-->

13 Logam Beracun Yang Sering Kita Gunakan Sehari-Hari

Dalam kehidupan sehari-hari,kita seringkali merasa aman-aman saja ketika mempergunakan bahan-bahan dari logam guna mempermudah aktivitas.

Masalahnya adalah dari sekian banyak benda logam yang digunakan sehari-hari – tanpa disadari - ternyata sebagian besarnya merupakan logam yang beracun

. ( ..Nah, khan…)


Meski kandungannya kecil, namun jika digunakan secara kontinyu dan dalam waktu yang lama, akibatnya akan memberikan efek keracunan pada tubuh pemakainya.

Biasanya logam-logam beracun tersebut dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui saluran pernafasan, kulit dan mulut.

Dan setelah masuk ke dalam tubuh manusia, proses keracunan logam umumnya dapat terjadi pada :

- sistem pernafasan
Sistem pernapasan merupakan organ tubuh manusia yang paling mudah dan paling sering menjadi sasaran keracunan logam.
Umumnya berasal dari kondisi kualitas udara yang tidak sehat, seperti area pertambangan, asap kendaraan, polusi pabrik dan sebagainya.
- Ginjal
Ginjal juga merupakan “target” utama pada kasus keracunan logam. Ini dapat dimaklumi sebab ginjal merupakan organ ekskresi, yang merupakan “filter” dalam tubuh.
- Syaraf
Dan kemudian syaraf manusia.

Beberapa logam,seperti uap Merkuri ( air raksa ) dapat dengan mudah memasuki system syaraf sehingga menimbulkan efek keracunan logam berat bagi tubuh manusia.
Dampak keracunan logam memang tidak tampak dalam waktu seketika. Tapi biasanya berlangsung dalam waktu yang lama.
Namun ketika hal ini telah terjadi akibatnya bisa sangat fatal dan permanent.

Mengingat bahaya keracunan yang bisa ditimbulkan oleh logam yang biasa digunakan sehari-hari, alangkah baiknya bila kita mengenalinya.

Lalu logam apa sajakah itu ?

Inilah 13 Logam Beracun Yang Sering Kita Gunakan Sehari-Hari

:
1● Aluminium (Al)
Aluminium merupakan salah satu logam beracun yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari- hari, ( dan yakin, hal ini sering tidak disadari ). Utamanya digunakan secara luas pada peralatan memasak. Menurut penelitian, akumulasi logam Alumunium dalam tubuh dapat mengakibatkan penyakit kanker dan Alzhemeir. Sasaran aluminiun dalam tubuh manusia adalah menyerang pada sistem saraf pusat, ginjal, dan sistem pencernaan.

2● Zink (Zn)
Dampak keracunan yang dapat ditimbulkan oleh Seng adalah kekeringan tenggorokan, batuk, kelemahan, menggigil, demam, mual dan muntah.

3● Besi (Fe)
Peracunan oleh Besi bisa dapat menyerang pada hati, sistem kardiovaskular, dan ginjal.

4● Nikel (Ni)
Nikel dan senyawanya tidak memiliki bau atau rasa. Keracunan Nikel dapat berdampak pada timbulnya asma, bronkitis kronis, sakit kepala, pusing, sesak napas, muntah, nyeri dada, batuk, sesak napas, kejang, bahkan kematian.

5● Timbal(Pb)
Timbal paling umum digunakan pada Accu, cat, bahan bakar bensin. Peracunan Timbal akan menyerang pada tulang, otak, darah, ginjal, dan kelenjar tiroid.

6● Kromium (Cr)
Kromium dapat menyebabkan efek keracunan pada iritasi hidung, paru-paru, lambung, dan usus.. Dalam jumlah besar menimbulkan gangguan perut, bisul, kejang, ginjal, kerusakan hati, dan bahkan kematian.

7● Selenium (Se)
Selenium sering digunakan dalam shamppo anti ketombe. Selenium dapat mengakibatkan kanker, leukemia limfositik, paru-paru, pencernaan, usus besar, karsinoma genitourinari, kanker kulit, dan penyakit hodgkins.

8● Merkuri (Hg)
Merupakan logam beracun yang peling terkenal, akibat kasus-kasus keracunan yang terjadi disebabkan olehnya. Merkuri termasuk bahan teratogenik. Dapat meracuni hampir pada seluruh organ tubuh manusia. Mulai dari syaraf pusat, ginjal, aliran darah, paru-paru, liver sampai mempengaruhi janin yang dilahirkan.

9● Kobalt (Co)
Keracunan Kobalt dapat berefek pada paru-paru, asma, pneumonia, dan sesak napas, mual, muntah, dan efek serius pada jantung. Kobalt pernah digunakan dalam produk bir untuk penstabil busa.

10● Kadmium (Cd)
Kadmium bisa ditemukan pada pembuatan produk baterai, plastik PVC, pigmen cat, pupuk, rokok, dan kerang . Sasaran peracunan Kadmium adalah hati, plasenta, ginjal, paru-paru, otak, dan tulang.

11● Barium (Ba)
Keracunan Senyawa barium dapat mengakibatkan kesulitan bernapas, tekanan darah meningkat, perubahan irama jantung, iritasi perut, pembengkakan otak, kelemahan otot, kerusakan hati, ginjal, dan limpa.

12● Berilium (Be)
Berlium dapat mengaibatkan kerusakan paru-paru, sistem rangka, hati dan ginjal.

13● Arsene (As)
Arsen merupakan logam beracun yang mematikan. Sejak jaman dulu logam ini sering digunakan untuk menghabisi musuh.

You may like these posts