-->

Cara Agar Dapur Yang Kecil Tampak Lebih Luas

Dapur, ibaratnya adalah “istananya” bagi kaum wanita. Sebab dapur merupakan salah satu tempat, dimana wanita bisa mengekspresikan dirinya secara lebih leluasa.
Itulah sebabnya pada konstruksi dan design rumah modern saat ini, dapur merupakan salah satu bagian rumah yang mendapat perhatian.

Jika ditengok pada rumah modern, tata letak dan pengaturan dapur sudah sangat berbeda dengan rumah tradisional. Dapur pada rumah modern tidak lagi sekadar tempat tungku atau kompor memasak diletakkan. Atau sekadar tempat meletakkan perkakas memasak dan perkakas lain yang kotor saja.
Dapur rumah modern biasanya didesign dan diatur benar-benar sebagai tempat untuk kegiatan masak-memasak secara nyaman.
Bahkan pada beberapa design, letak dapur dibuat menyatu dengan ruang makan.

Masalah yang terkadang timbul adalah, karena adanya keterbatasan lahan atau ruangan, tidak semua keluarga bisa memiliki ruangan dapur yang cukup luas
Masalah seperti ini sering dialami oleh keluarga yang memiliki rumah atau tinggal di perumahan sederhana, misalnya.

Dengan lahan yang sangat terbatas, maka dapur pada rumah-rumah di perumahan umumnya tidak cukup luas.
Dengan kondisi yang seperti ini, jika tidak pintar-pintar dalam mengatur dan menata ruang dapur , maka sering kali membuat rasa tidak nyaman atau cenderung berantakan.

Untuk memanipulasi dan mengatur dapur yang kecil sehingga bisa tampak lebih luas, ada bebarapa kiat yang dapat dilakukan.

● Pilih warna cat yang cerah untuk dapur kecil
Warna cerah akan membuat sebuah ruangan tampak lebih luas. Dan sebaliknya.
Sebaiknya pilih warna cerah untuk mengecat dapur kecil. Warna cat yang gelap justru akan membuat dapur tampak lebih kecil lagi.
Sering timbul kekawatiran, jika memilih warna cerah untuk dapur, maka cat / dinding akan mudah menjadi tampak kotor dan susah dibersihkan.
Hal ini sebenarnya bukan masalah besar. Untuk mengatasi hal seperti ini, sudah ada cat tembok yang dapat dibersihkan hanya dengan mengusapnya dengan air.

Simak juga :

● Gunakan lemari penyimpan yang menyatu dengan dinding
Dalam hal ini termasuk tempat untuk memasak. Kepraktisan seperti ini, di kota besar bisa diperoleh dengan menggunakan “kitchen set”.
Namun terkadang harga sebuah kitchen set masih terlalu mahal bagi beberapa keluarga.
Untuk mengakali hal ini, bisa membuat lemari penyimpan dan tempat memasak yang menyatu dengan dinding. Untuk tempat memasak biasanya dibuat dari beton cor. Sedang untuk lemari penyimpan, bisa dari cor atau kayu.

● Gunakan perkakas yang berukuran kecil.
Terkadang – ibu rumah tangga terutama – kurang perhitungan dalam memilih dan menggunakan perkakas untuk dapur. Seringkali, hanya karena suka pada design, pola atau warnanya, perkakas yang berukuran besar malah digunakan dalam dapur.
Untuk dapur yang berukuran kecil sebaiknya digunakan perkakas yang ringkas dan berukuran tidak terlalu besar, untuk menghemat ruangan.

● Gunakan perkakas dapur yang polos dan atau senada dengan warna dinding tembok.
Sebagai misal, lemari penyimpan yang berwarna polos sewarna dengan dinding tembok serta tanpa pegangan (handle), akan membuat lemari tersebut seolah menyatu dengan dinding dan menyebarkan cahaya dari luar ke seluruh dapur, sehingga kesan ruangan lebih luas.

● Pemilihan pola lantai dapur yang tepat
Hati-hati dalam memilih pola untuk lantai dapur. Ada beberapa pola lantai ( tegel atau keramik ) meski tampak cantik, jika diaplikasikan di dapur justru akan membuat dapur terlihat lebih sempit.
Memang agak cukup sulit dalam memilih pola lantai, sebab harus dipertimbangkan juga posisi dan tata letak dapur.
Namun sebagai patokan sederhana, lantai yang senada dengan dinding tembok biasanya akan membuat dapur kecil terlihat lebih luas.

● Manipulasi dengan cermin
Penambahan cermin berukuran besar dalam ruangan dapur juga bisa membuat dapur terkesan lebih luas.

● Jangan meletakkan semuanya dalam dapur.
Meski sudah seperti kebiasan umum, tetapi agar dapur sempit tampak lebih luas jangan meletakkan semuanya dalam dapur. Seandainya ada barang yang kurang dipergunakan sebaiknya diberikan pada orang atau dibuang saja..

Yang ini sebaiknya jangan dilewatkan :

You may like these posts