-->

Trik Praktis Mengatasi Masalah Traffik Blog Yang Anjlok

Traffik blog, merupakan “sesuatu yang diidamkan dan diburu oleh para blogger”.
Apa “sih” artinya membuat blog jika tanpa ada pengunjung.
Bahkan bagi seorang yang ngeblog hanya untuk “fun” – kesenangan saja. Traffik tetap merupakan sesuatu yang sangat penting.
Sebab meski ngeblog hanya untuk sekedar “ fun” saja, banyaknya traffik mengindikasikan bahwa apa yang ditulisnya bisa cukup diterima.

Dan tentu saja ini merupakan sebuah dorongan ( dan kebanggaan ? ) tersendiri, agar tetap “kuat” menulis dan ngeblog.

Maka bisa dibayangkan, apa arti traffik anjlok bagi blogger yang memang sengaja memonetize blognya. Anjloknya traffik bisa berarti “pertanda kiamat sudah dekat”. Artinya bisa gigit jari, tanpa penghasilan.

Itulah sebabnya berkembang dan selalu berkembang dengan apa yang dinamakan dengan SEO, optimasi blog dan sejenisnya.
Tujuannya hanya sederhana, menempati urutan pertama di halaman mesin pencari, dan meraup traffik pengunjung sebanyak-banyaknya.

Masalahnya adalah terkadang ( atau sering ) terjadi sesuatu hal yang sangat tidak diharapkan oleh semua blogger. Yaitu masalah traffik blog tiba-tiba anjlok

.
Tidak hanya turun, tapi benar-benar anjlok, turun drastis, terjun bebas.

Dan ini bisa terjadi pada siapa saja.
Bagi blogger yang dalam mengoptimasi blognya memakai cara yang “neko-neko” mungkin sih bisa sedikit dimaklumi, namun bagi blogger yang “berjalan di jalan yang lurus” tentu merupakan sebuah pukulan yang amat telak.

Konon kata para mastah, penyebab anjloknya traffik blog adalah akibat “ulah” dari Alogaritma Google yang terbaru ( Google Panda, Google Pinguin atau apalah namanya ).
Namun yang jelas Alogaritma Google ini menyikat habis blog-blog yang dianggap melanggar dan atau coba-coba melanggar aturannya.
Jadinya posting-posting blog yang tadinya bercokol di halaman pertama mesin pencari, tiba-tiba raib, hilang musnah tak tahu rimbanya.
Dan akibatnya pula, traffik blog tiba-tiba anjlok, terjun bebas.

Saya sendiri pernah mengalami hal ini, tidak hanya sekali bahkan beberapa kali.
Blog yang biasanya mendapat traffik yang cukup lumayan, dengan page view sekitar 5 K tiba-tiba anjlok jadi seratusan.
Memang “sih” page view bukan ukuran mutlak ( karena konon lebih akurat jika melihat unique visitornya ). Namun dengan melihat page view ini setidaknya bisa jadi indikasi mudah.
Cukup down dan pontang-panting untuk mengatasi pertama kalinya.

Cara mengatasi traffik blog yang anjlok ?

Masing-masing blogger bisa jadi mempunyai analisa dan cara tersendiri untuk mengatasi masalah traffik blog yang anjlok ini.
Saya sendiri, karena memang bukan master ataupun mempunyai basic kuat dalam perblogger, mencoba mencari dan menggunakan cara yang praktis saja untuk mengatasinya.
Mudah dilakukan tetapi yang penting kelihatan hasilnya.

Makanya saya sebut dengan Trik Praktis Mengatasi Masalah Traffik Blog Yang Anjlok

.
Jadi jika anda kebetulan mengalami masalah serupa, traffik blog yang tiba-tiba anjlok dan ingin mengatasinya dengan cara mudah ( namun kelihatan hasilnya ) mungkin anda bisa melakukan juga apa yang telah saya lakukan, yaitu :

Untuk sementara hentikan semua submit ke social bookmark.
Beberapa blogger menduga mensubmit ke sosial bookmark bisa menjadi salah satu penyebab anjloknya traffik blog. Sebab konon katanya, popularitas yang diberikan dari social bookmark sifatnya hanya sementara. Jadi ketika telah habis “masa kontraknya” maka traffik blog juga akan kembali seperti semula. Dan konon pula, Google kurang “sreg” dengan traffik yang datang dari social bookmark ini. Sebab social bookmark mempunyai link-link yang terkadang tidak karuan juntrungnya.
Lebih jelasnya bisa dilihat disini : Pengaruh Negatif Submit Ke Social Bookmark Terhadap Blog

Tetap submit ke mesin pencari
Setelah menghentikan submit ke social bookmark, jalan yang saya tempuh adalah dengan tetap mensubmit url ke mesin pencari setiap kali habis posting. Dan juga memanfaatkan jasa Google Plus. Banyak mesin pencari yang anda gunakan. Tapi setidaknya yang paling berpengaruh, misal mesin pencarinya Google dan yahoo.
Namun bila ingin lebih banyak lagi bisa dilihat disini : 12 Mesin Pencari Yang paling Berpengaruh Di Dunia.

Tetap posting rutin seperti biasa
Down boleh saja. Itu wajar. Siapa sih yang tidak down jika hasil kerjanya tiba-tiba menguap begitu saja. Namun yang penting jangan “nglokro”. Tetaplah posting seperti biasa. “kebiasaan” ini ternyata terbukti ampuh untuk mengatasi masalah traffik blog yang anjlok ( meski secara bertahap ).

Gunakan webmastertools, ambil sebagai google
Disamping cara-cara di atas, cara terakhir yang saya anggap paling menolong adalah dengan menggunakan webmaster tools.
Coba buka akun webmastertools anda. Lalu masuk ke Fetch as googlebot ( ambil sebagai Google ).
Setelah itu masukkan satu persatu url posting blog anda. 10 url sehari mungkin sudah cukup.
Cara ini memang agak repot memang. Tapi hasilnya benar-benar terbukti.

Dengan melakukan ke empat langkah tadi, syukur perlahan-lahan traffik blog sudah normal kembali. Maka silahkan coba saja Trik Praktis Mengatasi Masalah Traffik Blog Yang Anjlok yang mungkin sedang anda alami.

Dan disamping trik di atas, ada beberapa tips lagi yang juga terbukti ampuh untuk meningkatkan trafik, beberapa diantaranya adalah yang di bawah ini :

You may like these posts