-->

Tahukah Anda, 5 Masjid Paling Tua Di Dunia ?

Masjid, dikenal sebagai tempat peribadatan ( utama ) bagi umat Islam. Masjid selalu dianggap sebagai tempat suci. Sehingga orang, menyebut masjid sebagai “Rumah Tuhan”.
Meski digunakan untuk tujuan yang sama, yaitu beribadah, fungsi masjid saat ini “agak sedikit berbeda” dengan fungsi masjid pada masa-masa lalu.

Saat ini masjid umumnya “hanya” digunakan untuk shalat berjamaah, pengajian, khataman Al Qur’an, peringatan
hari besar Islam dan atau hal-hal lain yang “hanya” berkaitan dengan masalah peribadatan saja. Pada jaman dulu ( pada jaman nabi dan sahabatnya ). Masjid tidak hanya dipergunakan untuk tempat peribadatan semata.
Masjid juga difungsikan sebagai tempat pusat mengatur tata masyarakat, tata pemerintahan sampai tempat untuk membahas dan mengatur strategi yang akan dilakukan di medan peperangan.
Dan masjid-masjid tua yang juga difungsikan untuk tujuan tersebut masih ada hingga saat ini.

Tapi tahukah anda, apa sajakah masjid yang paling tua di dunia ?

Umat Islam percaya bahwa tempat peribadatan yang pertama dan paling tua di dunia yang dibangun manusia adalah Ka’bah. Yang dibangun oleh nabi Ibrahim di Mekkah.
Namun karena sebutan “masjid” muncul mulai jaman nabi Muhammad, SAW, maka Ka’bah tidak “dimasukkan” dalam kategori ini.

Dan karena Ka’bah juga sempat dipergunakan oleh kaum musrikin untuk menyembah berhala-berhalanya sebelum kedatangan nabi Muhammad, SAW.

Dari catatan sejarah dan dari beberapa sumber yang dikumpulkan masjid-masjid yang paling tua di dunia adalah :

1● Masjid Quba (tahun 622 Masehi)
Masjid Quba terletak di kota Madinah.
Ini merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW, setelah ber-hijrah ke Madinah.
Dewasa ini, masjid Quba memiliki enam kubah dan empat menara. Dan di lingkungannya terintegrasi berbagai macam fasilitas, seperti perumahan, perkantoran, pertokoan, dan perpustakaan.
Renovasi terakhir yang dilakukan menjadikan Masjid Quba akhirnya memiliki enam pintu masuk tambahan di gerbang utara, timur, dan barat.

2● Masjid Nabawi (622 Masehi)
Merupakan Masjid tertua kedua dan masuk dalam kategori masjid terindah di dunia.
Saat dibangun pada 622 Masehi, masjid Nabawi hanya berukuran 30 meter × 35 meter, dan tingginya 2 meter.
Saat ini setelah melewati beberapa kali renovasi, Masji Nabawi memiliki ukuran 100 kali lipat lebih besar dari awalnya dan mampu menampung 500.000 jemaah lebih.
Sehingga Masjid tempat dimakamkannya Nabi Muhammad SAW, Khalifah Abu Bakar Ashshidiq, dan Khalifah Ummar bin Khathab ini merupakan masjid terbesar di dunia.

3● Masjid Qiblatain (623 Masehi)
Dibangun pada tahun 623 Masehi. Masjid Qiblatain pada awalnya mempunyai kiblat ke arah Jerussalem. Setelah Rasulullah SAW mendapat perintah Allah untuk memindahkan arah kiblat menghadap ke arah Mekkah, maka kiblat ke Jerussalem ditiadakan Itulah sebanya Masjid ini disebut dengan ‘Masjid Dua Kiblat’ . Saat ini masjid Qiblatain daya tampung kapasitasnya kurang lebih 2.000 orang jemaah.

4● Masjid Jumat Kilakarai (628 Masehi)
Dibangun pertama kali pada tahun 628 Masehi, oleh pedagang Yaman di India atas perintah Gubernur Yaman, Bazan ibnu Sasan setelah memmeluk Islam.
Masjid tertua di India ini kemudian dibangun kembali pada abad ke-11 masehi.

5● Masjid Jawatha (629 Masehi)
Pada tahun 629 Masehi tujuh tahun setelah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah, di Desa Al-Kilabiyah, yang jaraknya sekitar 12 kilometer sebelah timur laut Hofuf, Al-Ahsa, Arab Saudi, dibangun masjid Jawatha.
Hanya sayangnya, saat ini, masjid tertua kelima di dunia ini hanya tersisa reruntuhan puing bangunannya saja. Namun sebagian umat Islam terkadang terlihat masih beribadah disana.

Dan satu lagi artikel yang cukup menarik lainnya :
> Bagaimana Cara Mengechek Tahun Keberangkatan Haji ?

You may like these posts