-->

Tips Sederhana Mudah Belajar Matematika

Salah satu mata pelajaran sekolah yang paling menjadi “momok” para siswa adalah mata pelajaran matematika.
Meski pada sebagian kecil siswa tertentu, matematika merupakan mata pelajaran yang sangat digemari dan “menyenangkan”, namun untuk sebagian besar siswa, matematika adalah mata pelajaran yang paling “menyebalkan” dan memusingkan kepala.
Apalagi jika ditambah dengan guru yang “killer”. Lengkap sudah.
Makanya mata pelajaran matematika seringkali dijuluki dengan mata pelajaran yang “mati-matian”.

Bahkan karena sulitnya pelajaran matematika, beberapa ahli mengembangkan suatu metode yang sangat esktrem agar para siswa pintar matematika, yaitu dengan strum kepala.


Kesulitan dan kepusingan sebagian besar siswa dalam mempelajari matematika ini sebenarnya bisa “difahami dan diterima”. Sebab belajar dan mempelajari mata pelajaran matematika ini, akan sangat dipengaruhi oleh “bakat” bawaan dari masing-masing siswa.
Dan ini pada akhirnya kembali kepada apa yang dinamakan dengan IQ seseorang.
Makanya – ya itu tadi – untuk sebagian kecil siswa matematika justru merupakan mata pelajaran yang “menyenangkan”.
Karena bagi kelompok ini, untuk mempelajari matematika mereka tidak perlu belajar. Cukup hanya dengan mendengarkan saja ketika sang guru mengajarkannya di depan kelas.
( Anda pasti pernah menemui, seorang siswa yang tidak pernah belajar, namun ternyata sangat mahir dan piawai dalam mata pelajaran matematika. Namun siswa dalam kelompok ini biasanya lemah dalam pelajaran menghafal lainnya ).

Namun meski bisa “difahami dan diterima” sebagai mata pelajaran yang berkaitan dengan faktor bakat bawaan, bukan berarti harus berhenti dan menyerah begitu saja karena pusing dalam mempelajari mata pelajaran ini. Sebab dengan cara yang tepat, mata pelajaran matematika, tetap “masih bisa” dipelajari dengan lebih mudah.
Anda tentu pernah mendengar dan atau mengenal beberapa banyak metode yang telah dikembangkan untuk mempermudah siswa dalam mempelajari mata pelajaran matematika ini. Mulai dari Jaritmatika, Berhitung sempoa dan sebagainya.

Nah, jika anda atau putra-putri anda kebetulan termasuk dalam golongan terbesar yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika ini, beberapa tips sederhana berikut ini dapat membantu untuk mudah belajar dan mempelajari matematika secara lebih mudah.

Tips sederhana belajar matematika ini disarikan dari pengalaman beberapa praktisi pendidikan dan guru-guru pengampu mata pelajaran matematika.

Tanamkan pandangan bahwa matematika itu penting
Matematika sangat menunjang kehidupan sehari-hari. Mulai dari yang paling sederhana sampai dengan iptek yang paling canggih.
Tidak akan ada kemajuan teknologi ( yang pada akhirnya akan berimbas kepada taraf hidup manusia ) yang bisa lepas dari matematika. Jika perlu gunakan contoh-contoh yang sederhana, dan dialami sehari-hari

Ajak dan canangkan “ 2 wajib”
1. Wajib mempelajari apa yang sudah dijelaskan
2. Wajib menyiapkan apa yang hendak dijelaskan

Ajak dan gunakan hal-hal yang menarik dan menggelitik rasa ingin tahu
Meski sebenarnya memang sulit tapi matematika sebaiknya jangan lebih dipersulit. Cari dan gunakan hal yang menarik atau mengundang minat rasa ingin tahu yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari untuk mempelajari matematika. Misalnya mengisi sebuah rubrik dan sebagainya.

Melatih “ daya tahan” dalam menyelesaikan soal-soal matematika
Latihlah untuk tidak mudah menyerah.
Belajar matematika umumnya terasa begitu sulit ketika awal-awalnya. Namun begitu telah “masuk” dan ON biasanya malah sering lupa untuk berhenti.

Ajari untuk mengotak-atik soal
Jika kebetulan kesulitan menghadapi sebuah soal pembuktian, misalnya : “ jika A maka B”. Maka cobalah untuk ganti membalik soal matematika ini, menjadi : jika B maka A”.
Dengan cara pembalikan ini, soal-soal pembuktian yang sulit biasanya akan menjadi lebih mudah.

Ajak dan biasakan mengerjakan tugas atau PR nya hingga paham.
Meski pada saat-saat tertentu begitu sulit, tapi biasakan agar tugas atau PR benar-benar difahami, bukan hanya sekedar selesai mengerjakan atau bahkan malah dibantu dikerjakan.

Ajak dan gunakan kuis untuk metode pembelajaran matematika
Ajak anak untuk melatih berfikir kreatif dan membuat sebuah kuis matematika sendiri. Lalukan tukar menukar kuis dan menjawabnya. Jawaban kuis diperiksa oleh masing-masing pembuat kuis.

Terakhir : arahkan dan biasakan untuk membuat catatan yang lengkap dan rapi.
Terutama ringkasan konsep, rumus-rumus penting dan sejenisnya.

You may like these posts