-->

Cara Menghemat Pemakaian Data Android Yang Boros Dengan Droidwall

Salah satu jenis telephone pintar ( smartphone ) yang makin digemari saat ini adalah smartphone yang berbasis Android. Sebab lepas dari kelebihan dan kekurangan masing-masing, Android menawarkan semangat gratis dan opensource. Dan tentu saja hal ini yang sangat dicari dan disukai pemakainya.

Lihat juga :

Diantaranya adalah tidak dikenakan lisensi atas software sistem operasinya. Sebab memang diberikan secara gratis oleh google sebagai pemiliknya. Dengan demikian setiap orang bisa menggunakan, memodifikasi dan menyebarkan android secara bebas. Selain itu setiap pemakai Android dapat dengan bebas mengakses ribuan aplikasi pada playstore. Satu-satunya syarat yang diwajibkan adalah harus mempunyai akun google untuk dapat mengakses play store ini.
Namun untuk dapat mengakses semua fasilitas yang diberikan oleh Google tetap harus dibutuhkan koneksi internet.

Lihat juga :


Masalah yang sering timbul adalah pada saat melakukan koneksi internet dengan Android, penggunaan data menjadi sedemikian besar. Padahal akses data yang dilakukan saat melakukan koneksi internet dilakukan secara singkat atau sedikit.
Sehingga banyak pengguna yang mengeluhkan hal ini.
Dan ketika “nekat” maka banyak pengguna yang terjebak pada tingginya biaya internet yang begitu mahal. Bahkan sampai harus menguras kantong.

Mengapa penggunaan data android sangat boros?

Sebab pada setiap aplikasi pada Android, bebas untuk menggunakan layanan data secara default tanpa persetujuan dari pengguna terlebih dahulu.
Masing-masing aplikasi akan mengakses internet untuk sinkronisasi, mendownload iklan atau bahkan hanya sekedar mengecek update. Bahkan terkadang termasuk fitur-fitur yang tidak dibutuhkan.
Dengan demikian maka pemakai Android, ketika terkoneksi dengan internet, kuota datanya akan tersedot, sehingga menjadi boros.

Bagaimana cara mengatasi pemakaian data Android yang boros ?

Untuk menghemat kuota internet pada smartphone berbasis Android salah satunya dapat dilakukan dengan memasang sebuah pengatur koneksi internet.
Fungsinya untuk membatasi akses internet oleh masing-masing aplikasi. Salah satu aplikasi pengatur koneksi internet yang dapat digunakan adalah Droidwall.

Droidwall merupakan singkatan dari Android Firewall.
Yaitu sebuah aplikasi iptables linux yang powerful. Dengan Droidwall memungkinkan melakukan pengaturan ijin koneksi data internet pada setiap aplikasi android.
Dan dengan melihat kemampuannya, Droidwall merupakan satu solusi yang sempurna bagi pengguna yang memiliki kuota internet terbatas.

Selain itu, kelebihan lain dari Droidwall adalah lebih memungkinkan pengguna untuk menghemat battery dikarenakan koneksi internet yang efisien.

Bagaimana cara mengaktifkan Droidwall ?

Untuk mengaktifkan Droidwall pada perangkat Android.

- Ubah firewall menjadi enabled
- Pilih dan centang item-item tertentu yang yang akan terkoneksi dengan.

Namun yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan Droidwall adalah perangkat Android harus sudah di-root atau diinstall superuser terlebih dulu.

You may like these posts