-->

Bersiaplah Dengan Kejadian Langka, Gerhana Campuran 3 November Ini

Bagi masyarakat awam dan orang biasa,tanggal 3 November 2013 ini paling dianggap sebagai hari-hari biasa, seperti hari yang lainnya dan bukanlah hari yang luar biasa.
Yang menjadikan sedikit istimewa mungkin hanyalah karena tanggal 3 November adalah hari Minggu, hari dimana bisa libur istirahat berkumpul dengan keluarganya.
Tapi bagi para pecinta astronomi dan para pengamat benda-benda luar angkasa, lain lagi ceritanya.

Karena pada bulan November 2013 ini ternyata akan banyak sekali terjadi peristiwa astronomi, pergerakan dan fenomena benda-benda luar angkasa di atas bumi yang begitu menakjubkan, yang begitu istimewa.

Bahkan, diantara beberapa fenomena angkasa yang terjadi di bulan ini boleh dibilang sebagai peristiwa langka. Karena peristiwa astronomi ini hanya akan terjadi sekali dalam puluhan tahun lamanya. Sehingga mereka seakan-akan termanjakan olehnya. Dan tanggal 3 November 2013 hanyalah salah satunya.

Lalu, peristiwa apa yang akan terjadi pada tanggal 3 November 2013 nanti ?

Sebagaimana dilangsir dari washington Post, pada tanggal 3 November 2013 ini akan terjadi gerhana matahari. Tetapi ini bukanlah sembarang gerhana matahari. Karena gerhana matahari yang terjadi tanggal 3 November 2013 nanti adalah Gerhana Matahari campuran.

Gerhana Matahari Campuran pada tanggal 3 November 2013 akan terjadi dengan magnitudo 1,0159. Munculnya dimulai dari belahan bumi bagian utara, yaitu dengan Gerhana Matahari Sebagian. Berawal dari Montreal, Kanada, matahari akan tertutup bulan sekitar 32 persen.

Sementara itu yang terjadi di Boston, Amerika Serikat, matahari akan tertutup lebih banyak lagi, yaitu hingga mencapai 63 persen. Lalu demikian seterusnya, yang diawali dari Gerhana Matahari Sebagian lalu makin lama Bulan akan menutup Matahari dengan sempurna sehingga menjadi Gerhana Matahari Total.

Itulah sebabnya gerhana matahari seperti ini disebut sebagai Gerhana Matahari Campuran.

Pergerakan selanjutnya, gerhana akan terus merambat ke arah timur diatas Samudera Atlantik ke arah benua Afrika. Gerhana matahari total baru akan tampak di sekitar Samudra Atlantik utara di sebelah timur Florida sampai Gabon dan Afrika. Dengan durasi maksimum sekitar 1 menit 39 detik akan terjadi di Samudera Atlantik di selatan Pantai Gading dan Ghana.
Dan hampir dipastikan bahwa seluruh negara di Afrika dapat melihatnya.

Sedangkan kawasan-kawasan negara yang termasuk benua Asia, dalam hal ini termasuk Indonesia, sayangnya kali ini tidaklah beruntung, sebab matahari telah tenggelam pada saat bayangan bulan merambati di atas Kawasan Asia.

Tetapi jangan khawatir, karena masih akan banyak lagi peristiwa Astronomi langka yang akan terjadi di bulan November 2013 ini. Mulai dari Lunar Trio, hadirnya Komet ISON C/2012 S1, bintang Spica paling terang yang tampak dikelilingi bulan, munculnya cahaya zodiak, sampai hujan meteor Leonids.

Tunggu saja tanggal mainnya.

You may like these posts