-->

Cara Memperbaiki Beberapa Kerusakan Pada Magic Jar

Saat ini, boleh dikatakan magic jar merupakan salah satu peralatan wajib bagi para ibu rumah tangga. Sebab dengan menggunakan magic jar, maka kegiatan masak-memasak nasi menjadi lebih mudah dan cepat. Dengan tata cara pengoperasian yang begitu mudah tentu saja sangat disukai oleh para ibu rumah tangga. Dan dengan menggunakan magic jar, maka nasi akan selalu hangat. Sehingga akan lebih enak ketika disantap. Kelebihan lainnya adalah harga sebuah magic jar sangat terjangkau, sehingga umumnya sebuah keluarga tidak segan merogoh koceknya untuk bisa mendapatkan magic jar.

Namun sebagaimana peralatan lainnya, magic jar terkadang juga mengalami kerusakan. Terlebih, boleh dikatakan magic jar dioperasikan dan dipakai setiap hari, setiap saat.
Ada beberapa permasalahan yang bisa terjadi pada magic jar.
Masalah yang paling sering terjadi pada magic jar antara lain : indicator mati, nasi dalam magic jar yang terlalu kering, magic jar tidak bisa menghangatkan, nasi dalam magic jar menjadi lembek dan kuning sampai masalah magic jar mati total.

Karena merupakan sebuah “peralatan wajib” maka memang seharusnya cepat-cepat dilakukan perbaikan ketika terjadi kerusakan pada magic jar.

Namun sebelum melakukan upaya perbaikan, agar langkah perbaikan yang dilakukan tepat guna, maka sebaiknya dikenali dulu tentang komponen dan cara kerja sebuah magic jar.

● Komponen utama pada magic jar

Bagian atau komponen utama dalam sebuah magic jar adalah
- Elemen utama yang terletak disamping
- Elemen sekunder terletak di bagian tutup atas
- Thermostat
- Kabel AC
- Panel Indikator

● Prinsip kerja magic jar

- Magic jar biasa digunakan untuk menanak dan menjaga kehangatan nasi.
- Pemanasan dibangkitkan melalui elemen pemanas utama setelah magic jar dihubungkan dengan sumber listrik
- Panas yang dihasilkan elemen utama diatur dan dikontrol oleh sensor suhu ( thermostat).
Oleh sebab itu ketika telah mencapai level suhu tertentu pemanas magic jar akan mati sendiri. Dan sebaliknya, akan hidup lagi jika suhu turun pada level tertentu
- Ketika terjadi uap karena adanya proses pemanasan, maka elemen sekunder bekerja.
Dimana elemen sekunder berfungsi memanaskan uap air ketika elemen utama bekerja dan menampung uap air ketika elemen utama mati.
- Gunanya agar uap air tidak jatuh kembali ke nasi dan membuat nasi menjadi cepat basi.

● Cara memperbaiki beberapa kerusakan magic jar

Dengan mengetahui komponen penyusun dan cara kerja magic jar, maka seharusnya akan lebih mudah dalam memperbaiki beberapa kerusakan yang umum terjadi pada sebuah magic jar, yang diantaranya :

● Lampu indikator mati namun magic jar tetap berfungsi
Kerusakan diakibatkan oleh bagian panel magic jar. Kerusakan bisa terdapat pada lampu indikator led atau pada resistor yang menghubungkan lampu led.
Cara memperbakinya:
Ganti lampu led atau resistor

● Nasi dalam magic jar menjadi terlalu kering
Nasi yang menjadi terlalu kering dapat disebabkan rusaknya pengatur suhu ( thermostat ) magic jar , sehingga proses pemanasan terus berlangsung.
Cara memperbakinya:
Ganti thermostat

● Magic jar tidak bisa menghangatkan
Bila magic jar tidak bisa lagi menghangatkan, itu berarti telah terjadi kerusakan pada elemen utama. Biasanya putus atau thermostat mati.
Cara memperbaikinya :
Ganti elemen utama dan atau thermostat yang mati

● Nasi menjadi lembek dan kuning
Ini diakibatkan adanya uap air yang jatuh dan mengumpul dalam permukaan nasi.
Cara memperbaikinya bisa dilihat pada :

● Magic Jar mati total
Jika magic jar mati total, itu berarti tidak ada arus listrik yang masuk ke dalam magic jar. Hal ini sering diakibatkan karena kabel konektor yang putus, sehingga arus listrik dari stop kontak tidak sampai ke magic jar.
Cara memperbaikinya:
Ganti kabel penghubung

You may like these posts