-->

Seasonal Posting. Trik Posting Cerdas Untuk Meningkatkan Traffik Blog

Lho, apa itu seasonal posting ?

Jika anda mencoba mencari – surfing di internet dengan kata kunci tersebut bisa jadi anda tidak akan atau susah menemukannya. Karena istilah tersebut memang saya ciptakan sendiri, untuk mempermudah penyebutan .

Lalu apa sebenarnya seasonal posting ?

Dan mengapa disebut dengan trik posting cerdas sehingga mampu meningkatkan traffic blog ?

Logika dan analoginya sebenarnya sangat sederhana. Ini terjadi ketika mulai belajar ngeblog. Seperti blogger newbie umumnya ( meski saat inipun masih newbie ), ketika awal-awal membuat blog, untuk mengisi konten blog, posting yang dibuat masih sangat awut-awutan kalau tidak mau dibilang ngawur.

Pokoknya ketika begitu ada ide menulis, langsung tulis, langsung posting. Harapannya tentu saja agar blog makin banyak konten, makin banyak traffic, makin banyak pengunjung. Tetapi karena cara posting yang seperti itu, tentu saja harapan tidak sama dengan kenyataan.
Meski terkadang memposting dengan frekwensi yang gila-gilaan, blog masih saja sepi. Alias traffic nihil.

Sampai suatu ketika mendapat sedikit “ pencerahan”. Justru ketika sedang mau membeli buah-buahan. Ketika sedang musim buah-buahan tertentu, ternyata buah tersebut sangat laris dan banyak yang mencarinya. Sebaliknya, ketika tidak musimnya, akan begitu susah untuk mencarinya. Tetapi sedikit juga orang yang mencarinya, karena mungkin sudah tahu bahwa itu bukan musimnya ( kecuali orang yang lagi ngidam..mungkin ).

Analogi tersebut pada akhirnya saya coba untuk postingan. Dan ketika mencoba surfing-surfing cari informasi, ternyata memang seperti itu caranya. Para master dan mastah yang sukses dengan blognya ternyata sudah lama menggunakan cara “musiman” untuk memposting artikelnya. ( wah….ternyata baru tahu juga ! ).

Untuk meningkatkan traffic blog dan pengunjung yang deras ternyata memang ada caranya. Tidak asal posting saja. Harus ada cara posting cerdas sehingga traffic blog jadi deras. Dan itu adalah seasonal posting.

Dan ketika cara tersebut saya coba aplikasikan ternyata hasilnya cukup menggembirakan. Traffik blog menjadi meningkat dengan cukup significant.

Dan cara posting cerdas tersebut pada akhirnya saya sebut dengan seasonal posting karena kita membuat posting memang berdasar “musimnya”.

Artinya ketika mau membuat posting, jangan asal sembarang menulis. Akan tetapi sebaiknya ( baca : seharusnya ) melakukan survey terlebih dulu. Topik apa yang sedang diminati. Tema apa yang sedang paling dicari.

Untuk mencari topik atau tema yang sedang paling dicari, caranya sangat sederhana. Yang paling mudah anda bisa buka Google Trends. Dari laman tersebut maka akan terbaca topik dan tema apa yang paling dicari oleh pengguna internet dari berbagai Negara, juga dari berbagai jenis kategori. ( anda juga bisa gunakaan yang lainnya juga, missal Yahoo trend, twitter trending topic atau tools-tools sejenis lainnya ).

Nah dari data tersebut barulah kita membuat posting sesuai topik atau tema yang baru nge-trend ( kalau bisa pilih yang sedang menanjak pencariannya ). Karena membuat posting sesuai “trend” yang sedang dicari itulah maka saya sebut sebagai seasonal posting atau posting musiman. Memang sedikit lebih repot, tetapi akan sebanding hasilnya.

Tapi perlu diingat juga, selain posting cerdas dengan seasonal posting, ada baiknya dalam memposting artikel dilakukan secara rutin dan teratur, jangan meloncat-loncat atau bolong.

Syukur-syukur satu hari sekali, 2 atau 3 hari sekali. Atau satu minggu sekali juga sebenarnya tidak masalah selama dilakukan dengan periode yang sama.

Ketika anda mau mencoba trik posting cerdas-seasonal posting seperti ini saya yakin bahwa blog akan mengalami kenaikan traffic yang cukup deras.

Selamat mencoba.

Nb :
Namun karena jumlah dan persaingan blog yang memang begitu ketat, agar pengunjung blog lebih melimpah, ada baiknya ditambah dengan trik lainnya.
Dan trik-trik yang berikut ini mungkin akan dapat membantu anda :

> Cara Praktis Meningkatkan Traffik Blog

You may like these posts