-->

Cara Agar Nasi Dalam Magic Jar Tidak Menjadi Lembek dan Kuning Saat Disimpan

Dengan makin pesatnya kemajuan teknologi, maka semakin banyak pula temuan-temuan yang lebih mempermudah aktivitas hidup manusia, termasuk pada aktivitas harian para ibu rumah tangga.
Sebagai contoh, aktivitas menanak nasi yang setiap harinya harus dilakukan para ibu rumah tangga.
Jika sebelumnya kegiatan menanak nasi harus dilakukan dengan cukup repot dan lama, saat ini sudah dapat dilakukan secara mudah, cepat dan praktis berkat adanya magic jar.

Disamping itu dengan penggunaan magic jar, maka nasi yang telah masak dan tersimpan di dalamnya tetap dalam kondisi hangat.
Hal ini tentu sangat berguna, seperti misalnya ketika harus menyiapkan makan sahur di bulan puasa Ramadhan seperti ini. Sehingga para ibu rumah tangga tidak perlu harus bangun tengah malam untuk menanak nasi guna makan sahur.
Dan yang penting, dengan kondisi nasi yang masih hangat dapat menambah selera makan. Terlebih ketika makan sahur, mulut masih terasa masam karena baru bangun tidur.

Pada saat ini boleh dikata hampir setiap keluarga telah mempunyai dan menggunakan magic jar.
Sebab disamping mempertimbangkan faktor kemudahan dan kepraktisan, harga sebuah magic jar juga sangat terjangkau. Cukup dengan “hanya” Rp. 200. 000 sebuah magic jar sudah bisa diperoleh.

Dalam pengoperasiannya, para ibu rumah tangga juga tidak banyak menemui masalah. Sebab untuk mengoperasikan magic jar untuk menanak nasi memang sangat mudah.
Tinggal memasukkan beras yang telah ditambah air secukupnya ke dalam wadah magic jar, lalu colokkan kabel koneksi ke terminal listrik. Dalam beberapa saat nasi akan masak sendiri.

Justru, masalah yang sering timbul dan dialami oleh para ibu rumah tangga dalam pengoperasian magic jar adalah adanya nasi yang menjadi lembek dan menguning dalam magic jar.
Kondisi nasi yang menjadi lembek dan menguning ini tentu saja sangat disukai oleh para ibu rumah tangga. Sebab selain akan terlihat tidak menarik dan menghilangkan selera makan, jika dibiarkan, dalam beberapa saat maka nasi akan cepat basi.

Nasi yang menjadi lembek dan menguning pada dasarnya disebabkan oleh terjadinya kerusakan pada magic jar itu sendiri. Yaitu kerusakan pada elemennya.

Sebagaimana diketahui elemen merupakan salah satu bagian dan merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah magic jar.

Ketika elemen pada magic jar kurang berfungsi dan atau mengalami kerusakan, maka uap air yang dihasilkan pada saat pemanasan oleh elemen samping, akan masuk dan jatuh kembali pada permukaan nasi.
Ketika uap yang jatuh dan terkumpul pada nasi telah cukup banyak, maka nasipun akan menjadi lebih basah dan lembek.
Dan karena kandungan ( uap ) air yang tinggi, maka pada akhirnya nasi menjadi kuning. Dan jika dibiarkan, nasi akan cepat menjadi basi.

Elemen yang tidak berfungsi atau rusak dapat disebabkan terjadinya elemen atas yang putus dan atau kabel elemen atas putus. Putusnya kabel ini paling sering terjadi di sekitar engsel penutup magic jar.
Jadi untuk mengatasi nasi yang menjadi lembek dan kuning pada Magic Jar kuncinya adalah dengan mengatasi pada komponen ini.

Untuk memperbaiki magic jar yang tidak berfungsi komponennya dapat dilakukan dengan cara berikut :


- Kosongkan magic jar
- Buka tutup atas magic jar
- Cobalah cek pada kabel yang menghubungkan ke elemen atas
- Mulailah dari bagian di sekitar engsel tutup, karena pada posisi ini kabel paling sering putus.
- Jika didapati kabel yang putus, maka sambung kembali kabel atau ganti kabel baru sekalian
- Namun jika ternyata kondisi kabel masih utuh dan baik, itu berarti elemennya yang bermasalah
- Ganti elemen bagian atas

Dengan cara di atas biasanya masalah nasi yang menjadi lembek dan menguning dalam magic jar bisa teratasi.

You may like these posts