tidak lagi bingung dan ragu-ragu menentukan pilihannya.
Dan jika anda kebetulan ingin mendaftarkan di Universitas Diponegoro, informasi berikut bisa membantu anda :


Dan ketika anda melaksanakan ujian jangan lupa untuk menguasai tip-triknya. Posting berikut akan bermanfaat bagi anda :

Tetap semangat, semoga sukses.

You may like these posts