-->

15 Saran Untuk Mensiasati Bisnis Ala J.W Marriot

Bagaimana cara mensiasati bisnis

?

Konon menurut para pelaku bisnis – bahkan yang kawakan sekalipun – merupakan pertanyaan yang gampang-gampang susah untuk dijawab.
Kalau istilah politiknya Sultan adalah : “ngeri-ngeri sedap”.
Ngeri karena resiko ( ruginya ) yang besar.
Sedap, jika berhasil keuntungannya memang sangat “sedap” jumlahnya.

Sebab konon pula, yang namanya bisnis sifatnya selalu unik dan spesifik. Masing-masing mempunyai kekhasan dan kondisi tersendiri.
Namun demikian, menurut para pakar bisnis atau master bisnis, selalu bisa dibuat sebuah peng-globalan.

Nah, salah satu tips bisnis global, yang mungkin dapat dipetik dan bermanfaat bagi bisnis adalah saran yang diberikan J.W Marriot Senior untuk anaknya J.W Mariot Yunior ketika sang anak akan memulai terjun di dunia bisnis mengelola jaringan hotel Marriot yang tersebar di seluruh dunia.

Dan inilah 15 Saran Untuk Mensiasati Bisnis Ala J.W Marriot ( dikutip sesuai sumber aslinya )

1. Jagalah jasmani, jiwa dan keimananmu

2. Jaga juga kebiasaan-kebiasaanmu.
Satu saja kebiasaan buruk akan merusak semuanya.

3. Berdoalah setiap kali menghadapi masalah yang sukar.
Lihat juga :

4. Pelajari dan ikuti prinsip-prinsip majanamen professional.

5. Manusialah yang nomor satu.
Perhatikan perkembangan, kesetiaan, minat, dan semangat kerja kelompok mereka. Mendidik manajer di setiap bidang adalah tanggung jawab utamamu.

6. Mengambil keputusan dan mengemban tanggung jawab akan mendewasakan kita.
Tarik garis batas yang jelas, antara apa yang menjadi tanggung jawab manager dan apa yang menjadi tanggung jawabmu.
Sebelum mengambil keputusan, cari semua fakta dan masukan yang perlu.
Lalu tetaplah pada keputusan itu.
Lihat juga :
> Cara Bijak Hadapi Resiko

7. Jangan mengecam orang, tapi berikan penilaian yang adil atas kualifikasi seseorang hanya kepada atasan langsungnya.

8. Lihatlah sisi baik seseorang dan cobalah kembangkan bakat-bakat yang baik itu.

9. Jika nyata-nyata ada karyawan yang tidak sesuai dengan pekerjaannya, carikan pekerjaan lain yang cocok atau segera akhiri hubungan kerja.

10. Gunakan waktumu secara efisien.
Berbicara singkat saja dan langsung ke pokok masalah. Jangan membuang-buang jam kerja barang semenitpun. Bekerjalah dengan waktu lebih sedikit.

11. Delegasikan pekerjaanmu dan mintalah pertanggungjawaban.

12. Biarkan staf yang mengurusi detil pekerjaan.
Gunakan tenagamu untuk perencanaan, bertukar pikiran dengan kepala bagian atau mengemukakan gagasan baru. Jangan mengerjakan sesuatu yang bisa dikerjakan anak buah.

13. Gagasan membuat bisnis selalu hidup.
Cari tahu apa yang direncanakan dan dikerjakan oleh saingan. Doronglah setiap pimpinan untuk memikirkan cara bekerja yang lebih baik dan berikan saran-saran yang dapat meningkatkan kegiatan bisnis. Sisihkan waktu dan uang untuk keperluan riset dan pengembangan.

14. Jangan mengambil alih pekerjaan karyawan, cukup berikan bimbingan dan saran.

15. Berfikirlah objektif dan jagalah rasa humormu.
Buatlah bisnis ini menyenangkan untukmu dan orang lain.

Itulah 15 Saran Untuk Mensiasati Bisnis Ala J.W Marriot

.
Yang jika dicermati, kelima belas nasehat itu sebenarnya tidak hanya akan bermanfaat untuk menjalankan bisnis saja, tetapi juga bisa digunakan dalam mengelola kehidupan sehari-hari.
Sebaiknya lihat :

You may like these posts