-->

Tips Memilih Warna Mobil Yang Lebih Aman Dari Kecelakaan

Apakah memang ada warna mobil yang memang relatif lebih aman terhadap kecelakaan ? Bukankah pemilihan warna mobil hanyalah masalah soal selera saja ?

Pada saat membeli dan memilih mobil, masalah penentuan dalam warna utamanya memang didasari pada soal selera. Dan jika terkait dengan soal selera, itu artinya sangat sulit untuk dipaksa-paksa.

Sebab selera seseorang tentu berbeda-beda pula. Sehingga ketika seseorang memutuskan untuk membeli sebuah mobil, dalam memilih warna, jarang yang mempertimbangkan faktor-faktor lainnya selama warna tersebut dengan seleranya. Dan ini tentu saja sah-sah saja.

Masalahnya adalah, ternyata memang ada kecenderungan jika mobil dengan warna tertentu yang rawan terhadap kecelakaan. Dan ada warna mobil tertentu pula yang relatif lebih aman untuk dibawa berkendara. Untuk itu ketika memutuskan membeli sebuah mobil tidak ada salahnya jika mempertimbangkan juga dalam hal faktor “keamanan dalam warna” ini.

Lalu , warna mobil apa yang relatif aman untuk dibawa berkendara ?


Kesimpulan yang menyatakan bahwa sebuah warna mobil lebih aman atau tidak diambil dari beberapa pengamatan dan survey aktual di lapangan.

Ada sebuah survey yang dikukan oleh salah satu perusahaan asuransi mobil di Inggris. Survey tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah memang warna-warna tertentu berpotensi tinggi untuk terjadi kecelakaan di jalan raya.

Meski sebuah kecelakaan lalu lintas tidak melulu disebabkan oleh sebuah warna saja. Tetapi tentu saja masih banyak faktor yang lain yang menyebabkan terjadinya kecelakaan.
Terutama karena faktor human eror seperti melanggar rambu lalu lintas, karena mengantuk, mabuk dan sebagainya. Atau juga faktor kondisi dan kesehatan kendaraan, seperti masalah pada rem mobil atau rem blong, ban pecah dan sebagainya.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap terjadinya sebuah kecelakaan lalu lintas, dalam kaitannya dengan warna mobil, survey tersebut menyimpulkan :

Warna mobil yang aman

Warna mobil yang relatif lebih aman terhadap terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah warna krem ( cream ).

Warna mobil yang rawan kecelakaan

Sedangkan warna mobil yang paling sering mengalami kecelakaan lalu lintas adalah warna hitam.
Kesimpulan survey perusahaan asuransi mobil ini juga diperkuat oleh pernyataan psikolog.
Dinyatakan bahwa : “ Pilihan warna kendaraan memang bisa mencerminkan kepribadian seseorang. Orang yang memilih warna hitam umumnya memiliki tipe kepribadian yang agresif, sehingga gaya mengemudi mereka cenderung ugal-ugalan. Sebaliknya, orang yang memilih mobil berwarna krem biasanya memiliki kontrol diri yang baik dan mengemudi dengan tenang dan hati-hati”.

You may like these posts