-->

17 Pedoman Praktis Cara Menggunakan Keywords Bagi Blogger

Konon, dalam nge-blog, keywords atau kata kunci merupakan “kunci” bagi kesuksesan blog.
Dengan kata kunci yang “tepat” maka blog dapat menjadi hebat.
Tepat, ibaratnya “the right man in the right place.
Tepat juga berarti tidak terlalu sedikit juga tidak terlalu banyak.

Sehingga -konon pula-,keywords atau kata kunci menduduki peringkat yang yang terpenting dalam SEO. Boleh dikata keywords adalah biangnya SEO.
Jika cukup rajin meng-googling, maka akan dapat dengan mudah dijumpai tips-trik yang membahas tentang keywords. Tidak hanya rajin, tapi juga harus sabar dan telaten.
Sebab biasanya tips-trik tersebut “tersebar”.
Butuh waktu untuk mengumpulkan dan memahaminya.

Jadi untuk lebih menghemat waktu, ada baiknya terus menyimak artikel ini.
Sebab pada dasarnya artikel ini adalah kumpulan dan rangkuman dari beberapa banyak tips dan trik tentang keywords.
Dari pengalaman, dengan menerapkan pedoman praktis ini, sebuah blog cukup mampu bersaing di mesin pencari. Dan agar dapat lebih cepat dan mudah dipahami, disajikan dalam bentuk singkat, padat dan moga-moga jelas.

17 Pedoman Praktis Cara Menggunakan Keywords Bagi Blogger

:
1. Survey Keywords
Yang pertama dan utama sebelum melakukan semuanya, lakukan survey terlebih dahulu sebelum menentukan keywords untuk blog.

2. Keyword dalam Domain
Keywords utama sebuah blog harus ada dalam domain.

3. Keyword dalam Url
Title blog juga harus mengandung keywords utama

4. Keyword dalam body
Konten blog harus fokus dan relevan dengan keywords yang ditulis

5. Keywords dalam title tag
Usahakan, panjang keywords dalam title tag 10 sampai 60 karakter

6. Keyword dalam tag deskripsi
Yang ideal adalah terdapat pada paragraf pertama artikel. Setidaknya berisi 140 karakter.

7. Keywords dalam keywords tag
Biasanya diambil dari tag dan katagori konten

8. Tarik perhatian mesin pencari dengan memberikan porsi lebih pada keywords dengan menebalkan, huruf miring atau dengan menggaris bawahi keyword.

9. Hai-hati dengan OOP ( Over Optimization Penalty )
Penggunaan tag H1 yang umum adalah pada title. Terlalu sering pengulangan keyword terutama karena penggunaan berlebihan pada tag H1 akan bisa menjadi penyebab terkena OOP.

10. Gunakan Keyword dalam H1, H2 dan H3
Keywords H1 umumnya sudah terdapat dalam title. Tidak perlu mengulangnya ( ingat point 8 ) Jadi usahakan membuat keywords dalam tag H2 dan H3 dalam teks Body.

11. Selalu gunakan keyword dalam gambar dengan tag alt
Mesin pencari tidak “membaca” gambar. Jadi ketika mengunakan gambar atau image dalam konten, selalu gunakan tag alt
Catatan lain : jangan gunakan gambar yang mempunyai hak cipta atau TM)

12. Ketepatan keywords
Keywords yang tidak tepat atau tidak ada hubungan dengan isi blog bisa menurunkan tingkat kepentingan keyword yang sebenarnya. Yang terpenting bisa dianggap sebagai spamming.

13. Paragraf keywords
Saat menulis artikel posting selalu pastikan agar Keyword diletakkan dalam paragrap pertama dan paragrap terakhir artikel.

14. Keywords dalam link-link kehalaman internal
Saat membuat link internal, pastikan agar salah satu keyword mengandung URL ke artikel yang lain

15. Menerapkan LSI ( Latent Semantic Indexing ),
Menerapkan LSI dipercaya akan meminimasi indikasi keyword spaming dalam konten

16. Perhatikan kerapatan keyword dalam body
Pada saat membuat artikel usahakan agar total keyword yang terdapat dalam artikel body sebaiknya berkisar antara 5 - 20% dari total kata dalam body . Hati-hati peletakan keyword yang berlebihan justru bisa di anggap spam ( keywords stuffing )

17. Perhatikan juga kerapatan Keyword (keywords density)
Usahakan juga agar keyword muncul setiap 200 - 300 karakter dalam kalimat atau antara 1 - 6% dari total kata. Atau sekurangnya pada setiap paragraf , dimunculkan keyword sekali.
Namun yang paling direkomendasi adalah setiap paragraph dimunculkan 2 kali keywords dan diselingi dengan LSI)

Itulah 17 Pedoman Praktis Cara Menggunakan Keywords Bagi Blogger yang dapat anda gunakan.

Dan sedikit tips tambahan :
● Buat dan tulis artikel konten yang original atau unik
Artikel konten yang original atau unik selalu terlihat lebih baik di mata Google.
● Artikel konten setidaknya tersusun dari 500 kata.
Yang direkomendasi setidaknya 800 kata.
● Makin sering menulis artikel ( sering up date ) makin baik
Blog yang selalu update maka akan semakin sering pula diproses mesin spider yang berarti pula cache lebih baru
● Tag rel=nofollow
Setiap membuat link keluar ( OutGoing Links ), selalu pula gunakan tag rel=nofollow
● Jangan terlalu sering merubah konten yang telah terposting.

Jika anda gunakan dengan baik dan benar,

17 Pedoman Praktis Cara Menggunakan Keywords Bagi Blogger

akan menjadikan blog mampu bersaing dengan blog-blog lainnya.
Namun karena SEO begitu luas, ada baiknya jika anda tidak mengabaikan teknik-teknik yang lainnya.
Maka ada baiknya jika anda juga melihat tips yang : Direkomendasikan 23 Tips Super Untuk Blogger

You may like these posts