-->

Keunikan Brasil dan Asal Mula Nama Brasil Yang Jadi Teka-Teki

Saat ini, gegap gempita Piala Dunia 2014 tengah berlangsung di Brasil satu negara di kawasan Amerika Selatan. Beraneka ragam manusia yang berasal dari berbagai negara tumpah ruah di negara yang dilintasi oleh sungai terpanjang, Sungai Amazon. Dan 2 sungai besar lainnya, sungai Paraná, dan Iguaçu.
Terletak di katulistiwa menyebabkan adanya hutan hujan tropis yang ditumbuhi bermacam fauna. Termasuk komoditas kopi yang merupakan komoditas terbesar di dunia dihasilkan di Negara, yang juga terkenal dengan tarian khas Samba ini.
Uniknya, meski beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi, di Brasil bagian selatan, terkadang malah turun salju.

Keaneka ragaman dan keunikan inilah yang digambarkan pada acara pembukaan ( Opening Ceremony ) Piala Dunia 2014 beberapa waktu lalu.
Pada acara opening ceremonny juga digambarkan keaneka ragaman budaya Brasil.
Sebab Brasil memang merupakan negara yang paling besar dan paling banyak penduduknya di Amerika Selatan. Itulah sebabnya meski bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Portugis, beberapa bahasa lainnya juga digunakan, mulai dari bahasa penduduk asli Brasil serta bahasa para imigran seperti bahasa Inggris, Jerman, Italia, Jepang, dan Korea.


Brasil sendiri sebenarnya terletak di ujung paling timur Benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik. Negara-negara yang berbatasan darat dengan Brasil adalah Uruguay, Argentina, Paraguay, Bolivia, Peru, Kolombia, Venezuela, Guyana, Suriname dan Guyana Perancis.
Dan Karena posisi geografisnya maka sebagian besar wilayah Brasil terletak di dataran tinggi.
Negara Brasil terdiri dari 26 negara bagian (estado) dan 1 distrik federal (distrito federal) dengan kota-kota pentingnya adalah Brasília, São Paulo dan Rio de Janeiro.

Hanya satu hal yang masih menjadi teka-teki tentang negara Brasil.
Yaitu tentang asal usul nama Brazil.
Mengapa menjadi teka-teki ?

Sebab sampai saat nama “Brazil” masih membingungkan para ahli.
Sampai saat ini para ahli bahasa, belum berhasil menemukan etnologi asal usul nama Brazil.
Nama Brazil secara etimologis memang sangat membingungkan. Sebab kata “Brazil” sama sekali tidak merujuk ataupun tidak mirip dengan nama-nama atau bahasa di Eropa atau Amerika Selatan.

Konon, nama Brasil diambil dari nama sebuah kayu lokal Negara ini.

Tapi sebenarnya ada satu teori yang lebih bisa digunakan untuk menjawab dan menjelaskan tentang asal mula nama Brazil.
Di Afrika Utara ratusan kilometer di seberang lautan Brasil ( saat ini ) di antara bangsa Berber terdapat salah satu suku yang disebut dengan suku Birzala. Dan secara keseluruhan, anggota suku Birzala ini disebut dengan Brazil.

Ketika pada masa keemasan khalifah Islam, beberapa anggota dari suku Birzala rupanya juga ikut serta dalam ekspedisi para penjelajah muslim ke Amerika Selatan. Yang kemudian beberapa diantaranya, menetap di kawasan di negara sungai Amazon ini.
Kawasan dimana suku Birzala menetap kemudian disebut dengan Brazilia secara keseluruhan.
Teori ini diperkuat dengan “ditemukannya” beberapa nama daerah di wilayah ini yang merujuk pada bahasa Arab.
Misalnya nama pulau Bene Hoare konon merujuk pada nama Bani Huware, salah satu suku Barber.
Pelaut Eropa juga mencatat keberadaan pulau Benemarin ( yang mungkin mengacu nama Bani Marin).

Yang ini malah lebih unik :
> Untuk lawan cedera, para pemain top piala dunia gunakan cairan ajaib

You may like these posts