Es Batu Ternyata Bisa Digunakan Untuk Membuat Api

Es Batu Ternyata Bisa Digunakan Untuk Membuat Api

Ajaib. Ini bukan sulap, bukan pula sihir. Bukan pula trik atau hipnotis bukan pula ilusi. Terlebih lagi ini bukan bualan dan omong kosong belaka. Ini benar-benar nyata dan ilmiah.

Ternyata es batu bisa anda gunakan untuk membuat api.

Tidak percaya ?

Maka simak terus artikel ini.
Bagi anda yang orangnya bersifat praktis, mungkin berfikir dan berargumen, : “buat apa pusing-pusing dan cari susah, buat api dari es batu. Toh sekarang sudah banyak korek api yang bisa digunakan”.

Betul sekali !
Pada kondisi normal dan wajar, memang tidak perlu pusing-pusing ketika akan membuat api. Tapi coba bayangkan, seandainya suatu saat, anda tersesat atau kebetulan anda seorang penjelajah alam yang suka mendaki gunung tinggi yang diselimuti salju atau es, ketika akan membuat api ternyata korek anda habis atau hilang.

Apa yang akan anda lakukan ?
Makanya tidak ada salahnya jika anda tahu apa itu cara membuat api dari es batu, itung-itung sebagai tambah pengetahuan. Atau siapa tahu jika suatu saat anda sendiri malah yang mengalami. Memang mungkin terdengar aneh bin ajaib. Mana mungkin, mustahil sebuah es batu yang sifatnya berlawanan ternyata bisa digunakan untuk membuat sebuah api.

Pada dasarnya membuat api dari es batu bukanlah hal yang benar-benar “ajaib”, karena pada prinsipnya dapat dijelaskan secara ilmiah.
Prinsip dasarnya cara membuat api dari es sangat sederhana sebenarnya.

Anda mungkin ingat ketika masih kecil biasanya suka bermain dengan sebuah kaca pembesar atau suryakanta ?
Dan anda pasti ingat pula, dengan kaca pembesar disamping bisa digunakan untuk melihat benda-benda sehingga tampak lebih besar, ternyata bisa digunakan juga untuk menghasilkan api ketika sinar matahari yang melewatinya difokuskan pada sebuah titik tertentu, yang dibawahnya di taruh sebuah benda yang mudah terbakar.


Prinsip dasarnya adalah seperti membuat api dari kaca pembesar itu.

Jadi disini anda menggunakan bongkahan es batu yang difungsikan sebagai kaca pembesar yang berfungsi untuk memfokuskan sinar matahari yang melewatinya, sehingga pada akhirnya dapat menimbulkan bunga api.

Nah, jika anda masih tertarik, anda bisa mencoba mengikuti langkah-langkah berikut ini :

● Carilah sebuah bongkahan es batu yang ukuran sedang, kira-kira cukup dipegang dengan dua tangan.

● Usahakan yang berbentuk seperti kaca pembesar atau berbentuk lonjong pipih. Dan usahakan pula cari es batu yang bening mengkilat, jangan yang kusam ( bunga es )

● Setelah didapat, bersihkan semua kotoran dan kerak yang ada padanya sehingga benar-benar bersih mengkilap.

● Cek daya kerja es batu tersebut dengan cara mangarahkan bongkahan es tersebut ke sinar Matahari.

● Jika es batru yang dipilih ternyata mampu meneruskan sinar Matahari ke satu titik fokus, maka berarti bisa digunakan. Jika tidak bisa ganti dengan yang lainnya.

● Setelah didapat es batu yang sesuai kriteria, arahkan sinar Matahari yang terfokus melalui bongkahan es tersebut pada benda-benda kering yang mudah terbakar, misalnya ranting kering, bubuk kayu atau bahan lainnya yang mudah terbakar.

● Maka ketika titik focus telah benar-benar tercapai dalam beberapa saat, pada benda-benda kering tersebut akan segera muncul bunga api yang dapat anda besarkan sehingga menjadi nyala api.

● Dan kini anda telah membuat nyala api hanya dari sebuah bongkahan es batu.

● Sebagai catatan, cara ini hanya bisa digunakan ketika ada sinar matahari yang terik atau pada siang yang panas.

Simak juga :
> Ahli Swedia temukan mesin yang bisa mengubah keringat jadi air minum

Share this:

Disqus Comments