Cara Pasang Sambungan PLN Baru Atau Tambah Daya PLN, Terbaru !
Tidak ingin ketinggalan ancang-ancang dengan BUMN lainnya, dalam beberapa tahun belakangan PLN sepertinya sudah banyak berbenah.
Dan tidak ingin kelihatan “gaptek” pula, PLN juga sudah memanfaatkan sarana “on line” untuk menunjang pelayanan kepada konsumennya. Mulai dari pembuatan sambungan awal, pelayanan sampai pembayaran.
Semuanya sudah bisa dilakukan hanya dengan “ tinggal tekan”.
Bila kebetulan saat ini sedang akan mengajukan pemasangan sambungan PLN baru atau ingin melakukan perubahan / tambah daya PLN, tentu akan “lebih enak” jika menggunakan fasilitas yang disediakan ini.
Namun bila masih agak bingung tentang bagaimana prosedur dan tata caranya, posting tentang Cara Pasang Sambungan PLN Baru atau Tambah Daya PLN, Terbaru ini mudah-mudahan bisa membantu anda.
● Saat ini PLN memberikan kemudahan pelayanan bagi pelanggan yang akan pasang baru ataupun menambah daya listrik di rumahnya dengan melalui : Contact Center PLN 123.
Jadi masyarakat / pelanggan tidak harus datang ke kantor PLN.
Cukup dengan menggunakan fasilitas yang disediakan di Contact Center PLN 123 tersebut.
Namun jangan lupa untuk menyertakan Identitas / ID pelanggan saat menghubungi Contact Center PLN 123.
● Permohonan pasang baru atau tambah daya yang dilakukan melalui CC PLN 123 akan langsung tercatat pada sistem informasi pelayanan atau pelanggan dapat membayar biaya yang telah ditentukan ke bank atau loket resmi yang telah ditunjuk PLN.
● Dari fasilitas yang disediakan, prosedur layanan dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu :
◊ Telepon
Tekan 123 pada sambungan telepon PSTN.
Sedangkan jika melalui HP : tekan kode area lalu 123.
Layanan lewat telepon ada 3 pilihan layanan informasi :
--> Tekan 1
Untuk layanan informasi tagihan listrik
--> Tekan 2
Layanan pengaduan gangguan dan keluhan pelanggan, dapat berupa :
- Pengaduan gangguan listrik ( gangguan non instalasi bangunan )
- Keluhan pelayanan listrik dan gangguan PLN
- Laporan informasi angka stand meter, pencurian listrik, ada pohon yang terkena kabel dan sejenisnya
- Permintaan informasi jadwal pemadaman listrik terencana karena pemeliharaan jaringan
-->Tekan 3
Layanan pasang baru, perubahan daya, penerangan sementara dan layanan lainnya.
Layanan yang ada :
- Informasi prosedur pasang sambungan baru, perubahan daya, migrasi ke pra bayar dan sebagainya
- Pendaftaran pasang baru, perubahan daya dan sebagainya.
Pada saat pelanggan menekan angka 3 maka akan ada operator layanan yang memandu.
◊ Website PLN
Pendaftaran PLN juga bisa dilakukan secara online dengan mengisi formulir yang disediakan, pada alamat ini :
www.pln.co.id/pbpd
www.pln.co.id/pbpd
◊ Email ( untuk wilayah Jateng dan DIY )
Dapat juga lewat email ini : pln123jatengyogya@pln.co.id
◊ SMS
Dengan cara ketik INFO kirim ke 03838 8888 123.
● Prosedur permohonan pasang sambungan PLN baru dan tambah daya.
Urutan Prosedur dari awal hingga akhir :
- Melakukan pendaftaran lewat layanan di atas
- Membayar biasa penyambungan dan strum perdana sesuai nomor registrasi
- Petugas PLN melakukan survey lokasi
- Petugas PLN melakukan pemasangan.
Calon pelanggan menanda tangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik
- Listrik dapat langsung dinyalakan setelah pelanggan memiliki Sertifikat Laik Operasi ( SLO ).
● Data yang diperlukan untuk pasang sambungan PLN baru
- Nama calon pelanggan
- Alamat lokasi yang akan disambung
- Nomor HP atau telepon yang dapat dihubungi
- Besar daya yang diinginkan
- Rencana penggunaan listrik, misal untuk rumah tangga atau bisnis
- Nomor ID pelanggan yang terdekat dengan lokasi yang akan di pasang baru
● Tarif dan Rincian biaya untuk pemasangan sambungan PLN baru :
Golongan R-1, dengan daya 450 VA, biaya Rp. 337.500
Golongan R-1, dengan daya 900 VA, biaya Rp. 675.000
Golongan R-1, dengan daya 1300 VA, biaya Rp. 975.000
Golongan R-1, dengan daya 2200 VA, biaya Rp. 1.650.000
Golongan R-2, dengan daya 3500 VA, biaya Rp. 2.712.500
Golongan R-2, dengan daya 4400 VA, biaya Rp. 3.410.000
Golongan R-2, dengan daya 4500 VA, biaya Rp. 4.262.500